Menuju konten utama

Apa Bedanya TikTok Seller dan TikTok Affiliate?

Perbedaan TikTok Seller dan TikTok Affiliate terlihat pada aspek mekanisme kerja, keuntungan, dan cara daftarnya. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Bedanya TikTok Seller dan TikTok Affiliate?
Ilustrasi tiktok. FOTO/iStockphoto

tirto.id - TikTok, aplikasi video singkat asal Cina yang pertama kali diluncurkan pada 2016, mulai merambah ke ladang jual-beli melalui TikTok Shop.

Dengan fitur baru tersebut, seseorang tidak hanya bisa menjadi konten kreator hiburan, melainkan boleh mendaftar menjadi afiliator melalui TikTok Affiliate. Konten kreator akan mendapat komisi melalui upayanya mempromosikan suatu produk dan menjembatani antara penjual dan konsumen.

Seseorang juga bisa mendaftarkan diri sebagai TikTok Seller Center. Pendaftarannya dilakukan melalui platform tersendiri, yakni situs web seller-id.tiktok.com.

Lantas, apa perbedaan antara TikTok Seller dan TikTok Affiliate?

Perbedaan TikTok Seller dan TikTok Affiliate

TikTok Affiliate adalah fitur yang dibuat TikTok untuk menghubungkan penjual dengan konten kreator yang berminat mempromosikan produk bersangkutan.

Konten kreator yang menjadi afiliator biasanya mempromosikan produk yang dijual oleh TikTok Seller dengan cara membuat video pendek review produk, serta membagikan tautan menuju lemari penjualan.

Penghasilan dari TikTok Affiliate tergantung dari perjanjiannya dengan pihak penjual. Namun, pada intinya, TikTok Affiliate adalah cara konten kreator mendapatkan uang dari aplikasi video pendek tersebut.

Namun, tidak semua pengguna TikTok bisa menjadi afiliator. Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mendaftar TikTok Affiliate, termasuk batasan jumlah pengikut alias followers. Lantas, berapa followers agar bisa daftar TikTok Affiliate?

Untuk bisa mendaftar TikTok Affiliate, pengguna TikTok harus memiliki jumlah followers minimal 10 ribu. Batasan tersebut cenderung berbeda-beda, tergantung pihak penjual yang ingin menggunakan jasa si konten kreator.

Lantas, apakah orang yang ingin mendaftar di TikTok Affiliate harus punya TikTok Shop? Tidak, orang yang ingin mendaftar menjadi afiliator hanya perlu mendaftar melalui kolom "Pengaturan" yang ada di aplikasi TikTok.

Secara umum, perbedaan TikTok Shop untuk kreator dan penjual terletak pada aspek mekanisme kerja, keuntungan, dan cara daftarnya. Berikut ini perbedaan TikTok Shop dan TikTok Affiliate:

Aspek PerbedaanTikTok SellerTikTok Affiliate
Cara DaftarCara daftarnya melalui kolom "Pengaturan" yang ada di aplikasi TikTok.Cara daftarnya melalui web resmi TikTok Shop.
Mekanisme kerjaTikTok Seller harus menyediakan stok barang atau produk yang akan dijual, menyediakan mekanisme pengantaran, dan lain sebagainya.Seseorang yang menjadi TikTok Affiliate mempromosikan produk yang dijual oleh penjual dengan cara membuat video review produk, membagikan tautan lemari produk, dan lain sebagainya.
Mekanisme keuntunganKeuntungan diperoleh dari laba produk yang dijual.Keuntungan diperoleh dari komisi yang disepakati dengan pihak penjual.
IdentitasTidak memiliki nomor identitas sebagai TikTok AffiliateMemiliki nomor identitas sebagai TikTok Affiliate
SyaratHarus memiliki produk yang dijualTidak harus memiliki produk, tetapi harus punya followers yang cukup banyak (tergantung ketetapan dari pihak penjual)

Cara Mendaftar TikTok Shop di TikTok Seller Center

Cara mendaftar menjadi penjual di TikTok Shop dimulai dari pendaftaran akun menjadi akun bisnis. Berikut langkah-langkah atau tahapan mendaftar di TikTok Seller secara lengkap:

1.Membuat Akun Bisnis

Jika tidak memiliki akun TikTok, buat akun TikTok untuk bisnis terlebih dahulu. Dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka akun pribadi TikTok Anda
  2. Pilih menu "Pengaturan Akun"
  3. Kelola akun Anda
  4. Alihkan ke akun bisnis

2. Membuat Toko di TikTok Seller Center

Jika telah memiliki akun TikTok bisnis, pengguna dapat langsung membuat toko di TikTok Seller Center dengan cara berikut:

  1. Masuk ke laman https://seller-id.tiktok.com/register
  2. Pilih "Daftar" menggunakan akun TikTok atau menggunakan alamat surel dan nomor telepon yang digunakan untuk akun TikTok bisnis
  3. Setelah masuk ke TikTok Seller Center, atur alamat toko (tempat kurir mengambil barang)
  4. Isi data berupa alamat lengkap, kode pos, dan nomor telepon
  5. Isi alamat pengirimnya. Jika alamatnya sama dengan alamat toko, bisa menggunakan alamat tersebut dengan mencentang "set as a return address"
  6. Centang kotak "syarat dan ketentuan"
  7. Klik "mulai bisnis Anda"

3. Verifikasi Dokumen

Selanjutnya, pengguna akan diminta untuk mengunggah beberapa dokumen pribadi dan dokumen bisnis (jika memiliki perusahaan dalam bentuk CV atau PT) untuk verifikasi. Cara untuk verifikasi dokumen sebagai berikut:

  1. Buka halaman beranda TikTok Seller Center dan pilih "Verifikasi Dokumen"
  2. Pada informasi penjual akan muncul pilihan jenis usaha yang didaftarkan (perorangan atau perusahaan)
  3. Pilih salah satu yang sesuai dengan bisnis pengguna
  4. Masukkan nama toko yang ingin dikelola di TikTok Shop
  5. Unggah KTP atau Paspor untuk jenis usaha milik perorangan
  6. Unggah beberapa dokumen, seperti izin usaha dan dokumentasi resmi dari pemerintah untuk jenis usaha yang berbentuk perusahaan
  7. Tekan kirim setelah proses unggah dokumen selesai
  8. TikTok akan meninjau akun pengguna setelah dokumen berhasil dikirim
  9. Tunggu hasil verifikasi

4. Tambahkan Data Bank dan Nomor Rekening

Pengguna dapat menambahkan rekening bank ke toko. Hal ini perlu dilakukan agar pengguna dapat bertransaksi di TikTok Shop.

Dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka beranda TikTok Shop Seller Center
  2. Pilih tautan rekening bank
  3. Setelah sukses, pilih akun tautan
  4. Masukkan data terkait rekening bank, mulai dari nama rekening, nama bank, nomor rekening, alamat, nomor telepon, email, dan data lainnya
  5. Jika memiliki bisnis, nama akun harus sesuai dengan nama yang tercantum di akun
  6. Jika bisnisnya adalah perusahaan, maka nama toko harus sesuai dengan nama akun perusahaan yang terdaftar
  7. Lengkapi bidang wajib lainnya
  8. Jika telah yakin bahwa semua data yang dimasukkan sudah benar, klik "Kirim"

5. Tunggu Konfirmasi Akun dari TikTok

Tunggu hasil verifikasi akun kurang lebih tujuh hari kerja (tidak termasuk Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional). Jika review gagal (tidak memenuhi syarat), pengguna akan menerima notifikasi email mengenai cara mengirim ulang dokumen yang diperlukan.

Apabila dalam tujuh hari kerja belum menerima hasil review, pengguna dapat menghubungi customer service TikTok Shop Seller Center.

Baca juga artikel terkait TIKTOK atau tulisan lainnya dari Tifa Fauziah

tirto.id - Teknologi
Kontributor: Tifa Fauziah
Penulis: Tifa Fauziah
Editor: Fadli Nasrudin