tirto.id - Pesanan yang dibeli dari aplikasi marketplace seperti Lazada, Shopee, dan Tokopedia bisa dibatalkan. Pembatalan pesanan ini dapat dilakukan meskipun sudah masuk proses checkout atau pembayaran.
Kendati demikian, kebijakan sebagian besar marketplace memungkinkan penjual untuk menolak pembatalanan pesanan apabila pesanan sudah masuk tahap tertentu. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu rincinan detail produk sebelum melakukan pembelian.
Lazada, Shopee, dan Tokopedia merupakan tiga marketplace yang paling populer dan banyak dipilih masyarakat Indonesia untuk belanja online. Melansir Antara, di tahun 2021 survei dari Ipsos menemukan bahwa ketiga marketplace ini menempati tiga besar Top of Mind produk di Indonesia.
Jika dirunut berdasarkan peringkat, Shopee menduduki posisi pertama indikator Top of Mind dengan 54 persen, diikuti dengan Tokopedia sebesar 27 persen, dan Lazada sebesar 12 persen.
Berbelanja online memang cukup digemari saat ini. Selain karena alasan kemudahan dan fleksibilitas, berbelanja online banyak disukai karena produk yang dijual lebih murah. Hal ini karena sejumlah marketplace sering kali menawarkan promo dan keuntungan untuk menarik pelanggan.
Cara Pembatalan Pesanan di Lazada, Shopee, dan Tokopedia
Platform marketplace Lazada, Shopee, dan Tokopedia memiliki fitur pembatalan pesanan yang bisa dimanfaatkan pelanggan. Berikut tata cara melakukan pembatalan pesanan melalui ketiga marketplace tersebut.
1. Cara Membatalkan Pesanan di Lazada
Mengutip laman resminya, pembatalan pesanan di Lazada bisa dilakukan dengan mengisi Formulir Pembatalan Online, yang bisa diakses dengan cara berikut:
- Login pada akun Lazada;
- Klik "Akun";
- Pada menu Pesanan Saya, klik "Lihat Semua";
- Pilih nomor pesanan yang ingin dibatalkan, lalu klik "Batal";
- Isi data yang tersedia di Formulir Pembatalan Online, termasuk produk yang ingin dibatalkan, alasan pembatalan, dan persetujuan kebijakan pembatalan;
- Jika seluruh data sudah diisi, klik "Daftar/Submit";
- Pilih jenis pengembalian dana yang diinginkan. Langkah ini dapat dilewati bagi pembeli yang memilih pesanan Bayar di Tempat.
2. Cara Membatalkan Pesanan di Shopee
Cara membatalkan pesanan di Shopee dilakukan dengan cara mengirimkan permintaan pembatalan. Berikut langkah-langkahnya seperti yang dikutip dari Pusat Bantuan Shopee:
- Masuk ke akun Shopee, lalu masuk ke menu "Pesanan Saya";
- Cari dan pilih produk yang ingin dibatalkan;
- Masuk ke menu Rincinan Pesanan, lalu pilih "Batalkan Pesanan";
- Pilih "Alasan Pembatalan";
- Pilih "Konfirmasi";
- Pantau status permintaan pembatalan, jika pembatalan ditolak oleh penjual, maka pembeli tidak dapat mengajukan permintaan pembatalan lagi untuk pesanan yang sama;
- Jika permintaan pembatalan diterima, maka pengembalian dana akn diproses secara otomatis sesuai dengan metode pembayaran yang digunakan sebelumnya;
- Jika pembeli ingin membatalkan perimntaan pembatalan, maka dapat memilih "Batalkan Pengajuan Pembatalan" pada produk yang sebelumnya sempat dibatalkan. Setelah itu pilih "Konfirmasi."
3. Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia
Cara pembatalan pesanan di Tokopedia sedikit berbeda bagi pengguna browser di desktop dengan aplikasi di smartphone. Seperti yang dilansir dari Tokopedia, berikut cara membatalkan pesanan lewat browser di desktop:
- Buka homepage Tokopedia di www.tokopedia.com dan masuk ke akun pengguna;
- Di halaman utama klik simbol pesan yang ada di bagian atas homepage Tokopedia;
- Pilih "Status Pemesanan";
- Klik "Ajukan Pembatalan" pada invoice atau produk yang ingin dibatalkan;
- Sistem otomatis akan memunculkan pop-up "Pengajuan Pembatalan Pesanan";
- Isi alasan mengapa pesanan dibatalkan, lalu klik "Ajukan";
- Pengajuan pembatalan pesanan akan dikirimkan ke penjual dan penjual akan memberikan respons maksimal 2×24 jam sejak pesanan terverifikasi.
Sementara, untuk melakukan pembatalan pesanan lewat aplikasi Tokopedia di smartphone bisa dilakukan dengan cara:
- Buka aplikasi Tokopedia dan masuk ke tampilan awal;
- Klik tombol ikon garis tiga yang terletak di kiri atas;
- Klik "Pembelian", lalu pilih "Status Pemesanan";
- Klik "Ajukan Pembatalan" pada produk yang ingin dibatalkan;
- Sistem otomatis akan memunculkan pop-up "Pengajuan Pembatalan Pesanan";
- Pengajuan pembatalan pesanan akan dikirimkan ke penjual dan penjual akan memberikan respons maksimal 2×24 jam terhitung dari pesanan terverifikasi.