Menuju konten utama
Contoh Soal UTS

Contoh Soal PTS Seni Budaya Kelas 8 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Contoh soal PTS Seni Budaya kelas 8 semester 2 Kurikulum Merdeka dibutuhkan oleh para siswa sebagai bahan pembelajaran menghadapi ujian

Contoh Soal PTS Seni Budaya Kelas 8 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Sejumlah siswa mengikuti kegiatan belajar di SMPN 242 Jakarta, Senin (11/7/2022). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU

tirto.id - Contoh soal PTS Seni Budaya kelas 8 semester 2 Kurikulum Merdeka dibutuhkan oleh para siswa sebagai bahan pembelajaran menghadapi Penilaian Tengah Semester.

Selain itu, dapat juga digunakan oleh para guru untuk referensi membuat soal-soal UTS (Ujian Tengah Semester).

Soal seni budaya kelas 8 semester 2 Kurikulum Merdeka berarti sejumlah pertanyaan yang materinya sesuai Kurikulum Merdeka.

Situs resmi Kurikulum Merdeka Kemdikbud menyebut programnya memberikan keleluasaan pada pendidik sekaligus menyuguhkan pembelajaran berkualitas.

Keleluasaan ini ternyata digunakan demi menciptakan sesuatu yang berkualitas. Sementara itu, arti berkualitasnya adalah sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar para siswa.

Sehubungan dengan itu, karakteristik Kurikulum Merdeka terdiri dari 3 fokus. Di antaranya fokus pada materi esensial, pengembangan soft skills dan karakter, serta tipe pembelajaran yang fleksibel.

Untuk mengukur kemampuan siswa terhadap suatu mata pelajaran, terdapat istilah Capaian Pembelajaran (CP). Ukurannya mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa yang dirangkai secara berlanjut.

Contoh Soal PTS Seni Budaya Kelas 8 Kurikulum Merdeka dan Jawabannya

Berikut ini contoh soal PTS seni budaya kelas 8 Kurikulum Merdeka, beberapa di antaranya dilansir dari Bank Soal Kemdikbud.

Pilihan Ganda

1. Kegiatan menggambar yang menggunakan model sebagai objek gambarannya disebut ...

A. Gambar Ilustrasi

B. Gambar model

C. Gambar teknik

D. Gambar proyeksi

Jawaban: B

2. Objek gambar alam benda memiliki struktur bentuk dan bidang dasar yang berbeda-beda. Bentuk-bentuk objek gambar alam benda antara lain berupa bola, kubus, bujur sangkar, kerucut, dan tabung. Berikut yang bukan merupakan struktur bidang gambar model alam benda ditunjukkan pada….

A. Bidang datar

B. Mengerucut

C. Melingkar

D. Bidang persegi

Jawaban: D

3. Menggambar model dapat dilakukan dengan disiplin dan mengikuti tahapan demi tahapan serta bagian demi bagian. Berikut yang bukan merupakan objek gambar model berupa …

A. Hewan

B. Manusia

C. Tumbuhan

D. Alam dunia

Jawaban: D

4. Proses menggambar model memerlukan pengamatan objek yang digambar secara baik. Pengamatan ini sangat penting supaya gambar dapat terlihat baik, menarik, dan memiliki keindahan. Cara menyusun dan mengatur objek yang digunakan sebagai model gambar sehingga hasilnya tampak menarik dan indah adalah prinsip …

A. Proporsi

B. Keseimbangan

C. Komposisi

D. Kesatuan

Jawaban: C

5. Gambar model dengan objek alam benda dilakukan dengan cara mengamati langsung objek gambar sehingga dapat diketahui struktur bentuk dan bidang gambarnya. Gambar model dengan objek alam benda biasa disebut ….

A. Gambar contoh

B. Gambar bentuk

C. Gambar bangun

D. Gambar tiruan

Jawaban: B

6. Selain komposisi, dalam menggambar model harus pula memperhatikan perbandingan antara bagian bagian benda yang menjadi objek gambar. Hal ini dinamakan .....

A. Komposisi

B. Keseimbangan

C. Proporsi

D. Kesatuan

Jawaban: C

7. Cara menyusun dan mengatur objek yang digunakan sebagai model gambar, sehingga hasilnya tampak menarik dan indah, dikenal dengan istilah .....

A. Komposisi

B. Keseimbangan

C. Proporsi

D. Kesatuan

Jawaban: A

8. Agar model gambar bagus, objek gambar harus diletakan .....

A. Dekat mata

B. Jauh dari mata

C. Tidak terlalu jauh dari pandangan mata

D. Tidak terlalu dekat

Jawaban: C

9. Unsur rupa yang terbentuk dari gabungan beberapa garis disebut .....

A. Tekstur

B. Titik

C. Bidang

D. Bentuk

Jawaban: A

10. Apabila benda diletakan dalam posisi tidak sama baik dalam possi maupun ukurannya disebut .....

A. Komposisi asimetris

B. Komposisi simetris

C. Komposisi terpusat

D. Komposisi sentral

Jawaban: D

11. Salah satu unsur rupa adalah garis. Yang tidak termasuk garis lurus adalah .....

A. Garis vertikal

B. Garis diagonal

C. Garis lengkung

D. Garis horizontal

Jawaban: C

12. Menggambar model harus memperhatikan proporsi sebagai contoh gambar cangkir dengan poci....

A. Gambar cangkir lebih pendek dari poci

B. Gambar cangkir lebih kecil dari poci

C. Gambar cangkir lebih tinggi dari poci

D. Gambar cangkir lebih pendek dan lebih kecil dari poci

Jawaban: D

13. Orang Papua menyanyi sambil jingkrak-jingkrak, loncat-loncat, dan menari-nari. Badan mereka sangat kuat. Supaya tetap kuat mereka memakan .....

A. Buah sagu

B. Ulat saguC. Daun sagu

D. Batang sagu

Jawaban: C

14. Dibawah ini adalah benda yang bentuk dasarnya kubus .....

A. Meja

B. Kulkas

C. Kursi

D. Galon

Jawaban: B

15. Apabila objek gambar diletakkan pada posisi seimbang antara sebelah kiri dan kanan dinamakan....

A. Komposisi simetris

B. Komposisi asimetris

C. Komposisi Sentral

D. Komposisi terpusat

Jawaban: A

Contoh Soal Essay

16. Sebutkan alat musik yang termasuk ke dalam jenis ritmis ...

Jawaban: Gong, kendang, bedug, tifa, rebana, triangle, marakas, drum, atau tamborin

17. Pengumuman atau iklan berbentuk gambar atau tulisan yang ditempelkan di dinding, tembok, atau tempat-tempat umum yang strategis agar mudah diketahui banyak orang”. Pada kalimat tersebut merupakan pengertian dari...

Jawaban: Poster

18. Teknik pembuatan poster dengan komputer menggunakan software ...

Jawaban: Corel Draw

19. “Suatu sarana menyampaikan pesan melalui gambar dan memiliki bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita”. Penggalan kalimat tersebut merupakan sebuah pengertian dari ...

Jawaban: Menggambar komik

20. Ciri utama dari komik adalah mempunyai sifat...

Jawaban: Lucu dan menarik untuk dibaca.

Baca juga artikel terkait EDUKASI DAN AGAMA atau tulisan lainnya dari Yuda Prinada

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Yulaika Ramadhani