Menuju konten utama

Contoh Soal PTS PKN Kelas 9 Semester 1 dan Kunci Jawaban

Berikut contoh soal PTS PKN kelas 9 semester 1 dan kunci jawaban untuk pertanyaan dalam bentuk pilihan ganda serta essay.

Contoh Soal PTS PKN Kelas 9 Semester 1 dan Kunci Jawaban
Ilustrasi Pancasila. (FOTO/iStockphoto)

tirto.id - Contoh soal PTS PKN kelas 9 semester 1 dan jawabannya berikut bisa dimanfaatkan buat bahan belajar dan persiapan menghadapi Penilaian Tengah Semester maupun ulangan.

Soal-soal PTS PKN kelas 9 semester 1 beserta jawabannya itu telah disesuaikan dengan materi Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) di Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013.

Adapun jenis soal PKN yang tersaji di bawah ini terdiri atas pertanyaan-pertanyaan dalam bentuk pilihan ganda dan isian jawaban (essay).

Selain bisa dipakai untuk bahan persiapan menghadapi PTS atau Ujian Tengah Semester, soal-soal PKN kelas 9 tersebut berguna meningkatkan pemahaman para murid terhadap materi Pendidikan Kewarganegaraan tingkat SMP.

Materi PKN kelas 9 semester 1 Kurikulum Merdeka membahas tema "Hubungan Pancasila dengan UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI" hingga "Hak dan Kewajiban Warga Negara."

Agak berbeda, materi PKN kelas 9 semester 1 Kurikulum 2013 memuat pembahasan soal tema besar seperti "Dinamika Perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa" hingga "Pembukaan UUD NRI 1945" dan "Kedaulatan NKRI."

Soal PTS PKN Kelas 9 Semester 1 dan Jawabannya

Berikut ini sejumlah contoh soal PTS PKN kelas 9 semester 1 beserta jawabannya dalam bentuk pertanyaan pilihan ganda dan essay (isian jawaban).

A. Soal Pilihan Ganda

1. Melakukan musyarawarah untuk menyelesaikan masalah sesuai dengan pengamalan sila Pancasila....

A. Keempat

B. Kelima

C. Kedua

D. Ketiga

Jawaban: A

2. Pemerintah memberikan akses pendidikan, kesehatan, dan pemukiman untuk semua warga negara. Hal ini sesuai dengan pengamalan Sila Pancasila.....

A. Keempat

B. Kelima

C. Kedua

D. Pertama

Jawaban: B

3. Bersikap adil kepada sesama teman dan membantu mereka ketika kesulitan adalah sesuai dengan pengamalan sila Pancasila.....

A. Keempat

B. Kedua

C. Ketiga

D. Pertama

Jawaban: B

4. Semangat rakyat Indonesia dalam bekerja sama dan saling menolong ketika menghadapi pandemi Covid-19 merupakan sikap yang sesuai dengan pengamalan sila Pancasila.....

A. Kelima

B. Kedua

C. Keempat

D. Ketiga

Jawaban: D

5. Beribadah serta saling menghormati pemeluk agama dan kepercayaan yang berbeda adalah sesuai dengan pengamalan sila Pancasila....

A. Kelima

B. Kedua

C. Kesatu

D. Ketiga

Jawaban: C

6. Berikut ini termasuk kewajiban warga negara yang tercantum dalam UUD NRI Tahun 1945 adalah....

A. mendapat pendidikan dan pengajaran

B. mengikuti berbagai upaya pembelaan negara

C. mendapat penghidupan yang layak

D. menjalankan ibadah sesuai dengan keyakinan

Jawaban: B

7. Pelaksanaan hak dan kewajiban harus seimbang karena.....

A. hak dan kewajiban bersamaan dituangkan dalam aturan

B. tidak ada hak yang mungkin ada, tanpa kewajiban

C. hak menjamin kelangsungan hidup, sedangkan kewajiban hanya dilakukan jika perlu

D. hak dan kewajiban dilaksanakan sebagai aturan dari pemerintah

Jawaban: B

8. Contoh keseimbangan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam bidang pendidikan adalah . . . .

A. mendapatkan layanan pendidikan yang sama di sekolah dan belajar dengan sungguh-sungguh

B. mendapatkan perlakuan yang sama di hadapan hukum dan menaati setiap perundang-undangan yang berlaku

C. mendapatkan kesejahteraan, kesempatan dalam bekerja dan berusaha, serta mencintai produk dalam negeri

D. mendapatkan jaminan keamanan dan kenyamanan, serta melaksanakan bela negara sesuai dengan perannya

Jawaban: A

9. Contoh keseimbangan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam bidang ekonomi adalah.....

A. mendapatkan layanan pendidikan yang sama di sekolah dan belajar dengan sungguh-sungguh

B. mendapatkan perlakuan yang sama di hadapan hukum dan menaati setiap perundang-undangan yang berlaku

C. mendapatkan kesejahteraan, kesempatan dalam bekerja dan berusaha, serta mencintai produk dalam negeri

D. mendapatkan jaminan keamanan dan kenyamanan serta melaksanakan bela negara sesuai profesi peserta didik

Jawaban: C

10. Contoh upaya menghormati dan menghargai hak-hak orang lain adalah.....

A. mengemukakan pendapat saat diskusi di kelas, tanpa menghiraukan pendapat teman

B. mendengarkan pendapat teman dalam berdiskusi dan menerima masukan dari teman

C. mengerjakan tugas sekolah secara individu dan tidak memberi bantuan kepada teman

D. melaksanakan piket sekolah setiap hari karena tugas dari guru

Jawaban: B

11. Penegasan bahwa Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia terdapat pada ketetapan MPR Nomor....

A. XVIII/MPR/1998 tentang pencabutan ketetapan MPR Nomor II/MPR/1978

B. II/MPR/1998 tentang pencabutan ketetapan MPR Nomor XVIII/MPR/1978

C. III/MPR/1998 tentang pencabutan ketetapan MPR Nomor XVIII/MPR/1978

D. XVII/MPR/1998 tentang pencabutan ketetapan MPR Nomor III/MPR/1978

Jawaban : A

12. Meskipun istilah Pancasila baru muncul di sidang BPUPKI pertama, nilai-nilai Pancasila sebenarnya telah lahir dan tumbuh dalam masyarakat Indonesia sejak ....

A. zaman nenek moyang bangsa Indonesia

B. sumpah Pemuda 1928

C. berdirinya Budi Utomo

D. proklamasi kemerdekaan RI

Jawaban : A

13. Pada periode 1950-1959, Pancasila diarahkan sebagai ideologi liberal, hal ini dapat terlihat pada penerapan sila keempat yang tidak lagi berjiwakan...

A. musyawarah

B. musyawarah mufakat

C. musyawarah mufakat, dan voting

D. musyawarah mufakat, melainkan suara terbanyak (voting)

Jawaban: D

14. Ideologi Pancasila mengakui adanya pergeseran dan perubahan nilai. Makna Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah ideologi yang.....

A. tidak dapat berinteraksi dengan perkembangan zaman

B. dapat berinteraksi dengan perkembangan zaman

C. mengandung adanya semangat kerja sama

D. menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan

Jawaban : B

15. Gerakan separatis yang dipimpin oleh Christian Robert Steven Soumokil dinamakan pemberontakan.....

A. PKI Madiun

B. DI/TII

C. Republik Maluku Selatan

D. PRRI/Permesta

Jawaban: C

16. Ideologi dimaknai sebagai gagasan atau konsep bersistem yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup, baik bagi diri sendiri maupun bangsa. Salah satu fungsi Ideologi adalah...

A. untuk mengatur pemerintahan suatu negara

B. sebagai pedoman untuk menyelesaikan berbagai persoalan kehidupan

C. menjadi kekuatan untuk mengembangkan ide-ide kelompok secara kreatif

D. kristalisasi nilai-nilai budaya bangsa yang tumbuh dan berkembang sejak lama

Jawaban: B

17. Nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial-budaya masyarakat di Indonesia tampak dengan adanya hal-hal berikut ini, kecuali ....

A. bersikap individualis dan egosentris

B. selalu menjaga tutur kata dalam pergaulan

C. suka menolong dan cinta pada sesama

D. nenek moyang sejak zaman dulu sudah mempercayai adanya Sang Pencipta

Jawaban: A

18. Bagi bangsa Indonesia, pembukaan UUD Negara Republik Indonesia 1945 memiliki arti penting, yaitu ...

A. sebagai pemberian dari para penjajah

B. sebagai kebebasan kepada rakyat untuk berjuang

C. sebagai hak milik bangsa yang direbut penjajah

D. sebagai sumber aspirasi dan motivasi perjuangan

Jawaban: D

19. Perhatikan pernyataan berikut ini!

(1) Sebagai hukum dasar yang tertulis

(2) Sebagai dasar sumber hukum

(3) Sebagai norma yang mengikat lembaga pemerintahan, masyarakat, dan warga negara

(4) Sebagai hukum yang menempati hirarki tertinggi dalam hukum tertulis negara

(5) Sebagai alat pengontrol, pengecek terhadap produk hukum yang lebih rendah

Pernyataan-pernyataan tersebut di atas merupakan...

A. kedudukan UUD NRI Tahun 1945

B. kedudukan pembukaan UUD NRI Tahun 1945

C. fungsi dan kedudukan UUD NRI Tahun 1945

D. fungsi dan kedudukan pembukaan UUD NRI Tahun 1945

Jawaban: A

20. Hubungan antara pokok pikiran pertama Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan pembangunan nasional adalah ….

A. berhasilnya pembangunan nasional dipengaruhi oleh cita-cita moral rakyat yang luhur

B. berhasilnya pembangunan nasional ditentukan oleh persatuan bangsa Indonesia

C. pembangunan nasional berjalan lancar jika didasarkan pada musyawarah mufakat

D. berhasilnya pembangunan nasional dipengaruhi nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab

Jawaban: B

B. Soal Esai

1. Pembukaan UUD NRI 1945 terdiri dari 4 alinea. Jelaskan makna yang terkandung di alinea ketiga!

Jawaban:

Alinea Ketiga Pembukaan UUD NRI 1945 mengandung makna:

  • Pengukuhan dari proklamasi yang luhur yang didorong oleh motivasi spiritual yang luhur, kehidupan yang seimbang antara material dan spiritual.
  • Menunjukkan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius
  • Pernyataan kemerdekaan atau Declaration of Independence
  • Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup menghadapi berbagai masalah.

2. Jelaskan 3 dimensi Pancasila sebagai ideologi terbuka!

Jawaban:

Tiga dimensi Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah:

  • Dimensi Idealistis, yaitu nilai-nilai dasar yang terkandung dalam Pancasila bersifat sistematis, rasional, dan menyeluruh.
  • Dimensi Normatif, yaitu nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila perlu dijabarkan norma, sebagaimana terkandung dalam norma kenegaraan.
  • Dimensi Realistis, yakni Pancasila sebagai ideologi harus mampu mencerminkan realita hidup dan berkembang dalam masyarakat, serta dijabarkan secara konkret baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam penyelenggaraan negara.

3. Pancasila adalah norma dasar (Grundnorm/Staats Fundamentalnorm) yang berfungsi sebagai falsafah bernegara dan pedoman cita-cita berbangsa dan bernegara. Bagaimana kamu sebagai peserta didik menghayati Pancasila sebagai norma dasar dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban:

Saya menghayati Pancasila sebagai norma dasar dalam kehidupan sehari-hari dengan cara:

  • (1) Selalu mengingat bahwa Pancasila merupakan falsafah hidup bangsa yang menjadi pedoman bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Saya menghayati nilai-nilai Pancasila, mulai sila pertama sampai kelima, yaitu ketuhanan,
  • kemanusian, persatuan, permusyawaratan dan perwakilan, dan keadilan sosial.
  • (2) Mencoba mengimplementasikan nilai-nilai tersebut di kehidupan sehari-sehari, seperti peduli terhadap sesama, toleran, gotong royong, dan bersikap adil.
  • (3) Menjadi peserta didik yang bertanggung jawab dengan cara belajar dengan giat, menghargai sesama, patuh pada orang tua dan guru, bekerja sama, dan tolong-menolong.

4. Kondisi Indonesia yang memiliki keberagaman suku bangsa, asal daerah, agama dan kepercayaan, dan kondisi sosial ekonomi menjadi sebuah tantangan. Berdasarkan kondisi tersebut, sebutkan dua contoh sikap yang harus dimiliki peserta didik saat menghadapi keberagaman Indonesia? Nilai-nilai Pancasila apa yang harus menjadi pedomannya?

Jawaban:

Sikap yang harus dimiliki peserta didik sebagai berikut:

  • (1) Bersikap toleran, menghargai perbedaan, terbuka, dan saling membantu meskipun berbeda suku, bangsa, agama, dan kelas sosial.
  • (2) Berupaya untuk peduli dan membantu sesama tanpa melihat perbedaan suku bangsa, asal daerah, agama dan
  • kepercayaan, serta kondisi sosial ekonomi. Jadi, harus mau berteman dengan siapa pun, meskipun terdapat perbedaan
  • yang tampak.

Sementara itu, nilai Pancasila yang dijadikan pedoman terkait keberagaman adalah sila ketiga yaitu “Persatuan Indonesia”. Meskipun beragam, bangsa Indonesia harus bersatu meraih cita-cita dan tujuan nasional, yakni mewujudkan keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

5. Dalam konteks kehidupan bernegara, Pancasila menjamin masyarakat yang beragam untuk memiliki hak yang setara dalam beribadah, bekerja, memperoleh fasilitas pendidikan dan kesehatan, jaminan sosial, dan layanan-layanan publik lainnya. Menurutmu, bagaimana cara menerapkan upaya-upaya tersebut dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban:

Pemerintah sudah berupaya untuk menjamin hak yang setara dalam beribadah, bekerja, memperoleh layanan pendidikan, kesehatan, jaminan sosial, dan layanan publik lainnya. Meskipun demikian, implementasi upaya tersebut masih belum optimal karena ada banyak tantangan dalam memberikan hak pada setiap warga negara.

Baca juga artikel terkait PKN atau tulisan lainnya dari Ririn Margiyanti

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Ririn Margiyanti
Penulis: Ririn Margiyanti
Editor: Addi M Idhom