Cara Mengatasi Anak yang Bosan Belajar di Rumah

Oleh: Devi Putri Aji - 11 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Cara belajar yang monoton dengan menghadapi tumpukan buku akan membuat anak menjadi lebih mudah lelah.
tirto.id - Pandemi Covid-19 mengakibatkan pemerintah mengambil kebijakan agar kita lebih banyak berada di rumah termasuk belajar dan bekerja.

Kebijakan belajar di rumah ini tentu terkadang mengakibatkan kebosanan sendiri bagi anak-anak.

Berikut ini ada lima cara yang bisa dilakukan agar anak tidak bosan belajar di rumah selama pandemi:

1. Membuat dan melakukan jadwal belajar

Mengajak anak untuk mematuhi jadwal belajar yang sudah dibuat sebelumnya bisa meningkatkan kedisplinan dan membentuk kebiasaan baik.

Namun, jika anak sudah mulai lelah dan tidak fokus jangan memaksa itu bisa mengakibatkan anak menjadi bosan dan kehilangan munat untuk belajar.

Istirahatlah sebentar untuk mengembalikan semangat si anak. Kemudian setelah anak sudah mulai bersemangat kembali ajak mereka untuk melanjutkan aktifitas belajar yang tadinya tertunda.

2. Belajar di ruang terbuka

Belajar di ruang terbuka bisa berdampak sangat baik untuk anak. Sebab kebiasaan untuk belajar di kamar terus menerus membuat mereka cepat bosan.

Halaman samping, atau teras dapat menjadi alternatif lokasi belajar. Pemandangan yang luas dapat memberikan suasana baru yang menyenangkan dan menumbuhkan semangat belajar baru.

3. Belajar sambil bermain

Cara belajar yang monoton dengan menghadapi tumpukan buku akan membuat anak menjadi lebih mudah lelah.

Orang tua bisa mensiasatinya dengan mengajak si anak untuk bermain. Misalnya belajar warna dengan menyebutkan warna benda-benda yang ada di sekitar rumah.

4. Perbanyak praktik

Teori yang terlalu banyak akan membuat anak merasa cepat bosan. Ada baiknya, orang tua mengajak anak untuk melakukan praktik sederhana di rumah. Misalnya orang tua bisa mengajak anak untuk membuat sirup lalu membekukan di freezer.

5. Memberikan video yang menarik

Orang tua bisa memberi pembelajaran melalui video yang dapat menarik minat anak untuk belajar dengan menyertakan ilustrasi berupa gambar animasi atau gambar yang bergerak.


Baca juga artikel terkait BELAJAR DI RUMAH atau tulisan menarik lainnya Devi Putri Aji
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Devi Putri Aji
Penulis: Devi Putri Aji
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight