Cara Menambah Kontak WhatsApp dengan Kode QR

Oleh: Meigitaria Sanita - 17 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Cara mudah menambah kontak WhatsApp dengan kode QR.
tirto.id - WhatsApp memiliki fitur menambah kontak dengan kode QR. Fitur tersebut berlaku untuk Android maupun iOS. Fitur yang setahun lalu sudah disiapkan ini, mempermudah pengguna WhatsApp untuk menambah kontak.

Dilansir The Verge, tanpa fitur QR, penambahan kontak cukup memakan waktu, sebab pengguna harus memasukkan nama dan nomor telepon terlebih dahulu.

Fitur kode QR juga dilengkapi dengan pencabutan kode. Hal ini untuk mengantisipasi apabila terjadi tindakan yang tidak diinginkan misalnya pengguna sembarangan membagikan kode tersebut di media sosial atau ke membagikan ke orang yang tak diinginkan.

Caranya dengan opsi "Reset QR Code" maka kode QR akan terhapus dan berganti kode baru. Menariknya, opsi ini bisa dilakukan berulang kali tanpa ada batasan penghapusan kode.

Kode QR WhatsApp untuk Pengguna Android


Melalui program Google Play Beta versi 2.20.171, berikut cara menambah kode QR WhatsApp di Android:

1. Pastikan ponsel sudah support WhatsApp versi 2.20.171.

2. Klik WhatsApp Settings, lihat pojok atas pastikan terdapat icon kode QR. Jika sudah ada, berarti fitur ini sudah tersedia.

3. Selanjutnya klik icon kode QR, Anda dapat melihat Kode QR Anda dan siap dibagikan dengan teman-teman baru, sehingga mereka dapat dengan mudah dan cepat menambahkan Anda dalam kontak.

4. Saat Anda membagikan Kode QR, orang lain dapat memindainya dengan membuka tab Kode Pindai atau Scan QR Code.

Kode QR untuk Pengguna iOS


Pengguna iOS harus memastikan WhatsApp telah diperbarui ke versi 2.20.60.27, kemudian, ikuti langkah berikut ini:

1. Klik WhatsApp Settings.

2. Temukan kode QR. Jika sudah ada, berarti fitur ini sudah tersedia untuk ponsel Anda.

3. Klik icon Kode QR, WhatsApp akan menyajikan kode QR pribadi Anda. Kode QR siap dibagikan dengan teman-teman baru.

4. Jika Anda berpikir bahwa Anda telah membagikan Kode QR Anda dengan orang yang salah atau Anda telah mempostingnya di tempat yang salah, Anda dapat dengan mudah melakukan Reset QR Code.

Pengguna iOS memiliki akses cepat ke Kode QR menggunakan pintasan yang ditambahkan dalam widget. Namun, widget hanya muncul di iPhone 6S dan perangkat yang lebih baru.

Jika iOS versi 2.20.60.27 Anda tidak menerima aktivasi, jangan khawatir, sebab dalam beberapa hari Anda pasti mendapatkannya. Perhatikan pembaruan iOS berikutnya (2.20.60.28), untuk mendapatkan aktivasi fitur WhatsApp terbaru.


Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Meigitaria Sanita
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Meigitaria Sanita
Penulis: Meigitaria Sanita
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight