Cara Membersihkan Filter Udara Motor Matic dan Mengenali Jenisnya

Oleh: Abdul Hadi - 22 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Filter udara harus rutin dibersihkan agar tidak mengganggu kerja mesin, termasuk pada sepeda motor matic.
tirto.id - Sepeda motor matic yang rutin digunakan berkendara rentan terpapar kotoran pada mesinnya. Oleh sebab itu, beberapa komponennya harus selalu rutin dirawat agar tetap bekerja maksimal.

Di antara bagian-bagian tersebut adalah filter udara yang berfungsi menyaring kotoran dari udara agar tak masuk ke dalam karburator dan sistem injeksi. Filter udara ini berfungsi menjaga ruang pembakaran pada mesin motor matic tetap bersih.

Dikutip dari Start Rescue, filter udara juga berfungsi menahan air yang tercampur di udara agar tidak masuk ke sistem injeksi. Fungsi ini penting sebab air dapat menyebabkan karat pada komponen mesin motor yang terbuat dari besi.


Jenis-jenis Filter Udara Sepeda Motor Matic

Dari bahan pembuatnya, filter udara pada sepeda motor terbagi menjadi tiga jenis, yaitu filter udara kapas, busa, dan kertas. Namun, laman Federal Oil menulis bahwa sepeda motor matic biasanya menggunakan filter udara kertas.

Filter udara kertas kemudian terbagi menjadi dua yakni basah dan kering. Keduanya punya karakteristik masing-masing. Misalnya, pada tipe kering, tidak ada pelumas pada kertasnya. Sedangkan pada tipe basah, ada pelumas pada kertasnya.

Filter udara harus rutin dibersihkan agar tidak mengganggu kerja mesin. Saringan udara yang kotor menjadikan pembakaran di mesin motor tidak berjalan lancar, apalagi jika banyak kotoran atau debu yang masuk. Hal ini berpotensi menggores dinding silinder atau piston. Performa sistem mesin motor tentu akan mengalami masalah.


Cara Membersihkan Filter Udara Motor Matic

Masing-masing jenis filter udara membutuhkan cara tersendiri untuk membersihkannya. Saringan udara sebaiknya dibersihkan secara berkala, yakni setiap 2000 kilometer perjalanan, supaya kotoran yang menempel tidak terlalu tebal.

Akan tetapi, waktu membersihkan filter udara tersebut bisa saja lebih cepat dari batas yang disarankan, terutama jika sepeda motor sering melintasi jalan berdebu atau jalan basah karena genangan air.

Untuk membersihkan filter udara kertas pada sepeda motor matic, laman Federal Oil menjelaskan langkah awal yang perlu dilakukan adalah melepas penutup filter udaranya terlebih dahulu.

Kemudian, siapkan kompresor untuk menyemprot filter udara menggunakan angin. Alternatif lainnya juga bisa menggunakan kuas halus jika tidak memiliki kompresor.

Selanjutnya, pastikan bagian filter udara yang terbuat dari besi sudah bersih. Jika bagian besi sudah dibersihkan, lanjutkan dengan menyemprotkan angin ke serat-serat filter udara hingga kotoran di sana tanggal.

Jika filter udara sudah dibersihkan, jangan lupa bersihkan tempatnya atau boks untuk filter udara, supaya tidak ada debu yang menempel di bagian tersebut.

Namun, sebagaimana komponen mesin lain yang bakal aus, filter udara juga memiliki usia masa pakai. Saringan udara di sepeda motor matic tipe kering sebaiknya diganti bila sudah dipakai berkendara dalam jarak 8000 sampai 10.000 kilometer.

Sedangkan usia pakai filter udara jenis basah lebih tahan lama dari tipe kering. Ia disarankan diganti jika sudah menempuh perjalanan 15.000 kilometer.


Baca juga artikel terkait SEPEDA MOTOR atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Addi M Idhom
DarkLight