tirto.id - Registrasi USU (Universitas Sumatra Utara) jalur SNBP 2025 dilakukan usai disampaikannya pengumuman hasil seleksi tersebut. Kapan daftar ulang USU 2025 dibuka?
Pengumuman hasil SNBP 2025 secara serentak disampaikan pada Selasa, 18 Maret 2025, pukul 15.00 WIB. Setiap siswa yang menjadi peserta SNBP bisa mengeceknya dari portal SNPMB di pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id atau link mirror perguruan tinggi.
Adapun siswa yang diterima pada program studi di USU, perlu segera melakukan registrasi atau daftar ulang. Registrasi usu ac.id diperkirakan dibuka pada pekan kedua April 2025 setelah selesai masa libur dan cuti bersama Lebaran.
Syarat Registrasi Ulang USU SNBP 2025
Registrasi ulang USU untuk jalur SNBP 2025 memerlukan sejumlah dokumen yang perlu diunggah. Berkas dokumen ini digunakan terkait penentuan UKT. Berikut dokumen-dokumen yang perlu dipersiapkan calon mahasiswa:
1. Dokumen utama
- Dokumen utama yang harus diunggah dalam registrasi UKT USU yaitu:
- Pasfoto latar belakang putih dengan dimensi 400 x 600 piksel (maksimum 1 MB);
- Kartu tanda peserta SNBP asli tahun 2024;
- Surat Pernyataan P1, P2 dan P3 asli yang telah diisi dengan lengkap dan benar, ditempel materai Rp10.000,- dan telah ditandatangani;
- Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Raport semester akhir yang telah dilegalisir dan ditempel pasfoto yang bersangkutan;
- Kartu Keluarga (KK);
- Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Tanda Siswa (KTS);
- Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) (Khusus bagi calon mahasiswa yang mendapatkan beasiswa KIP Kuliah).
2. Dokumen pendukung
Dokumen pendukung daftar ulang SNBP di USU terdiri dari:- Slip gaji atau keterangan penghasilan bulan terakhir pihak yang membiayai;
- Kartu Tanda Penduduk pihak yang membiayai;
- Kartu Keluarga pihak yang membiayai;
- NPWP pihak yang membiayai;
- Bukti pembayaran PBB tahun terakhir alamat tinggal pihak yang membiayai;
- Bukti Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahun terakhir kendaraan bermotor pihak yang membiayai;
- Tagihan rekening listrik/ Token bulan terakhir tempat tinggal pihak yang membiayai;
- Tagihan rekening air bulan terakhir tempat tinggal pihak yang membiayai;
- SPT Orang Pribadi dan atau Badan tahun terakhir pihak yang membiayai;
- Foto rumah tempat tinggal tampak depan, samping kiri dan kanan masing-masing 1 (satu) lembar dengan syarat memperlihatkan No. RT/RW atau identitas lainnya.
Link Sistem Registrasi USU dan Cara Buat Akun
Pra registrasi USU untuk SNBP 2025 perlu membuat akun dahulu di sistem registrasi USU. Saat melakukan registrasi, ada sejumlah data yang perlu dilakukan. Berikut cara membuat akun registrasi USU:
- Buka laman sistem registrasi USU di tautan https://registrasi.usu.ac.id.
- Klik pada kotak "Registrasi Akun"
- Masukkan data berikut:
- Nomor pendaftaran SNBP yang diikuti
- Tanggal lahir
- Password
- Konfirmasi password
- Akhiri dengan klik "Daftar"
Cara Daftar Ulang SNBP 2025 di Sistem Registrasi USU
USU registrasi ulang memiliki cara yang kurang lebih sama seperti tahun sebelumnya. Berdasarkan cara daftar ulang SNBP USU periode sebelumnya, ada beberapa langkah yang harus dijalani setiap calon mahasiswa yaitu:
1. Registrasi dan Pengisian UKT
Lakukan login registrasi USU di laman https://registrasi.usu.ac.id lalu isi data pokok dan unggah berkas. Calon mahasiswa menyiapkan dokumen utama seperti yang telah disebutkan sebelumnya untuk diunggah.2. Pengisian data kelengkapan UKT
Pengisian data kelengkapan UKT dapat dilakukan setelah pengisian data pokok pada laman https://registrasi.usu.ac.id yang telah disubmit oleh calon mahasiswa baru. Setelah itu, calon mahasiswa dapat mengisi data kelangkapan dan mengunggah dokumen pendukung yang telah disebutkan sebelumnya.3. Pembayaran UKT
Semua calon mahasiswa akan menerima hasil verifikasi data kelengkapan UKT dan penerbitan virtual account untuk membayar UKT yang dapat dilihat melalui laman https://registrasi.usu.ac.id. Calon mahasiswa lalu membayar UKT lewat transfer bank sesuai virtual account yang diberikan. Jika pembayaran terkonfirmasi, calon mahasiswa telah terdaftar sebagai mahasiswa USU dan berlanjut dengan mengisi Kartu Rencana Studi (KRS)4. Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS)
Mahasiswa mengakses kembali laman https://registrasi.usu.ac.id untuk mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan password untuk login Portal Akademik (https://satu.usu.ac.id). Mahasiswa lalu mengisi KRS. Tutorial penggunaan e-learning USU dilakukan pada saat Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di fakultas masing-masing.5. Pemeriksaan Bebas Narkoba dan Kesehatan
Mahasiswa baru USU juga akan menjalani pemeriksaan bebas narkoba dan pemeriksaan kesehatan. Informasi mengenai waktu, biaya, hingga lokasi pemeriksaan dapat dilihat melalui laman https://registrasi.usu.ac.id.Alur Registrasi UKT USU 2025
Penentuan UKT USU 2025 bagi setiap mahasiswa memiliki alur khusus. Alur tersebut meliputi aktivitas berikut ini:
- Pengisian data dan berkas di laman registrasi.usu.ac.id
- Pengisian data ekonomi mahasiswa, orang tua, dan/atau pihak pembiaya di uktdatareg.usu.ac.id.
- Sistem mengeluarkan kelompok UKT berdasarkan data total penghasilan yang diisi mahasiswa.
- Tim verifikasi memeriksa keaslian, keakuratan data pendukung, dan kesesuaian kelompok UKT yang ditentukan sistem.
- Pleno penetapan UKT
- Penyampaian hasil pleno kepada Rektor untuk ditetapkan dalam keputusan rektor.
- Upload hasil pleno atau keputusan rektor pada sistem
- Menerima pengaduan dari mahasiswa, orang tua, atau pihak pembiaya setelah upload hasil penetapan UKT pada sistem.
- Penyelesaian pengaduan masalah pasca upload hasil penetapan UKT pada sistem.
- Untuk permasalahan yang memerlukan tindak lanjut segera, tim verifikasi mengajukan permohonan kepada Rektor.
- Untuk permasalahan yang dinilai tidak layak untuk diselesaikan pada awal semester, direkomendasikan untuk diajukan pada saat dibukanya jadwal pengajuan banding UKT untuk pembayaran UKT semester 3.
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Ilham Choirul Anwar & Ilham Choirul Anwar