Cara Aktifkan Akun WhatsApp Business di Instagram & Menonaktifkan

Oleh: Septiany Amanda - 21 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Para pemilik akan Whatsapp Business bisa menambahkan nomornya di profil Instagram supaya lebih mudah berkomunikasi dengan pelanggan.
tirto.id - Pelaku bisnis di Indonesia saat ini bisa menghubungkan nomor WhatsApp dengan profil Instagram bisnis mereka. Instagram telah mengumumkan cara baru yang bisa memudahkan pengguna untuk menghubungi pemilik akun bisnis melalui WhatsApp langsung dari aplikasi milik Facebook Inc itu.

Melalui fitur ini, para pengguna bisa langsung menghubungi dan memulai percakapan dengan para penjual melalui WhatsApp, hanya dengan satu klik setelah menemukan akun bisnis di Instagram.

"Instagram berkomitmen membantu UMKM dan pelaku bisnis memasarkan produk mereka, serta mendorong penjualan, terutama pada masa pandemi seperti ini," kata Country Director Facebook di Indonesia​, Pieter Lydian, dikutip dari Antara News.

"Kami menyadari, banyak pelaku bisnis yang menggunakan Instagram sebagai etalase virtual, dan WhatsApp sebagai gerbang akhir untuk membangun obrolan lebih lanjut seputar produk, dengan pelanggan guna mendorong penjualan," sambungnya.


Sebelumnya, pengguna Instagram harus memasukkan nomor WhatsApp Business yang tertera di profil Instagram bisnis secara manual.

"Namun melalui fitur ini, kami harap para pelanggan dapat terhubung dengan bisnis yang mereka sukai secara lebih mudah dan cepat sehingga dapat mempercepat terjadinya proses transaksi", kata Pieter. ​

Jika telah menambahkan akun WhatsApp Business di profil Instagram, nomor telepon pengguna akan ditampilkan sebagai opsi kontak di profil Instagram yang ditautkan.

Ketika pelanggan mengetuk opsi kontak tersebut, mereka akan dapat secara langsung mengirimi pesan di WhatsApp.

Pengguna akun WhatsApp Business yang telah menambahkan nomor telepon di Profil Instagram bisa menyediakan cara tambahan bagi pelanggan untuk berkomunikasi.

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan fitur tersebut:

  • Pelaku bisnis menambahkan tombol Whatsapp di profil Instagram bisnis;
  • Kemudian, mengunjungi halaman akun bisnis;
  • Lalu, pilih Edit Profil;
  • Selanjutnya, pilih opsi kontak, dan tambahkan nomor WhatsApp.
  • Setelah itu, masukkan kode autentikasi yang diterima, lalu akun Instagram bisnis akan terhubung secara otomatis dengan akun WhatsApp.

Pengguna hanya bisa menambahkan akun WhatsApp Business hanya dari akun Instagram dan tidak sebaliknya.

Jika menggunakan WhatsApp Business, pengguna bisa membatalkan tautan akun Instagram dan WhatsApp melalui aplikasi WhatsApp Business.

Berikut cara membatalkan fitur tersebut, sebagaimana dipaparkan dalam situs resmi Whatsapp:

  • Buka Fitur bisnis, lalu klik Setelan;
  • Setelah itu, di bawah Setelan, klik Akun tertaut;
  • Kemudian, klik Instagram dan klik Batalkan tautan.

Baca juga artikel terkait INSTAGRAM atau tulisan menarik lainnya Septiany Amanda
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Septiany Amanda
Editor: Addi M Idhom
DarkLight