Menuju konten utama

Cara Pilih Barang dan Belanja Langsung di WhatsApp Business

WhatsApp Business menyediakan fitur baru bernama Keranjang Belanja yang bisa memudahkan para konsumen membeli barang via platform tersebut.

Cara Pilih Barang dan Belanja Langsung di WhatsApp Business
Siluet orang menggunakan smartphone didepan logo WhatsApp Inc di London, UK. WhatsApp Inc. menawarkan cross-platform aplikasi mobile messaging yang memungkinkan pengguna untuk bertukar pesan. Foto/Getty Images/Chris Ratcliffe/

tirto.id -

WhatsApp Business adalah platform khusus yang dikembangkan WhatsApp untuk pengguna akun bisnis. Platform ini dilengkapi berbagai fitur untuk mempermudah interaksi pelaku bisnis dengan konsumen.

WhatsApp Business juga telah membuat fitur baru, keranjang belanja, untuk membantu konsumen membeli barang dari toko favorit.

Fitur keranjang belanja milik WhatsApp Business tersebut bisa digunakan untuk menghubungi toko online yang menyediakan berbagai produk, termasuk makanan restoran dan pakaian.

Fitur tersebut bisa membantu konsumen untuk memulai proses pemesanan secara langsung, tanpa harus mengirimi pesan satu per satu untuk setiap produk yang tercantum di katalog.

"WhatsApp Business berkembang menjadi gerai toko, tempat pelanggan bertanya dan melakukan kegiatan jual-beli sehingga pengguna, termasuk pemilik UMKM, maupun pelanggannya, sangat dimudahkan," kata WhatsApp, dikutip dari Antara.

Sama halnya seperti situs atau aplikasi e-commerce, WhatsApp Business sekarang telah memberi pengguna opsi untuk memilih, menambah, atau menghapus item dari keranjang belanja.

Para konsumen juga bisa melihat item yang telah mereka tambahkan ke keranjang belanja dengan mengetuk ikon baru, khusus saat menjelajahi katalog akun WhatsApp Business.

Setelah item itu ditambahkan ke keranjang belanja, penjual akan membalas untuk mengonfirmasi pesanan. Penjual pun bisa menerima pembayaran dengan WhatsApp Pay.

Selain mempermudah konsumen memesan produk, fitur keranjang belanja juga membantu tenaga administrasi toko online dalam mengelola pembelian, dan memproses pesanan lebih efisien. Risiko salah memproses pesanan juga bisa dihindari. Pelacakan pesanan mudah pula dilakukan.

Berikut cara memilih barang dan berbelanja langsung dengan fitur keranjang belanja di WhatsApp Business, seperti diinformasikan situs resmi Whatsapp.

Cara Menambah Item ke Keranjang Belanja WhatsApp Business:

  • Buka WhatsApp;
  • Buka chat dengan akun bisnis atau buka profil bisnis tersebut;
  • Klik icon Toko yang ditampilkan di samping nama bisnis;
  • Setelah katalog terbuka, pilih item-item yang ingin dipesan;
  • Lalu, klik item yang disukai;
  • Kemudian, klik TAMBAH KE KERANJANG di item yang ingin dipesan. Alternatif lainnya, konsumen juga bisa klik KIRIM PESAN KE BISNIS jika memiliki pertanyaan yang ingin diajukan ke bisnis mengenai item tersebut.

Cara Mengedit Item di Keranjang Belanja WhatsApp Business:

  • Klik LIHAT KERANJANG untuk melihat semua item yang telah ditambahkan ke keranjang;
  • Lalu. klik TAMBAH ITEM jika ingin kembali ke katalog dan menambahkan item lainnya;
  • Selain itu, konsumen juga bisa mengedit jumlah item yang telah ditambah ke keranjang;
  • Jika konsumen ingin bertanya mengenai beberapa item yang tercantum di katalog bisnis, konsumen bisa menambah item-item tersebut ke keranjang, lalu mengirim pertanyaan dalam pesan yang sama sebelum dikonfirmasi oleh penjual dengan status pemesanan belum selesai.

Cara Melakukan Pemesanan di Keranjang Belanja WhatsApp Business:

  • Setelah keranjang belanja diperbarui, klik ikon kirim untuk mengirimkannya sebagai pesan WhatsApp ke penjual;
  • Setelah terkirim, konsumen akan dapat melihat detail pesanan dengan klik tombol LIHAT KERANJANG YANG ANDA KIRIM di jendela chat dengan penjual.

Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan lainnya dari Septiany Amanda

tirto.id - Teknologi
Penulis: Septiany Amanda
Editor: Addi M Idhom