BTS Hadir di Podcast Spotify For The Record Rayakan Rekor Dynamite

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 18 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
BTS diwawancarai dalam Podcast Spotify For The Record untuk merayakan kesuksesan mereka dengan lagu "Dynamite".
tirto.id - Single terbaru BTS “Dynamite” telah mencetak rekor terbaru di Spotify dengan 12,6 juta stream dalam 24 jam sejak lagu tersebut meluncur bulan Agustus lalu.

Untuk merayakan pencapaian ini, Spotify berbincang dengan BTS dalam episode terbaru podcast For The Record, berjudul “BTS: The Band, The Brand & The ARMY”.

Grup beranggotakan tujuh orang tersebut membeberkan arti “Dynamite” bagi mereka, terutama di masa pandemi ini.

Mereka memberikan cerita di balik layar tentang proses kreatif di balik "Dynamite", apresiasi bagi para ARMY, dan berdiskusi tentang bagaimana mereka ingin diingat oleh generasi mendatang.

Untuk memberikan perspektif tambahan, Spotify juga berbincang dengan Editor TIME Magazine dan penggemar K-Pop, Kat Moon, tentang bagaimana BTS mengatasi status underdog, pencapaian penting, serta terobosan yang mereka lakukan.

Dalam keterangan pers yang diterima Tirto Jumat (18/9/2020), Spotify juga berbincang dengan penggemar BTS, ARMY di berbagai belahan dunia, dari Taiwan hingga Inggris.

Salah satu yang ditanyai adalah Gracie Ranan, pembuat lagu kebangsaan ARMY. Ia bercerita mengenai pengaruh BTS secara global dan hubungan keluarga yang mereka jalin sebagai sesama penggemar BTS.

Suga mengatakan, “Menurutku lagu ini menarik dan mudah dinikmati oleh siapa pun, dari generasi apapun. Terutama dalam situasi COVID-19, kami ingin menciptakan lagu yang ceria, dengan lirik yang membangkitkan semangat. Kami sangat senang karena orang-orang menikmati lagu ini, dan mendapatkan energi dari lagu ini.”

RM juga berbagi cerita mengenai proses pembuatan musik mereka, “Prosesnya sangat beragam, terkadang kami mulai dengan melodi, terkadang hanya dengan sebuah kata atau tema."

"Tetapi pada dasarnya, saat membuat album, kami punya semacam tema atau kata kunci yang mewakili seluruh album tersebut. Dan saat kami berhasil sepakat pada satu kata kunci, kami semua akan berkumpul untuk membuat lagu, melodi, lirik, dan apapun itu. Jadi, prosesnya seperti membuat puzzle saat kita membuat sebuah album,” ujarnya.

J-Hope melanjutkan, “Proses pembuatan musik itu cukup sulit, kami membayangkannya seperti sakit saat melahirkan. Oleh sebab itu, butuh fokus dan perhatian yang tinggi, juga waktu yang panjang karena kami benar-benar mencurahkan segalanya. Saat kami memiliki hasil yang baik dan melihat hasil itu, kami merasa bangga dan merasakan pencapaian yang nyata.”

V kemudian menambahkan tentang hal terbaik dalam pekerjaan mereka, “Kupikir hal terbaik adalah ARMY. Mereka adalah alasan kami berkarya. Energi dan dukungan merekalah yang mendorong kami untuk terus maju. Jadi mereka, ARMY kami, fans kami, adalah bagian terbaik dari pekerjaan ini.”

BTS telah diputar lebih dari 11,4 miliar kali di Spotify dan “Dynamite” telah ditambahkan ke dalam lebih dari 3,5 juta playlist. “Dynamite” juga memicu 300% peningkatan dalam hal orang yang mendengarkan lagu BTS pertama kalinya di Spotify

BTS menjadi artis Korea pertama yang debutnya berada di Nomor 1 Spotify Global Top 50 chart. Lagu BTS yang paling sering diputar sampai saat ini adalah “Boy With Luv” (feat. Halsey), “FAKE LOVE”, dan “DNA”.


Baca juga artikel terkait BTS atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Musik)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight