BMKG: Waspada Gelombang Tinggi di 24 Perairan RI sampai 26 Agustus

Sumber: Antara, tirto.id - 25 Agu 2022 08:15 WIB
Dibaca Normal 1 menit
BMKG meminta pelaku pelayaran memerhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan, mulai dari perahu nelayan hingga kapal ukuran besar.
tirto.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan gelombang tinggi hingga sangat tinggi terjadi di 24 perairan Indonesia pada Kamis (25/8/2022) pagi hingga Jumat (26/8/2022) pukul 07.00 WIB.

Berdasarkan data BMKG, gelombang sangat tinggi sekitar 4 hingga 6 meter diprakirakan akan terjadi di perairan Samudra Hindia Barat Aceh.

Sementara, perairan yang akan mengalami gelombang tinggi sekitar 2,5 meter hingga 4 meter, diprediksi akan terjadi di Perairan Utara Sabang; Perairan Barat Aceh; Perairan Barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai; Perairan Bengkulu hingga Barat Lampung; dan Samudra Hindia Barat Nias hingga Lampung.

Kemudian Selat Sunda bagian Barat dan Selatan; Perairan Selatan Jawa; Perairan Selatan Bali hingga Sumbawa; Selat Bali - Lombok-Alas Bagian Selatan; Perairan Selatan Pulau Sumba; Perairan Pulau Sawu hingga Kupang Pulau Rote; Laut Sawu Bagian Selatan; dan Samudra Hindia Selatan Banten hingga NTT.

Lalu perairan Manui hingga Kendari Bagian Timur; Perairan Banggai bagian Selatan; Teluk Tolo Bagian Timur; Perairan Wakatobi; Perairan Pulau Buru-Ambon-Seram bagian Selatan; Laut Banda; Perairan Selatan Kepulauan Sermata hingga Kepulaauan Tanimbar; Perairan Selatan Kepulauan Kai hingga Aru; serta perairan Laut Arafuru.

Sementara itu, area perairan Indonesia lainnya diprediksi akan mengalami gelombang sedang sekitar 1,25 meter sampai 2,5 meter.

BMKG meminta pelaku pelayaran memerhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan, mulai dari perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 meter), kapal tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 meter), kapal ferry (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 meter), hingga kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter).

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," tulis BMKG.


Baca juga artikel terkait WASPADA GELOMBANG TINGGI atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight