Bandara Kualanamu Buka Penerbangan Langsung ke Saudi untuk Umrah

Reporter: Selfie Miftahul Jannah - 25 Mei 2022 09:59 WIB
Penerbangan langsung dari Kualanamu ke Arab Saudi sempat ditutup akibat pandemi COVID-19.
tirto.id - Bandara Internasional Kualanamu di Sumatra Utara kembali melayani penerbangan langsung ke Arab Saudi untuk jamaah umrah dan haji. Penerbangan langsung dari Kualanamu ke Arab Saudi sempat ditutup akibat pandemi COVID-19.

Executive General Manager Bandara Kualanamu, Heriyanto mengatakan penerbangan perdana diberangkatkan pada Selasa (24/5/2022) pukul 09.30 WIB. Sebanyak 424 penumpang diberangkatkan menggunakan maskapai Lion Air dengan nomor penerbangan JT 1112 pesawat Airbus 333.

"Calon jamaah umrah wajib memenuhi persyaratan dokumen kesehatan yang akan diperiksa oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan wajib memiliki International Certificate Vaccination (ICV) Meningitis serta Sertifikat Vaksin Covid-19 dosis II," jkata Heriyanto dalam keterangan tertulis, Rabu (25/5/2022).

Heriyanto mengatakan penerbangan langsung ke Madinah disambut baik oleh seluruh pemangku kepentingan di Bandara Kualanamu.

"Kegiatan ini memberikan konektivitas mudah bagi calon jamaah umrah dari Sumatra Utara yang akan menunaikan ibadah umrah dan diharapkan kedepannya dapat beroperasi dengan lancar," kata dia.

Wakil Gubernur Sumatra Utara, Musa Rajekshah menyambut baik pembukaan penerbangan umrah dari Bandara Kualanamu. Hal itu dapat menghemat waktu tempuh jemaah asal Sumut untuk menuju Arab Saudi.

"Kalau kita sudah bisa berangkat dari Kualanamu, berarti untuk perjalanan ibadah umrah jauh lebih cepat dari sebelumnya melalui Jakarta," ujar Musa.



Baca juga artikel terkait BANDARA KUALANAMU atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight