AS Segera Rilis Laporan Lengkap Soal Pembunuhan Khashoggi

Oleh: Yantina Debora - 19 November 2018
Laporan yang akan dirilis AS itu termasuk siapa pelaku pembunuhan Khashoggi.
tirto.id - Presiden AS Donald Trump menyampaikan pihaknya segera merilis laporan lengkap terkait kematian jurnalis Arab Saudi, Jamal Khashoggi pada 2 Oktober lalu.

"Kami akan merilis laporan yang sangat lengkap dalam dua hari ke depan, mungkin Senin (19/11/2018 waktu AS) atau Selasa (20/11/2018)," ujar Trump seperti dilansir dari AP News.

Menurutnya, laporan itu juga akan memuat siapa pelaku atau dalang di balik pembunuhan Khashoggi.

Sebelumnya badan intelijen AS telah menyimpulkan dalang di balik pembunuhan kolumnis The Washington Post itu merupakan Putra Mahkota Arab Saudi. Ia memerintahkan pembunuhan Khashoggi di Konsulat Saudi di Turki.

Anggota Kongres terus mendorong Trump untuk merespons lebih keras terkait pembunuhan itu. Pemerintah AS pekan lalu menghukum 17 pejabat Arab Saudi karena dugaan berperan dalam pembunuhan Khashoggi.

Anggota parlemen Amerika juga meminta pemerintah untuk membatasi penjualan senjata ke Arab Saudi atau mengambil tindakan hukuman yang lebih keras lainnya.

Departemen Luar Negeri AS dalam sebuah pernyataan mengatakan pemerintah Amerika Serikat bertekad untuk menahan semua yang bertanggung jawab atas pembunuhan Jamal Khashoggi.

Meski demikian Departemen Luar Negeri AS tak sepakat dengan kesimpulan soal keterlibatan putra mahkota Arab Saudi. Meskipun kemungkinan putra mahkota Arab Saudi terlibat, masih ada pertanyaan tentang peran apa yang dimainkannya dalam kasus itu.

“Laporan terbaru menunjukkan bahwa pemerintah AS telah membuat kesimpulan akhir yang tidak akurat. Masih ada banyak pertanyaan yang belum terjawab sehubungan dengan pembunuhan Khashoggi,” menurut Departemen Luar Negeri AS dalam sebuah pernyataan.

“Pemerintah AS akan mengambil tindakan tegas terhadap individu yang bertanggung jawab [dalam pembunuhan Khasoggi], termasuk tindakan visa dan sanksi. Kami akan terus mengeksplorasi langkah-langkah tambahan terkait pembunuhan ini. Dan, kami akan melakukan itu sambil mempertahankan hubungan strategis yang penting antara Amerika Serikat dan Arab Saudi.”


Baca juga artikel terkait PEMBUNUHAN JURNALIS atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Politik)


Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora