Apa Itu KMMI Kemdikbud & Cara Daftar Course KMMI Bagi Mahasiswa

Oleh: Addi M Idhom - 6 Agustus 2021
Dibaca Normal 4 menit
Program KMMI Kemdikbud menyediakan course (kursus) online bagi mahasiswa. Course KMMI digelar oleh kampus dan institusi industri.
tirto.id - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi meluncurkan program baru pada 2021, yakni Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI). Program KMMI bisa diakses lewat situs resmi yang disediakan kementerian, yakni kmmi.kemdikbud.go.id.

Kemdikbud merilis KMMI sebagai bagian dari dukungan untuk program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

Mengutip siaran resmi dari Ditjen Dikti, program KMMI digulirkan untuk memberikan keleluasaaan bagi mahasiswa dalam belajar, menimba dan mendapatkan pengalaman di luar kampus.

Menurut Direktur Pembelajaraan dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Aris Junaidi, dengan terlibat dalam program KMMI, mahasiswa bisa menjalani pembelajaran yang merepresentasikan dunia industri.

Kata dia, program KMMI Kemdikbud dibentuk dengan mempertimbangkan adanya 3 tren. Pertama, tingginya kebutuhan masyarakat akan pendidikan tersier berkualitas tinggi.

Kedua, terjadinya transformasi digital di banyak sektor industri yang memicu kesenjangan antara keterampilan lulusan perguruan tinggi dengan kebutuhan dunia kerja. Adapun tren ketiga adalah semakin berkembangnya digitalisasi sektor pendidikan tinggi.

"Semoga dengan adaya program KMMI tidak ada lagi batasan belajar apa pun dan di mana pun dan kata merdeka dalam program MBKM semakin menjadi kenyataan," kata dia dalam siaran resmi Ditjen Dikti.

Merujuk buku Panduan KMMI 2021, program KMMI menyediakan sarana belajar di luar kampus bagi para mahasiswa. Berbeda dari perkuliahan di kampus, KMMI Kemdikbud menyediakan potongan kecil bagian dari materi pembelajaran penuh yang disampaikan secara online. Waktu penyampaian materi pun singkat dan berisi tambahan yang melengkapi pembelajaran di kelas.

Program KMMI Kemdikbud dilaksanakan melalui kerja sama dengan perguruan tinggi bersama institusi bisnis dan industri dari dalam maupun luar negeri. Karena itu, peserta program ini berkesempatan menambah pengetahuan dan keterampilan di dunia kerja dan industri.

KMMI Kemdikbud dapat diikuti mahasiswa aktif dari tingkat sarjana (program akademik). Namun, mahasiswa peserta program KMMI harus lolos seleksi yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi sesuai persyaratan yang diberlakukan.

Penyelenggara program KMMI adalah perguruan tinggi yang mengajukan proposal dan dinyatakan lolos seleksi Kemdikbud. Salah satu kampus yang membuka program KMMI adalah Universitas Padjadjaran (UNPAD). Total ada 1480 mahasiswa dari seluruh Indonesia yang akan ditampung UNPAD melalui KMMI.

UNPAD menyiapkan 6 program mata kuliah dalam KMMI yang bekerja sama dengan institusi bisnis dan industri. Keenam program kuliah KMMI yang disediakan UNPAD adalah:

  • Artificial Intelligence (bermitra dengan Huawei)
  • Teknik Produksi Vaksin Terkini (bermitra dengan Biofarma)
  • Marketing 4.0 Certification (bermitra dengan Markplus Institute)
  • SDG4: Pendidikan Berkualitas (bermitra dengan UNICEF)
  • Cleft Lip and Palate (bermitra dengan Smiletrain dan YPPCBL)
  • Micro-credential: Productivity Track (bermitra dengan Microsoft).

Adapun sekilas info terkait kegiatan program KMMI Kemdikbud adalah sebagai berikut:

1. Pembelajaran bentuk kursus singkat (short course) mencakup hard skill dan soft skill.

2. Interaksi pembelajaran dilakukan secara sinkron dan asinkron, serta berlangsung via online.

3. Komponen program KMMI mencakup:

  • Pelibatan dunia usaha dan industri dalam menentukan kursus di program KMMI dan detail capaian pembelajaran.
  • Rencana pembelajaran tiap pertemuan meliputi capaian pembelajaran, bahan ajar, metode dan media, waktu, tempat, mekanisme pelaksanaan dan penilaian.
  • Pelaksanaan KMMI terdiri dari teori, praktik atau penugasan mandiri minimal 3 sks mata kuliah.
  • Pembelajaran daring/online 3 jam x 8 minggu, praktikum atau penugasan mandiri 3 jam x 8 minggu.
  • Pelaksanaan penilaian ditentukan oleh masing-masing penyelenggara program KMMI.

4. Pelaksanaan kegiatan KMMI yang diikuti oleh mahasiswa direncanakan berlangsung pada Juni - Oktober 2021.

5. Program KMMI memberikan sertifikat pada peserta yang dapat diajukan ke perguruan tinggi untuk konversi sks mata kuliah dan portofolio pada Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI)

6. Pendanaan pelaksanaan program KMMI: setiap mahasiswa peserta mendapatkan bantuan Rp1 juta yang akan disalurkan kepada perguruan tinggi yang mengajukan proposal program KMMI.

7. Biaya bantuan mahasiswa sebesar 40% dari bantuan program KMMI yang digunakan untuk bantuan biaya praktik dan atau tugas mandiri mahasiswa.


Panduan Cara Daftar Course KMMI Bagi Mahasiswa

Para mahasiswa dari seluruh Indonesia yang berminat mengikuti course (kursus) online di program KMMI bisa mendaftar via situs kmmi.kemdikbud.go.id. Untuk mendaftar, ada 2 tahapan yang harus dilewati. Keduanya adalah pendaftaran akun yang dilanjutkan dengan mendaftar sebagai peserta course KMMI yang tersedia.

Adapun detail tata cara mendaftar adalah sebagai berikut:

1. Buka laman kmmi.kemdikbud.go.id/mhs/

2. Kemudian klik tombol Daftar

3. Lalu, di kolom bagian universitas, ketik atau cari nama perguruan tinggi mahasiswa

4. Kemudian, ketik nama program studi hingga muncul pilihan sesuai program studi mahasiswa

5. Isikan NIM dan NIK sesuai dengan identitas yang terdaftar di PD-Dikti

6. Jika NIM dan NIK diisi dengan benar sesuai data yang dilaporkan di PD-Dikti, nama dan Nomor telp akan terisi otomatis sesuai data di PD-Dikti.

7. Jika NIM dan NIK sudah benar tapi nama dan nomor telp tidak muncul secara otomatis, segara hubungi Operator PD-Dikti di masing-masing perguruan tinggi untuk memastikan isian NIK yang
dilaporkan ke PD-Dikti sudah sesuai.

8. Di bagian nomor telp yang terisi otomatis, dapat diganti dengan nomor telp terbaru yang dapat dihubungi melalui pesan aplikasi Whatsapp.

9. Di bagian email dapat diganti email yang aktif dan sering digunakan.

10. Email tersebut akan digunakan untuk username saat login.

11. Di bagian kata sandi dapat diisi kata sandi masing-masing yang nanti akan digunakan untuk login ke sistem.

12. Setelah data di kolom terisi semua, klik tombol DAFTAR.

13. Tidak perlu menunggu verifikasi data atau aktivasi akun yang dikirim melalui Whatsapp

14. Setelah klik DAFTAR, mahasiswa akan langsung diarahkan ke halaman dashboard sistem KMMI Portal Mahasiswa.

15. Di halaman itu, mahasiswa dapat mencari 312 course KMMI yang disediakan oleh 85 perguruan tinggi se-Indonesia.

16. Gunakan fitur pencarian jika diperlukan, kemudian klik judul course yang diminati.

17. Setelah memilih course, akan muncul informasi yang musti dibaca terlebih dahulu oleh mahasiswa

18. Informasi itu terkait tanggal pendaftaran, tanggal pelaksanaan kegiatan, jam pelajaran, kuota yang tersedia, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPS), Capaian Pembelajaran, dan mitra industri yang bekerja sama dalam penyelenggaraan course ini.

19. Mahasiswa wajib membaca terlebih dahulu RPS dan capaian pembelajaran untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran yang akan dilakukan sehingga dapat memutuskan untuk mengikuti course tersebut.

20. Mahasiswa juga dapat melihat reputasi dari mitra industri yang bekerja sama dengan perguruan tinggi di penyelengaraan course

21. Jika sudah menetapkan pilihan dan sesuai dengan yang diharapkan, bisa klik tombol DAFTAR untuk mengikuti course.

22. Pastikan membaca seluruh dokumen dan informasi yang disampaikan sebelum memilih course, karena 1 mahasiswa hanya diizinkan mengikuti 1 course kecuali jika ditolak oleh penyelenggara course sehingga harus memilih course lainnya.

23. Klik tombol "Ya, Daftar" jika pilihan course sudah sesuai.

24. Dengan klik tombol "Ya, Daftar," mahasiswa wajib mengikuti segala ketentuan dan aturan yang berlaku di pelaksanaan course pilihannya, termasuk mengikuti seluruh rangkaian pembelajaran hingga selesai.

25. Setelah mendaftar ikut course KMMI, mahasiswa harus menunggu respons dari Operator penyelenggara course soal apakah permohonannya untuk mengikuti course tersebut diterima atau ditolak.

26. Mahasiswa juga bisa menghubungi kontak penyelenggara course.

27. Apabila permohonan mengkuti course KMMI DITERIMA, mahasiswa wajib mengisi nomor rekening sesuai dengan bank yang telah direkomendasikan. Nomor rekening harus atas nama mahasiswa yang mendaftar course.

28. Apabila tidak memiliki nomor rekening sesuai nomor yang telah direkomendasikan, mahasiswa dapat mengupayakan untuk membuat akun sesuai dengan rekomendasi Bank dari penyelenggara course.

29. Setelah meengisi data nomor rekening, kemudian klik SAVE.

30. Di menu akses, terdapat informasi alamat URL dari LMS yang akan digunakan oleh penyelenggara course di pelaksanaan proses pembelajaran.

31. Mahasiswa hanya akan bisa login ketika tanggal pelaksanaan atau setelah mendapatkan informasi dari penyelenggara course.

32. Apabila permohonan mengikuti suatu course ditolak, mahasiswa dapat memilih course lain selama masa pendaftaran.

33. Mahasiswa dapat melihat status Riwayat pendaftaran pada menu Riwayat Pendaftaran. Mahasiswa juga dapat melihat identitas atau profie mahasiswa melalui menu Informasi Mahasiswa.

34. Tata cara mendaftar course KMMI selengkapnya dapat dilihat lewat link ini.

35. Sementara info selengkapnya bisa diakses via link ini.

Baca juga artikel terkait MERDEKA BELAJAR atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Addi M Idhom
Penyelia: Iswara N Raditya
DarkLight