Apa Itu Fitur Google Heads Up dan Fungsinya?

Oleh: Abraham William - 16 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Fitur terbaru Google bernama Heads Up diciptakan bagi yang sering menggunakan gawai saat berjalan.
tirto.id - Google mengeluarkan fitur terbaru bernama Heads Up. Fitur ini diciptakan bagi kita yang sering menggunakan handphone saat berjalan. Penggunaan handphone saat berjalan memiliki risiko yang cukup besar, terutama di lingkungan ramai, sehingga fitur ini diciptakan untuk membuat kita aman saat berjalan.

Fitur Heads Up berusaha mencegah risiko-risiko yang mungkin terjadi saat berjalan. Seperti misalnya kecelakaan saat mengecek handphone sambil berjalan. Selain mengurangi risiko kecelakaan, juga mempermudah penggunaan handphone secara berkala.

Melansir dari Digital Information World, Heads Up akan memberikan notifikasi terkait situasi sekitar yang ada saat menggunakan handphone sambil berjalan. Selain itu, notifikasi yang diberikan juga memiliki fitur agar pengguna tetap fokus terhadap gawai tanpa perlu memperhatikan jalanan.


Cara Penggunaan Fitur Heads Up

Seperti yang sudah dipaparkan sebeleumnya, fitur Heads Up mampu memberikan notifikasi terkait keadaan sekitar saat berjalan. Notifikasi tersebut berupa

  • Be careful
  • Look ahead
  • Stay focused
  • Look up, Stay alert
  • Watch out
  • Watch your step

Langkah-langkah penggunaan fitur Heads Up ini dapat digunakan melalui Digital Well Being App. Dalam menu utama, akan dijelaskan instruksi bagaimana cara penggunaan aplikasi Heads Up tersebut.

Setelah terlihat aplikasi Heads Up, maka akan diarahkan kepada additional settings seperti izin untuk mengakses notifikasi dari Heads Up dan permintaan untuk mengakses lokasi penggunanya. Selain lokasi, tentunya juga meminta izin untuk mengakses agar mampu mengawasi segala macam aktivitas fisik yang dilakukan oleh penggunanya.

Melansir Android Headlines saat pengguna mengaktifkan Digital Well Being App, aplikasi Heads Up perlu diaktifkan kembali secara manual. Hal ini berguna bagi pengguna yang tidak ingin selalu mendapat notifikasi secara otomatis setiap saat.

Namun ada juga pilihan Allow all the time, untuk memberikan notifikasi kapan saja. Khususnya saat pengguna sedang berjalan.

Aplikasi Heads Up memiliki keunggulan yang lebih, terhadap orang-orang yang suka menggunakan handphone saat berjalan. Istilah ini lebih sering dikenal sebagai text walker. Akan tetapi, hal tersebut juga akan membuat setiap orang lebih fokus terhadap handphone dibandingkan sekitarnya.

Istilah ini sering dikenal sebagai zombie-fication terhadap pengguna handphone yang sedang berjalan. Namun dengan adanya aplikasi ini, setidaknya membuat para penggunanya lebih aman.


Baca juga artikel terkait FITUR GOOGLE atau tulisan menarik lainnya Abraham William
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Abraham William
Penulis: Abraham William
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight