Amankan Kampanye Akbar Jokowi, Polri Kerahkan 40 Ribu Personel

Oleh: Adi Briantika - 12 April 2019
Kampanye akbar Jokowi-Maruf pada Sabtu (13/4/2019) akan dijaga oleh 40 ribu personel gabungan.
tirto.id - Polda Metro Jaya menyatakan pegamanan kampanye akbar Jokowi-Ma'ruf di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), pada Sabtu besok, akan melibatkan 40 ribu personel gabungan.

"Kami mengerahkan 40 ribu personel gabungan dari TNI, Polri, Pemda dan ada sebagian dari ormas seperti FBR, LMP, PP, Banser, dan sebagainya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Jumat (12/4/2019).

Dia menambahkan peserta kampanye itu dapat memasuki SUGBK melalui pintu nomor 2, 5, 6, 7, 10, dan 11. Sementara pintu nomor 3, 4, 8, 9, dan 13 di SUGBK akan ditutup.

Sedangkan Jokowi-Ma'ruf dan para undangan VVIP, menurut Argo, akan memasuki SUGBK melalui pintu pintu nomor 1.

Kepolisian juga telah menyiapkan area parkir di sekitar lokasi serta menerapkan rekayasa lalu lintas di hari kampanye berlangsung.

“Lokasi parkir pribadi dalam GBK ada di parkir kolam renang akuatik, lapangan ABC, lapangan soft ball," ujar Argo.


Masyarakat dari luar Jakarta, kata Argo, yang akan hadir juga diberikan pengawalan khusus untuk masuk ke area GBK. Massa akan dikawal masing-masing ke parkiran di sisi timur utara dan sisi timur selatan.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowio-Ma'ruf mengklaim akan ada minimal 400 ribu pendukung paslon 01 yang datang ke Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto menyatakan perkiraan massa 400 ribu itu didapat dari pengerahan 10 partai koalisi. Jika ditambah dengan penampil dan pengisi acara, maka perkiraan Hasto jumlah pendukung mencapai 500 ribu orang.

"Partai politik minimum, minimum saja itu 400 ribu. Dan semua datang dengan warna partai masing-masing," kata dia, di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis kemarin.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Politik)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Addi M Idhom