3.162 Polisi Kawal Aksi Solidaritas Palestina di Kedubes AS

Oleh: Adi Briantika - 21 Mei 2021
Selain di Kedutaan Besar Amerika Serikat, polisi juga berjaga di kawasan Istana Negara dan Kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
tirto.id - Aksi solidaritas mendukung Palestina akan digelar di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Polda Metro Jaya mengerahkan personel yang mencapai 3.162.

"Totalnya ada 3.162 personel terkait pengamanan demo hari ini yang menyangkut masalah Palestina," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus saat dihubungi, Jumat (21/5/2021).

Selain di Kedutaan Besar Amerika Serikat, polisi juga berjaga di kawasan Istana Negara dan Kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Di Kedubes Amerika ada 906 personel pengamanan dan cadangan 1 SSK Brimob," imbuh Yusri. Dia mengingatkan agar tak terlalu banyak massa yang ikut serta, pun datang, demonstran harus memenuhi protokol kesehatan.

Salah satu massa yang akan turun ke jalan yakni Aqsa Working Group. Mereka akan beraksi usai salat Jumat, dan mulai berkumpul di sekitar Stasiun Gambir.

Perkembangan terakhir dari konflik Israel dan Palestina adalah adanya gencatan senjata yang disepakati Israel dan Hamas.

Ekskalasi konflik Israel dan Palestina terus memanas. Korban sipil, terutama dari pihak Palestina, terus berjatuhan. Per 16 Mei lalu sebanyak 181 warga Palestina, di antaranya anak-anak dan perempuan, dan 9 warga Israel, tewas. Sementara 1.200 orang dilaporkan terluka.



Baca juga artikel terkait DEMO PALESTINA atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Bayu Septianto
DarkLight