3 Sekolah di DKI Tunda Uji Coba Belajar Tatap Muka karena COVID-19

Oleh: Riyan Setiawan - 16 Juni 2021
Dibaca Normal 1 menit
Tiga sekolah itu yakni SDN Kenari 08 Jakpus, SMA MH Thamrin dan Madrasah Ibtidaiyah Rumah Pendidikan Islam (RPI) Kuningan.
tirto.id - Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta menunda uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) selama pandemi COVID-19 di tiga sekolah. Penundaan dilakukan lantaran terdapat tenaga pengajar dan kepala sekolah yang positif COVID-19 hingga berada di zona merah.

Kepala Sub Bagian Humas Disdik DKI Jakarta, Taga Radja Gah mengatakan sekolah pertama yaitu SDN Kenari 08 Jakarta Pusat, di mana Guru dan Kepala Sekolah dinyatakan positif COVID-19.

"Jadi terpaparnya itu waktu gurunya pulang kampung, waktu libur. Kalau kepsek kenanya waktu di rumahnya. Sehingga tidak ada interaksi di sekolah. Kepseknya isolasi mandiri, gurunya juga," kata Taga kepada wartawan, Rabu (16/6/2021).

Kasus tersebut ditemukan sebelum uji coba PTM pada 9 Juni lalu. Berdasarkan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) gedung yang terdapat kasus COVID-19 tidak banyak hanya perlu ditutup selama tiga hari.

"Tanggal 9 mulai kan tuh, berarti 9,10, 11, tiga hari ditutupnya," ucapnya. Saat ini, SDN Kenari 8 Jakpus melanjutkan kembali uji coba PTM.

Kemudian sekolah kedua yakni SMA MH Thamrin karena sekolah berada di zona merah. Berdasarkan hasil pertimbangan kelurahan, ketua lingkungan sekitar dan sekolah akhirnya diputuskan untuk menunda kegiatan PTM.

"Jadi kalau MH Thamrin tetap [Ditunda PTM], karena masih tinggi kan COVID-19 nya," ucapnya.

Sekolah ketiga yakni Madrasah Ibtidaiyah Rumah Pendidikan Islam (RPI) Kuningan, Jakarta Selatan. Sekolah ini tidak menyelenggarakan uji coba PTM karena belum mendapat izin dari wali murid meski sekolahnya telah lolos penilaian teknis dan pelatihan guru serta tenaga pendidikan.

"Kalau Madrasah memang kan orang tuanya belum mengizinkan," imbuhnya.

Selain itu, uji coba PTM di satu sekolah ditunda karena tengah menggelar penilaian akhir tahun (PAT) secara daring. Sekolah tersebut yakni Jakarta International School (JIS).

"Kalau yang JIS ini apakah masih berlangsung PAT, saya juga belum ada info. Karena kalau PAT biasanya dua minggu tuh," kata dia.

Uji coba pembelajaran tatap muka tahap dua digelar DKI Jakarta untuk periode 9-26 Juni 2021. Uji coba tersebut digelar oleh 226 sekolah yang lulus asesmen dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta dan Satgas COVID-19 DKI Jakarta.


Baca juga artikel terkait SEKOLAH TATAP MUKA 2021 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Pendidikan)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight