25 Pemimpin Negara Ucapkan Selamat ke Jokowi-Ma'ruf Usai Menang

Oleh: Riyan Setiawan - 18 April 2019
25 pemimpin negara-negara dunia atas kemenangan Pilpres 2019 dan terselenggaranya Pemilu 2019 serentak.
tirto.id - Sebanyak 25 pemimpin negara dunia telah menyampaikan ucapan selamat atas kemenangan Jokowi-Ma'ruf dalam Pilpres 2019.

"Tadi siang, kami telah terima telpon dari Perdana Menteri Malaysia Mahathir bin Mohammad, dan juga Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, dan Prresiden Turki Recep Tayyip Erdoga. Juga 22 negara lainnya," ujar dia, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2019).

Jokowi pun mengatakan ucapan dari 25 negara tersebut sangatlah spesial. "Semuanya spesial," ucap dia.


Selain itu, capres petahana itu mengatakan 25 negara tersebut juga memberikan selamat atas terselenggaranya pesta demokrasi Pemilu 2019 yang digelar serentak.

"Beliau [pemimpin negara] mengucapkan selamat untuk seluruh masyarakat Indonesia dan juga Jokowi-Amin atas keberhasilan pemilu 17 April kemarin," kata dia.

Menurut Jokowi, apresiasi pemimpin negara-negara kepada Indonesia, karena mampu menyelenggarakan pemilu di berbagai TPS yang tersebar pada 17.000 pulau dan sekitar 800.000 TPS di dalam negeri.

"Ini sebuah pemilu yang sangat besar, kalau negara lain lihat, itu sangat kagum. Dan tingkat partisipasi yang hampir 81 persen, itu juga sesuatu yang sangat tinggi sekali," kata Jokowi.

Menurut Jokowi berdasar hasil hitung cepat 12 lembaga survei, paslon 01 ini memperoleh suara 54,5 persen, sedangkan Paslon 02, Prabowo-Sandi 45,5 persen.

Menurut dia, quick count dibuat secara ilmiah. Berdasar pengalaman Pemilu 2014 silam, Jokowi menilai tingkat akurasinya mencapai 99 persen hampir sama dengan real count.

"Namun demikian, kita harus tetap sabar tunggu hasil hitung resmi dari KPU. Penghitungan resmi dari KPU, yang kita harapkan secepatnya bisa diselesaikan," kata dia.



Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Zakki Amali