11 Jenis Buah Rendah Gula: Lemon, Stroberi, Alpukat hingga Semangka

Oleh: Cornelia Agata Wiji Setianingrum - 11 Mei 2020
Dibaca Normal 2 menit
Jenis buah yang rendah kandungan gula: mulai dari lemon, stroberi, alpukat, persik, hingga semangka.
tirto.id - Mengontrol asupan gula yang masuk dalam tubuh merupakan salah satu cara menjaga tubuh tetap dalam kondisi sehat.

Dilansir dari Medical News Today, mengurangi kadar gula dalam tubuh dapat membantu seseorang terhindar dari risiko terkena beberapa penyakit seperti:

  • Obesitas dan sindrom metabolik
  • Penyakit jantung
  • Diabetes tipe 2
  • Tekanan darah tinggi
  • Kolesterol tinggi
  • Peradangan kronis
  • Penyakit hati berlemak nonalkohol
  • Plak dan rongga gigi

Mengontrol asupan gula bukan berarti tidak mengonsumsi gula sama sekali karena gula diperlukan tubuh untuk memberi kekuatan saat beraktifitas, tetapi tetap perlu memperhatikan jenis gula dan besaran konsumsinya.

Salah satunya dengan memilih jenis makanan yang mengandung gula alami, serta jangan terlalu banyak mengonsumsi gula tambahan yang ada dalam makanan instan.

Buah merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung gula alami namun tetap mengandung banyak vitamin dan mineral bagi tubuh yang baik untuk dikonsumsi.

Semua buah memang mengandung lebih banyak vitamin, mineral, dan serat dibandingkan dengan makanan ringan olahan bergula.

Makanan yang mengandung serat juga dapat memperlambat pencernaan sehingga mencegah pelonjakan kadar gula.


Jenis Buah Rendah Gula


Karenanya, perlu memilih jenis buah yang rendah gula dan mengandung banyak serat. Ada beberapa jenis buah rendah gula yang baik dikonsumsi seperti dilansir dari Healthline yaitu:

1. Lemon

Lemon merupakan salah satu buah yang mengandung Vitamin C tinggi. Apabila tidak menyukai keasaman lemon, maka bisa menggantinya dengan jeruk nipis.

Selain mengandung banyak vitamin C, lemon dan jeruk nipis juga memiliki kadar gula yang rendah. Lemon bisa dikonsumsi dengan mencampurkan segelas air hangat, dan baik diminum pada pagi hari.

2. Raspberry

Raspberry bisa dijadikan pilihan buah yang rendah gula, tetapi tetap dapat memenuhi kebutuhan serat dan vitamin. Bisa juga mengombinasikan buah raspberry dengan satu gelas teh hangat.

3. Stroberi

Stroberi menjadi salah satu buah yang sangat rendah gula, namun tetap memiliki rasa manis dan lezat.

Satu cup stroberi yang dikonsumsi dengan cara mentah, mengandung sekitar tujuh gram sumber gula, dan dilengkapi dengan vitamin C untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian.

4. Blackberry

Keluarga berry yang satu ini juga memiliki kandungan gula yang rendah. Satu cup blackberry memiliki tujuh gram sumber gula yang baik bagi tubuh.

Selain kandungan gula yang rendah, blackberry juga mengandung antioksidan dan serat yang tinggi.

5. Kiwi

Kiwi bisa menjadi salah satu pilihan menu makanan sehat yang rendah gula namun tetap mengandung banyak Vitamin yang baik bagi tubuh.


6. Grapefruit

Grapefruit merupakan salah satu jenis jeruk yang sering disebut jeruk bali. Meskipun grapefruit tidak terasa semanis anggur, tetapi jeruk bali tetap memiliki kandungan gula dan vitamin yang baik bagi tubuh.

7. Alpukat

Alpukat juga bisa menjadi pilhan menu konsumsi buah yang rendah gula. Pada alpukat mentah, hanya didapatkan sekitar satu gram gula sehingga tidak berlebihan bila dikonsumsi.

Selain rendah gula, alpukat juga mengandung lemak sehat, yang akan membantu tetap merasa kenyang sehingga terhindar dari mengonsumsi makanan berlebih.

8. Semangka

Semangka merupakan salah satu buah yang mengandung banyak air namun rendah gula. Meski rendah gula, semangka tetap memiliki rasa manis.

Bagi yang sedang diet, semangka juga menjadi pilihan buah yang tepat untuk mengontrol asupan gula, namun juga tetap memperoleh vitamin dan juga mendapatkan asupan zat besi dari semangka.

9. Blewah

Blewah memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Secangkir buah menyerupai melon ini mengandung kurang dari 13 gram sumber gula terpercaya.

Jumlah ini mungkin sedikit lebih tinggi dari buah-buahan lainnya, tetapi perlu diingat bahwa sekaleng soda berukuran 12 ons saja memiliki hampir 40 gram gula, dan nilai gizinya sangat sedikit.

10. Jeruk

Jeruk adalah salah satu buah yang bisa dijadikan camilan manis namun tetap rendah kalori dan gula. Jeruk juga dapat meningkatkan asupan Vitamin C bagi tubuh.

11. Persik

Persik menjadi salah satu buah yang memiliki rasa sangat manis, tetapi memiliki kandungan gula yang sedikit, yaitu 13 gram gula dalam satu buahnya.

Kesebelas buah di atas memang baik dan memiliki kadar gula yang rendah namun harus tetap memperhatikan jumlah konsumsi agar tidak berlebih dan menimbulkan berbagai masalah kesehatan lainnya.


Baca juga artikel terkait BUAH RENDAH GULA atau tulisan menarik lainnya Cornelia Agata Wiji Setianingrum
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Penulis: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight