Update Liga 1 2020: PSSI Tetap Bolehkan Klub Potong Gaji Pemain

Oleh: Hendi Abdurahman - 29 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
PSSI mempersilakan klub untuk memangkas gaji pemain dan pelatih di Liga 1 2020 sesuai dengan kesepakatan.
tirto.id - Kompetisi Liga 1 2020 bakal dilanjutkan mulai Oktober mendatang sebagaimana keputusan PSSI dalam Surat Keputusan bernomor SKEP/53/VI/2020. Selain itu, organisasi tertinggi sepak bola Indonesia itu juga mempersilakan klub untuk memangkas gaji pemain dan pelatih sesuai dengan kesepakatan.

Seperti diwartakan Antara, PSSI membolehkan klub-klub Liga 1 menggaji pemain dan pelatih 50 persen dari nilai kontrak. Sementara untuk klub Liga 2 yakni 60 persen dari nilai kontrak, atau minimal di atas upah minimum regional yang berlaku di tempat masing-masing klub.

“Jadi silakan klub serta pelatih dan pemain berdiskusi. Situasi pandemi membuat pemasukan klub tidak seperti biasa, seperti kemungkinan tidak ada penonton di stadion,” ucap Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, Minggu (28/6).

Keputusan tersebut, kata Iriawan, telah didiskusikan dengan berbagai pihak, di antaranya Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI), serta Asosiasi Pelatih Sepakbola Seluruh Indonesia (APSSI).

Sebelumnya, PSSI dalam surat keputusan bernomor SKEP/48/III/2020 sempat mengeluarkan kebijakan untuk mempersilakan klub Liga 1 dan Liga 2 memotong gaji pemain dan pelatih maksimal 25 persen dari Maret hingga Juni 2020.

Kendati demikian, Surat Keputusan terbaru yang dikeluarkan PSSI menimbulkan kekosongan aturan untuk gaji bulan Juli hingga Agustus 2020 apabila kompetisi baru dilanjutkan Oktober.

PSSI menyerahkan sepenuhnya perihal gaji dalam rentang waktu tersebut pada kebijakan klub untuk berkoordinasi lebih lanjut.


Klub Liga 1 Bersiap Latihan

Keputusan PSSI untuk melanjutkan kompetisi pada Oktober menuai respons dari beberapa klub Liga 1. Salah satunya, yakni Persib Bandung yang bergerak cepat melakukan rapat guna membahas jadwal latihan.

Dalam pertemuan yang digelar Senin (29/6/2020), tim Maung Bandung diagendakan bakal mulai berlatih pada awal Juli 2020 yang bertempat di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

“Hari ini kami baru saja menggelar rapat untuk melihat kemungkinan kami kembali berlatih. Apa saja yang kita butuhkan, karena dalam situasi saat ini, kesehatan adalah yang utama. Saat ini, kami menargetkan untuk kembali ke lapangan pada Senin pekan depan di Stadion GBLA,” kata pelatih Persib, Robert Alberts.

Persib juga dijadwalkan balak melakukan tes kesehatan kepada seluruh pemain, pelatih, dan ofisial tim untuk memastikan seluruh skuad negatif COVID-19.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2020 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight