Daftar 6 Stadion Piala Dunia U20 2021 yang Diajukan PSSI ke FIFA

Oleh: Hendi Abdurahman - 28 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
PSSI mengajukan daftar 6 stadion yang bakal dijadikan tempat digelarnya Piala Dunia U20.
tirto.id - PSSI menetapkan enam stadion yang bakal diajukan kepada FIFA sebagai venue Piala Dunia U20 2021. Keenam stadion tersebut yakni SUGBK (Jakarta), Stadion si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Manahan (Solo) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Salah satu alasan yang dikemukakan Moch. Iriawan selaku ketua PSSI, dengan terpilihnya keenam stadion terpilih adalah perihal pengalaman dalam menggelar pertandingan internasional.

Dalam rapat yang dihelat secara virtual, Jumat (26/6) sejumlah pihak seperti Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian PUPR, dan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, serta Sekretariat Kabinet ikut dilibatkan.

“Kami telah melakukan meeting yang penting bagi PSSI terkait persiapan Piala Dunia U20 2021 bersama beberapa Kementerian. Banyak hal yang dibahas pada rapat kali ini, seperti mengenai pemilihan enam stadion yang akan menjadi venue tuan rumah dan mengenai struktur kepanitiaan,” kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

PSSI pun berharap, infrastruktur keenam stadion segera disempurnakan sesuai dengan standar FIFA. Apalagi, FIFA bakal datang pada September atau Oktober 2020 mendatang untuk melakukan inspeksi terhadap persiapan, khususnya mengenai stadion.

“Semoga pertemuan ini akan ada follow up-nya lagi dan memang tadi kami sudah meminta kepada beberapa Kementerian agar bisa menerima kami untuk melakukan audiens atau pertemuan,” tambah Yunus Nusi.

Di tengah pandemi COVID-19, pemerintah tetap mendukung penyelenggaraan Piala Dunia U20 2021 agar berjalan sukses. Sebagaimana diwartakan Antara, Kemenpora telah menyiapkan anggaran sebesar Rp400 miliar untuk penyelenggaraan, dan Rp100 miliar untuk persiapan timnas.

Kendati demikian, PSSI dilaporkan belum memberikan proposal anggaran kepada Kemenpora dengan alasan masih adanya penyesuaian dalam beberapa hal.

“Memang indeks yang ada di kami dan Kemenpora berbeda sehingga setelah kami tanyakan ke Kesekjenan Keuangan memang ada yang harus direvisi,” ucap Moch. Iriawan dalam jumpa pers seperti dikutip Antara, Jumat (26/6) malam.

Sebelumnya, PSSI mengajukan 11 stadion sebagai venue Piala Dunia U20 2021. Dengan terpilihnya enam stadion, maka lima stadion lain yakni Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Wibawa Mukti (Bekasi), Stadion Utama Riau (Pekanbaru), dan Stadion Patriot Chandrabhaga (Bekasi) dipastikan tidak digunakan.

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA U20 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Agung DH
DarkLight