Update Kasus Positif Corona Covid-19 di Jateng 30 Maret 2020

Oleh: Yantina Debora - 30 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Udpate data terkini terkait kasus positif corona Covid-19 di Jawa Tengah.
tirto.id - Kasus virus corona Covid-19 yang terkonfirmasi positif di wilayah Jawa Tengah mencapai 63 orang, menurut data Dinas Kesehatan Jawa Tengah di corona.jatengprov.go.id, Senin (30/3/2020) pukul 08.00 WIB.

Dari 63 kasus tersebut, terdapat 7 kasus meninggal dan 2 orang berhasil sembuh, sehingga warga yang positif Covid-19 tersisa 54 orang yang sedang dirawat.

Pasien COvid-19 itu dirawat di RSUP Dr. Kariadi Semarang (12 pasien), RSUD K.R.M.T Wongsonegoro Semarang (5 pasien), RSUD Dr. R. Goeteng T Purbalingga (4 pasien), RSUD Banyumas (3 pasien), RSUD Tidar Kota Magelang (3 pasien).

Selanjutnya, RSUD Dr. Moewardi Solo (2 pasien), RSU Telogorejo Semarang (2 pasien), RSUD Prof. Dr. Margono Banyumas (2 pasien), RS Tugurejo Semarang (1 pasien), RSUD Setjonegoro Wonosobo (1 pasien) dan RSUD Kraton Pekalongan (1 pasien).

Ada juga yang dirawat di RSUD Dr. Soediran MS Wonogiri (1 pasien), RSUD Cilacap (1 pasien), RS Hermina Banyumas 91 pasien), RSU dr. Soedjono Magelang (1 pasien).

Sementara ada juga 12 pasien yang isolasi mandiri (RSUP Dr. Kariadi Semarang), 1 pasien isolasi mandiri (RS Tugurejo Semarang) dan 1 pasien isolasi mandiri (RSU Telogorejo Semarang).

Dua orang yang sembuh adalah pasien yang dirawat di RSUD Dr. Moewardi Solo dan RSU Telogorejo Semarang. Sedangkan 7 kasus meninggal terjadi di RSUD Dr. Moewardi Solo, RSUP Dr. Kariadi Semarang dan RSU dr. Soedjono Magelang.

Kasus ODP atau Orang Dalam Pemantauan di Jateng mencapai 7.589 dan PDP atau Pasien Dalam Pengawasan mencapai 398 pasien yang dirawat.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengimbau agar Hubungi nomor layanan COVID-19 di (024) 3580713 atau 082313600560 untuk mendapatkan penanganan jika mengalami gejala mirip Covid-19.

Orang yang terinfeksi memiliki gejala seperti demam, batuk, dan kesulitan bernafas. Gejala dapat berkembang menjadi pneumonia berat.

Anda yang memiliki gejala mirip Covid-19 juga diimbau untuk mengenakan masker agar tidak menularkan ke orang lainnya.

Bagi warga lainnya yang tak memiliki gejala mirip corona juga diimbau untuk melindungi diri dengan menerapkan Bersihkan benda yang sering disentuh, Konsumsi makanan bergizi dan berolahraga dan cuci tangan dengan sabun.

Deteksi Mandiri Cepat Covid-19

Deteksi Mandiri Cepat Covid-19 merupakan salah satu cara untuk mengetahi apakah Anda memiliki gejala yang memerlukan pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut mengenai Covid-19 atau tidak.

Cara melakukan deteksi dini ini dengan membuka website corona.jatengprov.go.id. Pilih Cek Kondisi Sekarang.

Terdapat 8 pertanyaan seputar Covid-19, mulai dari gejalan yang dirasakan, riwayat kontak dan riwayat mobilitas.

Riwayat kontak artinya melakukan kontak fisik, atau berada dalam satu ruangan, atau berkunjung (berada dalam radius 1 meter dengan kasus pasien dalam pengawasan, probable atau konformasi) dalam 2 hari sebelum kasus timbul gejala dan hingga 14 hari setelah kasus timbul gejala. Setelah mengisi, klik Cek Status.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight