Menuju konten utama

Tips Transaksi Aman Menggunakan Internet Banking BNI

BNI Internet Banking adalah fasilitas layanan untuk nasabah BNI melalui jaringan internet.

Tips Transaksi Aman Menggunakan Internet Banking BNI
Nasabah BNI mengecek adanya bukti transaksi pembayaran atau potongan "Tunggakan by rek" sebesar Rp1000 melalui SMS Banking BNI di Jakarta, Kamis (20/10/2017). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

tirto.id - Internet banking saat ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk melakukan transaksi. Bank-bank di Indonesia sebagian besar sudah menyediakan layanan internet banking, misalnya BNI yang mempopulerkan fitur internet banking pada 2013.

BNI Internet Banking adalah fasilitas layanan untuk nasabah BNI melalui jaringan internet. Informasi finansial yang ditampilkan di BNI Internet Banking adalah data terkini yang terdapat pada sistem Online BNI.

Dikutip dari situs web BNI, ada beberapa fitur Internet Banking, salah satunya transfer terjadwal dan berulang, yang digunakan pada tiap bulan misalnya membayar cicilan properti, mengirim uang, mau pun sumbangan kepada panti sosial dan lain-lain.

Internet banking juga bisa digunakan untuk mutasi transaksi hingga 6 bulan terakhir. Mutasi rekening adalah semua catatan yang terjadi di rekening kita baik catatan keluar dan masuknya.

Selain itu internet banking juga bisa untuk membuka berbagai macam rekening seperti Deposito/Taplus/Tapenas. Fitur lain berupa personalisasi beranda, m-secure atau aplikasi token di smartphone, akses versi mobile serta berbagai layanan lainnya yang dapat diakses di mana pun dan kapan pun.

Berikut transaksi yang bisa dilakukan di internet banking.

1. Transaksi Non-Finansial:

  • Cek Saldo.
  • Cek dan Cetak mutasi transaksi.
  • Cek dan Cetak 10 transaksi terakhir.
  • Personalisasi untuk ubah preferensi tampilan (halaman awal).
  • Secured e-Mail.
  • Simulasi Perencanaan Dana.
  • Simulasi Pengembangan Dana.
  • Simulasi Perencanaan Anggaran.
2. Transaksi Finansial:

  • Transfer Antar-BNI, Antar-Bank Dalam Negeri (via Jaringan ATM Bersama/LINK atau Kliring atau RTGS).
  • Transfer terjadwal dan rutin sesuai dengan waktu yang diinginkan.
  • Pembayaran Tagihan (Kartu kredit, Listrik PLN, Telepon/HP, TV Berlangganan, Internet Speedy, angsuran pinjaman, dan lain-lain).
  • Pembayaran Pajak PBB, Biaya pendidikan, ZIS & Kurban.
  • Pembelian Isi Ulang Pulsa handphone (Telkomsel voucher, Indosat Voucher, XL Voucher, SmartFren, Esia, Flexi, 3/Three,Axis).
  • Pembelian Tiket Pesawat (Garuda, Air Asia, Lion Air).
  • Pembukaan Deposito.
Selain itu, ada fitur Pengelolaan Finansial Pribadi di BNI Internet Banking yang memungkinkan pelanggan untuk membuat perencanaan keuangan sesuai kebutuhan lengkap dengan penjadwalan setoran secara otomatis, serta memungkinkan juga untuk memantau cash flow dan trend pengeluaran/pemasukan dana dalam bentuk grafik.

Akan tetapi tidak semua jenis rekening dapat diakses. Rekening yang dapat diakses adalah Tabungan (BNI Taplus, BNI Taplus Bisnis, BNI Taplus Muda, BNI Taplus Anak, BNI Tapenas, BNI Taplus Anggota), BNI Giro Perorangan (Rupiah ataupun valas), BNI Deposito (Rupiah) dan Rekening Pinjaman Perorangan dengan syarat memiliki Customer Information File yang sama.

Cara Bertransaksi Aman dengan BNI Internet Banking

  • BNI e-Secure/m-Secure hanya digunakan untuk aktivitas transaksi finansial atau perubahan data. BNI tidak pernah meminta melakukan sinkronisasi BNI e-Secure/m-Secure di layar BNI Internet Banking Nasabah.
  • Untuk mengantisipasi kasus penipuan dalam bentuk malware, STOP/HENTIKAN transaksi apabila pengguna diminta menginput PIN BNI e-Secure/m-Secure di luar kebiasaan bertransaksi dengan BNI Internet Banking dan segera hubungi BNI Call di 1500046 atau 68888 melalui handphone.
  • Pastikan komputer yang digunakan bersih dari malware, virus/worm, trojan atau spyware. Hindari mengakses BNI Internet Banking dari warnet atau jaringan/komputer yang tidak dapat dipastikan keamanannya.
  • Hindari membuka attachment email dari pengirim yang tidak dikenal atau download content tidak resmi maupun akses ke situs-situs dewasa yang berpotensi untuk menularkan malware, virus/worm, trojan atau spyware ke perangkat komputer maupun tablet/smartphone.
  • Pastikan mengakses BNI Internet Banking melalui alamat resmi situs BNI Internet Banking di www.bni.co.id dan klik tombol login, atau langsung ke halaman login BNI Internet Banking di https://ibank.bni.co.id atau dari menu bookmark/favourite di browser.
  • Waspadai upaya penipuan dari oknum yang mengatasnamakan petugas bank/petugas BNI melalui telepon, fax atau email yang menanyakan data pribadi termasuk password Internet Banking, PIN BNI e-Secure/m-Secure, dan One Time Password (OTP) yang terkirim via SMS/E-mail, karena petugas BNI tidak akan meminta atau menanyakan hal tersebut.
  • Gunakanlah fasilitas virtual keyboard saat mengetik password untuk menghindari tindak kejahatan pencurian informasi (keylogger).
  • Pada saat melakukan transaksi transfer, pastikan nama dan nomor rekening tujuan penerima telah sesuai.
  • Pastikan log out saat meninggalkan komputer Anda, meskipun hanya sesaat.
  • Jaga kerahasiaan password BNI Internet Banking dan PIN BNI e-Secure dan lakukan penggantian password BNI Internet Banking secara berkala.
  • Apabila menemukan hal yang tidak biasa saat mengakses halaman web BNI Internet Banking, segera hentikan transaksi dan hubungi BNI Call di 1500046 atau 68888.

Baca juga artikel terkait PERBANKAN atau tulisan lainnya dari Dipna Videlia Putsanra

tirto.id - Ekonomi
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH