Tips dan Bagaimana Cara Mengurangi Gangguan Perut Kembung

Kontributor: Dwi Nursanti, tirto.id - 4 Mei 2022 20:45 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Kenali berbagai penyebab gangguan perut kembung, lalu simak tips dan cara mengatasinya.
tirto.id - Perut kembung merupakan gangguan yang relatif sering dialami banyak orang tanpa mengenal batasan usia. Jika kembung terjadi secara berlebih, kondisi tersebut tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kembung atau flatulence sebenarnya merupakan istilah medis untuk menggambarkan kondisi gas yang terkumpul dalam sistem pencernaan. Situs Healthline menyebut kembung sebagai hal yang normal akibat proses pencernaan makanan.

Namun demikian, kondisi kembung berlebih yang bisa mengganggu aktivitas harian merupakan masalah yang perlu dicegah dan segera diatasi


Setidaknya terdapat 3 kemungkinan yang bisa menjadi penyebab perut kembung, seperti: hasil sisa proses pencernaan, terlalu banyak makan angin (menelan udara), atau karena efek penyakit.



Penyebab dan Cara Mengurangi Perut Kembung


1. Kembung Karena Makanan

Gas akan muncul di dalam perut ketika sistem pencernaan tengah memecah makanan yang kita konsumsi. Hal ini tergolong wajar dalam proses pencernaan makanan.

"Setelah makan, bakteri memfermentasi makanan terutama karbohidrat dan [kemudian] menghasilkan berbagai produk samping dan gas seperti metana, hidrogen, dan hidrogen sulfida," terang ahli gastroenterologi dari Cedars-Sinai, Dr. Ali Rezaie, via Antara.

Dan perlu diketahui, ada sejumlah makanan yang dapat meningkatkan kadar gas di dalam perut, antara lain: kacang, kubis, brokoli, asparagus, susu, bawang, pir, terigu, kacang polong, kentang, jagung, kismis, apel. Juga makanan tinggi fruktosa atau sorbitol seperti jus buah, termasuk pula permen bebas gula

Untuk mencegah perut kembung akibat makanan, sebaiknya hindari bahan pangan yang berpotensi meningkatkan kadar gas dalam tubuh.


2. Kembung Karena Terlalu Banyak Menelan Udara

Munculnya gas dalam perut penyebab kembung juga sangat mungkin terjadi karena menelan banyak udara. Adapun berbagai aktivitas yang tanpa sadar dapat menyebabkan kita menelan banyak udara, antara lain seperti:
  • Mengunyah permen karet
  • Merokok
  • Memakai gigi palsu longgar
  • Minum minuman berkarbonasi
  • Makan atau minum yang terlalu cepat
Untuk menghindari atau mencegah kondisi perut kembung berlebih, sebaiknya perhatikan hal-hal di atas.


3. Gas Karena Penyakit

Gas penyebab kembung juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan, seperti: sembelit, diabetes, gangguan makan, sindrom dumping dan gerd, serta iritasi usus besar. Untuk mencegah kembung akibat masalah kesehatan, terdapat sejumlah cara yang bisa dilakukan.

Memperbanyak minum air putih bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi sehingga terhindar dari risiko sembelit. Selain itu, mengkonsumsi minuman probiotik dapat melancarkan kinerja saluran pencernaan. Namun hal ini sebaiknya tetap diimbangi dengan aktivitas olahraga teratur.

Adapun hal penting lainnya adalah menjaga postur tubuh. Duduk dengan tegak diketahui membantu tubuh lebih mudah membuang gas yang berada di perut.

Baca juga artikel terkait PERUT KEMBUNG atau tulisan menarik lainnya Dwi Nursanti
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Dwi Nursanti
Penulis: Dwi Nursanti
Editor: Oryza Aditama

DarkLight