TikTok Rilis Fitur Family Pairing, Orang Tua Bisa Kelola Akun Anak

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 27 April 2020
Dibaca Normal 2 menit
Dalam fitur Family Pairing tersebut, para orang tua dimungkinkan untuk terhubung dengan akun TikTok anak remajanya.
tirto.id - Aplikasi dengan fitur video sharing TikTok kian populer di masa pandemi COVID-19 ini. Tidak sedikit masyarakat termasuk remaja, orang dewasa, orang tua, bahkan anak-anak yang membuat konten video kreatif di TikTok saat di rumah saja.

Sementara itu, melihat anak yang bebas bermain sosial media termasuk TikTok, tentu saja sedikit membuat khawatir. Namun, untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat mengaktifkan fitur Family Pairing di dalam aplikasi TikTok yang dapat digunakan untuk mengontrol akun anak secara lebih baik.

Family Pairing memungkinkan orang tua untuk menyesuaikan pengaturan keselamatan anak remaja mereka berdasarkan kebutuhan individu,” tulis bagian Kepercayaan dan Keamanan TikTok Jeff Colilins dalam siaran resminya.

“Ini adalah bagian dari kerja kami yang berkelanjutan untuk memberikan orang tua kemampuan yang lebih baik dalam memandu pengalaman anak saat online, sembari memberikan waktu untuk mendidik tentang keamanan online,” lanjutnya.

Fitur Family Pairing akan dirilis dalam beberapa minggu ke depan di Indonesia, sehingga para orang tua dapat mengaplikasikan pengaturan keamanan berdasar kebutuhan masing-masing.

Tidak hanya itu, dengan melengkapi kinerja platform dan akses yang lebih baik pada fitur produk, para pengguna TikTok juga dapat mengembangkan literasi digitalnya.

Dalam fitur Family Pairing tersebut, para orang tua dimungkinkan untuk terhubung dengan akun TikTok anak remajanya dan dapat menerapkan tiga aturan penting sebagai berikut:
  • Manajemen Waktu Layar
Dalam hal ini, para orang tua dapat mengatur berapa lama anak remaja dapat menghabiskan waktu dalam mengenakan aplikasi TikTok setiap harinya.
  • Mode Terbatas
Mode ini membatasi tampilan konten yang barangkali tidak pantas untuk semua penonton. Namun, tanpa mengaktifkan fitur Family Pairing, orang tua tetap dapat membantu anak remaja mengatur Manajemen Waktu Layard an Mode Terbatas dengan mengunjungi menu kontrol Digital Wellbeing di aplikasi TikTok kapan saja.
  • Pesan Langsung
Dalam hal ini, para orang tua dapat membatasi siapa saja yang dapat mengirim pesan kepada akun anak, atau mematikan Pesan Langsung seluruhnya.

Dengan mengutamakan keamanan, TikTok menuliskan bahwa mereka memiliki banyak kebijakan dan kontrol untuk fitur perpesanan. Salah satunya adalah hanya pengikut yang disetujui yang dapat mengirim pesan, dan tidak diperbolehkan gambar atau video dikirim dalam fitur pesan tersebut.

Mulai 30 April esok, TikTok akan meningkatkan perlindungan dan secara otomatis menonaktifkan fitur Pesan Langsung pada akun pengguna di bawah usia 16 tahun.

Di sisi lain, TikTok juga memberikan 10 tips untuk membantu menjaga anak tetap aman saat bermain dan berselancar di TikTok. Berikut di antaranya:

1. Aktifkan kontrol orangtua tingkat perangkat.

TikTok ditujukan untuk pengguna berusia 13 tahun atau lebih. Ini memungkinkan Anda untuk menggunakan kontrol orangtua berbasis perangkat yang disediakan oleh Google dan Apple untuk memblokir aplikasi dari ponsel anak di bawah umur.

2. Setel akun remaja Anda menjadi pribadi.

Secara default, akun profil TikTok dapat diakses oleh siapa saja. Akan tetapi, Anda dapat dengan mudah mengaktifkan akun pribadi dalam pengaturan privasi dan keamanan.

3. Putuskan siapa yang dapat mengikuti Anda.

Bahkan jika anak remaja Anda memiliki akun pribadi, mereka dapat mengelola siapa yang mengikuti akun mereka dengan menghapus pengikut atau memblokir pengguna dan kapan saja, dengan alasan apa pun.

4. Batasi konten yang Anda lihat.

Jika anak remaja Anda menemukan video yang tidak sesuai dengan apa yang ingin mereka tonton, mereka dapat menekan lama pada video itu dan mengetuk 'Tidak Tertarik' untuk melihat lebih sedikit video seperti itu di waktu yang akan datang.

5. Kontrol bagian komentar Anda.

Baik akun pribadi atau publik, anak remaja Anda memiliki kekuatan untuk memutuskan apakah mereka ingin mengizinkan komentar pada video mereka dari semua orang, hanya pengikut, atau membatasi semuanya.

6. Tetapkan preferensi berkirim pesan.

Pesan dapat menjadi cara yang bagus untuk bertukar ide kreatif dengan pengguna lain. Tetapi, di aplikasi TikTok, hanya pengikut anak Anda yang dapat mengirimi mereka pesan pribadi.

Sementara itu, anak Anda dapat berhenti mengikuti atau memblokir pengguna untuk membatasi kemampuan individu mengirim pesan, atau menonaktifkan pengiriman pesan sepenuhnya dari pengaturan privasi mereka.

7. Batasi fitur duet.

Duet bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk membuat video dengan pengguna lain, tetapi anak Anda memiliki kontrol untuk memutuskan siapa yang dapat membuat duet, atau bereaksi terhadap konten mereka.

8. Laporkan apa pun yang melanggar pedoman kami.

Jika anak Anda melihat sesuatu yang mereka yakini melanggar pedoman TikTok, mereka dapat melaporkan konten atau profil langsung dari dalam aplikasi.

9. Beri batas waktu layar.

Screen Time Management menawarkan cara untuk membatasi waktu yang dihabiskan anak remaja Anda pada aplikasi setiap hari.

10. Buat video bersama

TikTok menyenangkan dan mudah digunakan. Bergabunglah dalam tren atau bersenang-senang dengan momen sehari-hari bersama anak.

Membuat konten yang menyenangkan dengan anak Anda bisa menjadi cara yang bagus untuk terlibat dan belajar tentang minat mereka.


Baca juga artikel terkait TIKTOK atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight