UEFA Player of the Year Award

Tiga Besar Pemain Terbaik UEFA 2019-2020 Tanpa Messi & Ronaldo

Oleh: Iswara N Raditya - 24 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Tidak ada nama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dalam daftar tiga finalis Pemain Terbaik UEFA 2019/2020.
tirto.id - Untuk pertama kalinya sejak 2010, tidak ada nama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dalam daftar tiga finalis Pemain Terbaik UEFA. Dalam ajang penghargaan untuk musim 2019/2020, yang menjadi tiga kandidat teratas pesepakbola terbaik di Eropa adalah Kevin De Bruyne, Robert Lewandowski, dan Manuel Neuer.

UEFA Player of the Year Award diberikan kepada pesepakbola yang bermain di Eropa tanpa melihat asal negaranya. Mereka dinilai berdasarkan penampilan sepanjang musim di seluruh ajang, baik domestik maupun internasional bersama klub ataupun tim nasional.

Pengerucutan menjadi tiga finalis merupakan hasil dari penilaian juri. Jajaran juri ini terdiri atas 80 pelatih dari klub yang berpartisipasi dalam babak grup Liga Champions 2019/2020 sebanyak 32 orang dan Liga Eropa sebanyak 48 orang, bersama dengan 55 jurnalis terpilih dari 55 negara anggota UEFA.

Tiga Kandidat Pemain Terbaik UEFA 2019/2020

Dikutip dari website resmi UEFA selaku Konfederasi Sepak Bola Eropa, Kevin De Bruyne masuk dalam deretan teratas lantaran torehan 20 assist dan 13 gol yang dibuatnya untuk Manchester City di Liga Inggris atau EPL Premier League musim lalu.

Kemudian ada Robert Lewandowski yang memang tampil sangat memukau sepanjang musim 2019/2020 kendati agenda sepak bola sempat dihentikan karena pandemi COVID-19. Bomber Polandia milik Bayern Munchen ini melesakkan 55 gol dalam 47 laga, termasuk 15 gol di Liga Champions 2019/2020.

Berikutnya Manuel Neuer yang tidak lain adalah rekan Lewandowski di Bayern Munchen. Kiper utama Timnas Jerman ini hanya sekali absen membela Die Roten dalam perjalanan musim lalu yang membuahkan hasil gemilang. Di Liga Champions 2019/2020, Neuer mencatatkan 6 clean sheet dan membawa klubnya juara.

Neuer dan Lewandowski menuntaskan musim lalu dengan istimewa karena berperan vital mengantarkan Bayern Munchen merengkuh treble winners, yakni juara Bundesliga Jerman, DFB Pokal, dan Liga Champions.

Jerman memang amat perkasa di sepanjang musim 2019/2020. Tiga finalis Pelatih Terbaik UEFA 2019/2020 berasal dari negara tersebut.

Mereka adalah Hansi Flick yang meraih sukses bareng Bayern Munchen, kemudian Jurgen Klopp yang mengawal Liverpool merebut trofi juara Premier League, serta sang kejutan Julian Nagelsmann bersama RB Leipzig.



Tidak Ada Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

Nama Lionel Messi dari Barcelona dan Cristiano Ronaldo yang saat ini memperkuat Juventus menghilang dari daftar 3 besar kandidat Pemain Terbaik UEFA 2019/2020. Padahal, sejak 2010/2011 hingga 2018/2019, salah satu atau kedua pemain ini selalu berada di tiga teratas.

Cristiano Ronaldo yang menjalani karier mengagumkan bersama Manchester United dan Real Madrid sebelum bergabung dengan Juventus sudah 3 kali merengkuh gelar Pemain Terbaik UEFA dan 9 kali masuk nominasi.

Musim 2019/2020, Cristiano Ronaldo ikut mengantarkan Juventus menyabet Scudetto Liga Italia Serie A, namun kalah di final Coppa Italia dari Napoli.

Di Liga Champions, kapten tim nasional Portugal ini tidak mampu membawa Bianconeri melangkah ke perempat final lantaran disingkirkan Lyon di fase 16 besar.

Berikutnya ada Lionel Messi yang memenangi penghargaan ini sebanyak 2 kali dan 6 kali masuk dalam trio kandidat terbaik, semuanya dialami bintang Argentina ini bersama Barcelona, klub yang diperkuatnya sejak remaja hingga kini.

Messi dan Barcelona mengalami musim yang amat buruk pada 2019/2020 lalu. Selain nir gelar, El Blaugrana juga merasakan kekalahan yang amat memalukan dari Bayern Munchen di perempat final setelah dibantai dengan skor telak 2-8.

10 Besar Pemain Terbaik UEFA 2019/2020

Kevin De Bruyne (Manchester City)
Robert Lewandowski (Bayern Munchen)
Manuel Neuer (Bayern Munchen)
Lionel Messi (Barcelona)
Neymar (Paris Saint-Germain)
Thomas Müller (Bayern Munchen)
Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain)
Thiago Alcantara (Bayern Munchen)
Joshua Kimmich (Bayern Munchen)
Cristiano Ronaldo (Juventus)

Baca juga artikel terkait PEMAIN TERBAIK UEFA atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH
DarkLight