Premier League 2019/2020

Pemain Terbaik EPL Liga Inggris 2020: Vardy, De Bruyne, Ederson

Oleh: Gilang Ramadhan - 28 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Jamie Vardy, Kevin de Bruyne, dan Ederson menjadi para pemain terbaik Liga Inggris EPL Premier League 2019/2020.
tirto.id - Kompetisi Liga Inggris 2019/2020 sudah tuntas. Jamie Vardy top skor, Kevin De Bruyne mendapatkan playmaker award, dan Ederson jadi kiper terbaik EPL Premier League musim ini.

Uniknya, tidak ada pemain sang juara Liverpool yang masuk dalam daftar pemain terbaik Premier League 2019/2020. Pilar The Reds macam Mohamed Salah, Sadio Mane, Jordan Henderson, hingga Alisson Becker kalah saing dari rival-rivalnya.

Jamie Vardy Top Skor

Penyerang Leicester City, Jamie Vardy, memenangkan gelar Golden Boot atau top skor kompetisi dengan torehan 23 gol. Ini merupakan gelar pertama Vardy dan gelar kedua bagi penyerang asal Inggris dalam 20 tahun terakhir.

"Jamie telah tampil luar biasa untuk kami, pemain terbaik kami musim ini. Dia tahu dia tidak dapat melakukannya tanpa bantuan rekan satu tim, tetapi dia selalu tahu, dan tim tahu, bahwa mereka tidak dapat melakukannya tanpa Jamie," sebut pelatih Leicester, Brendan Rodger, di situs resmi klub.

"Jadi, 23 gol untuk semua yang dia bawa, saya sangat senang dan tentunya kami semua senang untuknya," imbuh eks manajer Liverpool ini.

Vardy bersaing dengan top skor musim lalu, Pierre-Emerick Aubameyang dari Arsenal, dan bomber Southampton, Danny Ings. Dua stiker ini sama-sama mencetak 22 gol.

Kevin De Bruyne Top Assist

Penghargaan gelandang terbaik EPL 2019/2020 diberikan kepada pemain Manchester City, Kevin De Bruyne. Ia menyamai rekor 20 assist legenda hidup Arsenal, Thierry Henry.

De Bruyne unggul 7 assist dari pesaing terdekatnya, bek Liverpool, Trent Alexander-Arndold. Ini menjadi penghargaan Playmaker Award kedua bagi Kevin.

Pemain tim nasional Belgia tersebut juga menjadi orang pertama di sejarah Premier League yang sanggup menyumbang 15 assist lebih di tiga musim berbeda (16 assist 2017/2018 dan 18 assist 2016/2017).

"Ini sungguh penghargaan yang bagus tetapi saya hanya melakukan pekerjaan saya. Saya sangat beruntung memiliki rekan satu tim yang dapat menyelesaikan umpan-umpan saya. Tanpa mereka saya tidak dapat memilki assist banyak," ungkap De Bruyne dikutip dari web resmi Manchester City.


Ederson Kiper Terbaik

Sementara itu, penghargaan Golden Gloves atau kiper terbaik jatuh kepada rekan satu tim De Bruyne di City, Ederson Moraes. Kiper asal Brasil tercatat 16 kali menjaga gawangnya tak kebobolan.

Ederson sebenarnya memiliki perolehan clean sheet yang sama seperti kiper Burnley, Nick Pope, sebelum memainkan laga pekan terakhir. Kemudian City menekuk 5-0 Norwich, sedangkan Burnley takluk 1-2 dari Brighton.

Ini merupakan penghargaan pertama Ederson setelah pada dua musim sebelumnya selalu menjadi nomor dua.

Pertama, finis di belakang David De Gea pada musim 2017/2018 dan musim lalu tertinggal dari kiper Liverpool yang sekaligus rekan satu timnasnya, Alisson Becker.

"Saya pikir hari ini dia pantas mendapatkannya. Dia membuat dua penyelamatan hebat. Tanpanya itu sungguh mustahil. Fakta baiknya dia menjalani musim baik. Kredit luar biasa untuknya sebagai kier dan kami senang dengan penghargaan ini," kata pelatih City, Pep Guardiola.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Gilang Ramadhan
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight