Tes CPNS Kemenkumham Jatim Dikawal Tentara Pink Ala "Squid Game"

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 21 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
Kanwil Kemenkumham Jawa Timur menghadirkan karakter pink soldier ala "Squid Game" di pelaksanaan SKD hari ke-12.
tirto.id - Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Formasi Penjaga Tahanan dan Pemeriksa Keimigrasian Jawa Timur hari ke-12 Rabu, (20/10) kemarin dilangsungkan dengan cara yang unik dan berbeda.

Kantor Wilayah Kemenkumham Jatim menghadirkan para Pink Soldier atau Tentara Pink ala serial populer Korea Selatan "Squid Game".

Dilansir dari laman resmi Kominfo Provinsi Jatim, tes SKD bernuansa ala "Squid Game" memang sudah terasa sejak para peserta Sesi II hari ke-12 memasuki venue di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Peserta yang menunggu di halaman depan diarahkan untuk menghadap ke arah Graha Widya. Sesaat kemudian, terdengar bunyi sirine yang diikuti dengan munculnya lima tentara pink dari dalam Graha Widya.

Pink soldier atau tentara pink merupakan karakter yang terdapat serial besutan sutradara Hwang Dong-Hyuk.

Suasana tes juga disertai dengan backsound atau suara latar yang mencekam, mirip dengan serial thriller yang tayang di Netflix tersebut.

Para tentara yang berkostum warna pink dengan penutup kepala hitam dan dilengkapi dengan senjata itu bertugas mengawal para peserta selama seleksi berlangsung.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Krismono mengatakan bahwa pihaknya memang ingin menciptakan suasana yang berbeda dalam seleksi CPNS.

Agar tidak monoton, pihaknya menentukan tema berbeda setiap harinya. Di hari ke-12 ini, panitia tampil kekinian dengan tema "Squid Game".

"Kami ingin membuat peserta lebih rileks dan bahagia," ujar Krismono, dikutip dari situs resmi Kominfo.

"Squid Game" adalah salah satu serial asal Korea Selatan yang populer belum lama ini. Dilansir dari Antara, serial "Squid Game" telah disaksikan oleh 142 juta penonton, hal ini diungkap oleh Netflix saat merilis laporan keuangan untuk kuartal ketiganya.

Serial yang dirilis pada 17 September itu, berkisah tentang 456 peserta yang putus asa dan saling bersaing satu sama lain untuk dapat bertahan hidup dari permainam misterius dan mematikan demi memenangkan 45,6 miliar won.

Setiap babak merupakan permainan tradisional anak-anak Korea seperti "Lampu Merah, Lampu Hijau", tetapi konsekuensi dari kekalahannya adalah kematian.

Netflix mencatat bahwa serial tersebut menduduki peringkat pertama di 94 negara termasuk Amerika Serikat dan mengatakan bahwa "Squid Game" telah menembus budaya karena ditampilkan dalam sandiwara di acara Saturday Night Live dan meme TikTok yang mengumpulkan lebih dari 42 miliar tampilan.

Surat pernyataan Netflix juga menyebutkan bahwa permintaan konsumen akan merchandise "Squid Game" sangat tinggi termasuk untuk kostum Halloween dan produk dari serial tersebut kini sedang dalam perjalanan ke ritel sekarang.


Baca juga artikel terkait CPNS 2021 atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Penyelia: Iswara N Raditya
DarkLight