Menuju konten utama

Telkom Akan Fokus Garap Bisnis Digital

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk menyatakan siap mendukung arahan Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan ekonomi digital dengan semakin memfokuskan diri menggarap lini bisnis digital mereka.

Telkom Akan Fokus Garap Bisnis Digital
Fasilitas layanan di costumer service di Plasa Telkom, Jakarta. Indihome merupakan layanan triple play dari telkom yang terdiri dari internet on fiber atau high speed internet, phone (telepon rumah), dan tv kabel. Tirto/Andrey Gromico.

tirto.id - Seiring dengan target Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan ekonomi digital, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk akan memfokus diri pula untuk bertransformasi menggarap bisnis digital. Hal tersebut akan ditempuh melalui jalinan kerja sama dengan mitra lokal dan internasional untuk menuntaskan transformasi perusahaan.

"Transformasi Telkom Group mendukung arahan Presiden RI Joko Widodo yang mencanangkan ekonomi digital Indonesia menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Transformasi ini mewujudkan visi Telkom sebagai The King of Digital in The Region," kata CEO Telkom, Alex J. Sinaga, di Jakarta, Rabu (12/10/2016).

Di sela-sela Telkom Group Digi Summit 2016, Alex mengatakan, dalam proses transformasi Telkom Group menuju bisnis yang lebih besar berskala global tersebut, tidak dapat dipungkiri, mitra kerja sama menjadi suatu kebutuhan mutlak.

"Telkom mempunyai big asset sedangkan mitra mempunyai inovasi. Mari berkolaborasi. Together we are faster, stronger and bigger," ujar Alex.

Telkom Group Digi Summit dihadiri pimpinan Telkom dan anak perusahaan Telkom yang terkait dengan bisnis digital, yakni Telkomsel, Finnet, Metranet, Metra Digital Investama (MDI), Melon, Metra Plasa serta sejumlah mitra.

Mitra yang digandeng pada Telkom Group Digi Summit kali ini antara lain, Labolla, i811, Solusi 247, Infosys, Data Science Indonesia, Kofera, Wipro, ArcGIS, Acxim, Walden lobal Service, Shazam, Radiumone, Geniee, Adskom dan Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo).

Para mitra mendukung bisnis digital Telkom yang difokuskan pada tujuh pilar industri, yakni musik, video, gaming, travel and tourism, e-commerce, digital advertising dan financial technology.

Bisnis tersebut akan didukung oleh kapabilitas "meditation" yang dimiliki Telkom Group, seperti Big Data Analytic dan payment.

Beberapa layanan sudah diaplikasikan anak usahanya, seperti Melon dan Telkomsel Langit musik, Metranet untuk bisnis digital advertising (U-Ad) serta Direct Carrier Billing (U-Point) dan Metra Plasa dengan e-commerce melalui Blanja.com.

Untuk memastikan inovasi dan bisnis digital berhasil, Telkom membentuk unit Media and Digital Business yang fokus membangun layanan dan kapabilitas bisnis digital.

Unit ini telah menggandeng 15 mitra yang mendukung Telkom menjalankan bisnis di industri digital, setelah sebelumnya Telkom juga telah bekerjasama dengan Iflix, Catchplay dan Viu sebagai mitra untuk konten video.

Baca juga artikel terkait TELKOMSEL

tirto.id - Bisnis
Sumber: Antara
Penulis: Ign. L. Adhi Bhaskara
Editor: Ign. L. Adhi Bhaskara