Tanpa Anies, Presiden Jokowi Sidak Waduk Pluit Jakarta

Oleh: Gilang Ramadhan - 3 Januari 2020
Jokowi memastikan operasi pompa air berfungsi dengan baik.
tirto.id - Presiden Joko Widodo menggelar inspeksi mendadak ke fasilitas pompa air di Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (03/01/2020) pagi. Jokowi memastikan operasi pompa air berfungsi dengan baik.

"Tadi Pak Presiden meninjau ke lapangan meninjau rumah pompa air," kata Deputi Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, kepada Antara di Jakarta.

Kunjungan itu dilakukan selama sekitar 30 menit. "Presiden juga melihat alat berat yang disiapkan dan ketemu pegawai di sana juga, setelahnya langsung kembali ke istana," imbuh Bey.

Kegiatan peninjauan itu dilakukan Jokowi secara "diam-diam". Dia meninjau waduk itu sekitar pukul 09:00 WIB. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga tak ikut dalam sidak tersebut.

Sebelumnya pada Rabu (1/1/2020), Jokowi memerintahkan tiga hal yang harus dikerjakan untuk mengatasi banjir yang melanda sejumlah wilayah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) di awal 2020.

Pertama yakni mengenai keselamatan warga, kedua normalisasi fasilitas-fasilitas umum karena banjir sudah masuk di Jakarta termasuk di Bandara Halim, Tol Cikampek, dan beberapa objek vital, lalu hal ketiga yakni kerja sama Pemerintah Pusat dan pemerintah daerah mengatasi banjir.

Penataan dan normalisasi Waduk Pluit dilakukan pada 2014 saat Jokowi menjabat Gubernur DKI Jakarta dan wakilnya diduduki Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok. Pelbagai pihak menganggap normalisasi Waduk Pluit sebagai salah satu terobosan Jokowi-Ahok dalam mencegah banjir.


Baca juga artikel terkait BANJIR JAKARTA 2020 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight