Tanggapan Anies Baswedan Soal Tanggul Jati Padang yang Jebol

Oleh: Fadiyah Alaidrus - 1 April 2019
Menurut Anies, saat ini ada dua tanggul yang sedang dibangun di Bogor, Jawa Barat.
tirto.id - Tanggul di RW 06 Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan jebol dan mengakibatkan banjir. Namun, saat ini banjir tersebut sudah surut pada Senin (1/4/2019) pagi.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan, salah satu solusi agar kejadian tersebut tidak berulang adalah dengan membangun dua tanggul di Bogor, Jawa Barat.

“Mudah-mudahan dengan tuntasnya tanggul yang sekarang dibangun di Bogor, ada dua, Insyaallah ketika itu selesai akhir tahun ini, maka volume air yang turun ke Jakarta akan turun 30 persen,” kata Anies saat ditemui di Kota, Tua, Jakarta Barat, pada Senin (1/4/2019).

Dengan turunnya volume air yang masuk ke Jakarta hingga 30 persen, kata Anies, maka proses retensi akan bisa lebih baik. “Karena selama di sana tidak tertangani, maka volume sebesar apa pun, akan selalu mengalami limpahan yang besar,” ujar Anies.

“Justru yang paling penting tanggul sana selesai,” tambahnya.

Menurut Anies, tanggul tersebut ditargetkan selesai pada Desember tahun ini. “Begitu terselesaikan, Insyaallah kita akan punya volume air yang jauh lebih rendah,” pungkas Anies.

Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali mengatakan, salah satu penyebabnya adalah adanya penambahan sumber air yang bermuara ke aliran Kali Pulo. Hal tersebut menyebabkan volume air bertambah banyak.

"Kalau dulu di jalur yang masih natural, saat itu cuma beberapa dari sumber air tertentu saja. Kalau sekarang sudah tambahan-tambahan yang lain," kata Marullah.


Baca juga artikel terkait BANJIR JATI PADANG atau tulisan menarik lainnya Fadiyah Alaidrus
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Fadiyah Alaidrus
Penulis: Fadiyah Alaidrus
Editor: Alexander Haryanto