Sri Mulyani Menkeu Lagi, Pengusaha yakin Stabilitas Ekonomi Terjaga

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 22 Oktober 2019
Dunia usaha memberikan respon positif atas kembalinya Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan.
tirto.id - Terpilihnya kembali Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan mendapat respon positif dari dunia usaha.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Shinta Kamdani mengatakan kelanjutan peran Sri Mulyani untuk periode 2019-2024 mendatang akan sngat signifikan menjaga stabilitas ekonomi sehingga mampu menjaga kepercayaan pasar.

“Kinerja Sri Mulyani periode lalu dianggap realistis, rasional dan responstif terhadp dinamika global. Pelaku pasar bisa lebih optimistis terhadap stabilitas ekonomi makro di 5 tahun mendatang karena track record-nya bagus,” ucap Shinta dalam keterangan tertulis yang diterima reporter Tirto Selasa (22/10/2019).

Shinta mengatakan selama periode 1 Presiden Joko Widodo, kinerja Sri Mulyani bukan tanpa cela. Ia menyebutkan kebijakan fiskal mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini masih relatif banyak masalah karena belum maksimal mendukung produktivitas dan efisiensi yang dibutuhkan pelaku usaha.

Kendati demikian, Shinta menganggap langkah-langkah yang diambil sudah cukup baik dilihat dari hasil makro ekonomi yang stabil sampai hari ini. Beberapa langkah Sri Mulyani menurutnya mampu menghindarkan Indonesia dari dampak krisis yang mulai terasa sejak 2018 lalu.

Bila kebijakan makro ekonomi tidak rasional dan responsif terhadap gejolak, Indonesia bisa mudah tergelincir dalam krisis terutama ketika flukutasi nilai tukar.

“Pelaku usaha sangat membutuhkan orang-orang yang kompeten di kabinet baru untuk menjamin apapun yang terjadi di level global, perekonomian tetap stabil,” ucap Shinta.

Direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Danang Girindrawardana menilai keputusan Jokowi memilih Sri Mulyani disambut baik oleh dunia usaha. Selama Sri Mulyani menjabat kemarin, Danang bilang pengusaha relatif tidak terlalu banyak mengeluh.

Menurutnya insentif perpajakan yang diberikan Sri Mulyani sudah cukup baik dalam beberapa tahun terakhir.

Hanya saja, ia berharap Sri Mulyani bisa memberi perhatian pada suku bunga bank yang masih relatif tinggi sekaligus menjembatani UKM yang saat ini masih terkendala mengakses pendanaan.

“Bagus dong. Kalau dia terpilih lagi. Saat ini relatif gak ada keluhan karena dia sangat progresif sebagai menteri,” ucap Danang saat dihubungi reporter Tirto Selasa (22/10/2019).

Baca juga artikel terkait MENKEU SRI MULYANI atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Hendra Friana
DarkLight