Software Atau Perangkat Lunak untuk Mendesain Poster

Kontributor: Ilham Choirul Anwar - 25 Agu 2021 16:11 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Ada 5 software yang memudahkan mendesain poster. Apa saja perangkat lunak tersebut? Berikut panjelasannya.
tirto.id - Software atau perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mendesain poster adalah alat yang memudahkan pekerjaan desain grafis yang bisa ditemukan pada website atau aplikasi.

Salah satu cara menyampaikan pesan visual adalah dengan pembuatan poster. Poster menjadi wujud dari desain grafis. Desain grafis adalah bentuk komunikasi visual melalui bentuk gambar.

Mengutip buku TIK Kelas X Semester I (Kemristek 2008), tujuan dari desain grafis adalah menyampaikan informasi secara jelas dan efektif. Termasuk dalam poster, komponen atau materinya tidak terbatas pada gambar, tetapi meliputi pula teks artistik, paduan warna, foto, hingga efek. Saat semuanya terangkai maka membentuk sebuah gambar dengan pesan yang jelas.

Saat ini membuat poster sudah jauh lebih mudah dengan pesatnya kemajuan perangkat lunak. Poster bisa dibuat hanya dengan menyusun gambar, teks artistik, dan tool lainnya, yang semuanya tersedia secara online di website, maupun offline dengan menginstal pada komputer atau ponsel pintar. Hanya tinggal menyusun kreativitas saja demi mendapatkan poster bagus yang penuh makna.


Adapun software atau perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mendesain poster adalah sebagai berikut

1. Canva

Canva adalah sebuah platform yang dipakai untuk membuat berbagai jenis desain grafis, termasuk poster. Di sana tersedia ribuan grafis, gambar, dan huruf dengan berbagai variasinya. Cara membuat poster juga tinggal menyusun gambar, huruf, atau grafis sesuai kreativitas masing-masing pengguna. Tersedia pula banyak template poster yang bisa langsung dipakai.

Canva dapat dikerjakan secara daring melalui laman Canva.com. Sebelum mendesain, lakukan registrasi dulu dengan menggunakan email, akun Facebook, atau akun Google.

2. Crello

Crello adalah aplikasi untuk membuat poster dalam bentuk video. Di sana terdapat lebih dari 10 ribu elemen desain dan 12 ribu template. Semua template dapat diubah sesuai kebutuhan desain poster pengguna.

Crello juga menyediakan aneka objek animasi dan latar belakang dalam format video. Menariknya, software ini tidak ada tanda air (watermark) dan bisa diakses lewat ponsel pintar. Aplikasi versi Androidnya dapat diunduh melalui Play Store lewat tautan ini.

3. GIMP

GIMP adalah software yang dipakai dalam pengolahan foto, gambar, animasi, dan sebagainya. Untuk membuat poster, GIMP mempunyai beragam fitur pengeditan gambar. Hasilnya, sebuah gambar biasa bisa menjadi tampak seperti karya seni yang dapat memikat orang lain saat membaca poster tersebut.

4. Pixlr

Pixlr adalah software yang menjalankan fungsi pengeditan gambar berbasis web. Di dalam Pixlr sudah disediakan berbagai template multigambar dan lebih dari juta filter, efek, dan overlay. Pixlr dapat diakses melalui situs Pixlr.com.

5. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop telah lama dikenal sebagai software multiguna yang dipakai untuk desain grafis. Desain poster, ikon, banner, hingga ilustrasi bisa dikerjakan lewat software ini. Bahkan, jika ingin membuat poster bergaya 3D dapat pula dikerjakan dengan Photoshop.


Baca juga artikel terkait SOFTWARE atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Ibnu Azis

DarkLight