Menuju konten utama

Soal UM Al Quran Hadits Kelas 9 Madrasah Tsanawiyah & Jawabannya

Contoh soal UM Al Quran Hadist untuk kelas 9 Madrasah Tsanawiyah dan jawaban.

Soal UM Al Quran Hadits Kelas 9 Madrasah Tsanawiyah & Jawabannya
Ilustrasi UM. foto/Istockphoto

tirto.id - Contoh soal UM (Ujian Madrasah) mata pelajaran Al Quran Hadist untuk kelas 9 Madrasah Tsanawiyah dapat digunakan sebagai materi belajar persiapan UM.

Contoh soal yang disertai kunci jawaban tersebut juga mempermudah evaluasi guru terhadap siswa.

Ujian Madrasah atau UM, adalah ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan madrasah, berupa kegiatan pengukuran capaian kompetensi siswa dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan.

Dikutip dari laman Kemenag Kalbar, Ujian Madrasah meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas akhir satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal.

UM diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang pendidikan pada madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan.

Adapun Soal UM MTs terdiri dari beberapa mata pelajaran umum dan agama yaitu Bahasa Inggris, Prakarya, IPA, IPS, Seni Budaya, Bahasa Indonesia, IPS, PJOK, MTK, PKN, Bahasa Arab, Al-Quran Hadist, SKI, Aqidah Akhlaq, dan Fikih.

Contoh Soal UM Mata Pelajaran Al Quran Hadist Kelas 9 MTs

Berikut ini adalah contoh soal UM mata pelajaran Al Quran Hadist Kelas 9 MTS yang meliputi bacaan mad dalam Al-Quran serta kandungan ayat dalam Al-Quran.

1. Secara garis besar hukum bacaan MAD dapat dibagi menjadi....

A. 2 bagian

B. 3 bagian

C. 4 bagian

D. 5 bagian

2. Cermati huruf-huruf Hijaiyah dibawah ini.

ا - و - ي .3 ي - و- م - ن .1

ب - ج - د .4 ك - هى - ي - ع .2

Huruf-huruf Hijaiyah diatas yang termasuk pada huruf Mad Thobi’I adalah ....

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

3. Menurut bahasa MAD berarti panjang sedangkan Lazim artinya ....

A. Pasti

B. Pendek

C. Jelas

D. Dengung

4. Mad Thabi’i yang bertemu dengan huruf yang sukun dalam satu kata hukum bacaannya adalah ....

A. Mad lazim muhaffaf harfi

B. Mad lazim mutsaqqal harfi

C. Mad lazim mukhaffaf kalimi

D. Mad lazim mutsaqqal kalimi

5. Huruf hijaiyah yang terletak dipermulaan surat berjumlah ....

A. 12 huruf

B. 13 huruf

C. 14 huruf

D. 15 huruf

6. Mad thabi’I yang bertemu dengan huruf yang bertasydid dalam satu kata, dan cara membacanya wajib dipanjangkan ....

A. 2 alif

B. 3 alif

C. 2 harakat

D. 4 harakat

7. Cara membaca lafal س ط panjang huruf س (sin) adalah ....

A. 2 harakat

B. 4 harakat

C. 2 alif

D. 3 alif

8. Lafal ketika membacanya, huruf lam di idghamkan kepada huruf mim, dan dipanjangkan secara sempurna sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, karena pada bacaan tersebut terdapat hukum bacaan .....

A. Mad lazim muhaffaf kalimi

B. Mad lazim mutsaqqal kalimi

C. Mad lazim mukhaffaf harfi

D. Mad lazim mutsaqqal harfi

9. Kebiasaan bangsa arab menggunakan waktu ashar untuk hal-hal yang tidak baik, mereka berkumpul bercerita tentang asal usul nenek moyang mereka, harta dan urusan sehari-hari, karena banyaknya percakapan akhirnya terjadi perselisihan, lalu sebagian mereka ada yang mengutuk waktu ashar “waktu ashar adalah waktu yang berbahaya atau waktu naas banyak bahaya yang terjadi” hal tersebut menjadi sebab turunnya surat ....

A. Al – A’la

B. Al – Alaq

C. Al – Ashr

D. Al – Qariah

10. Isi dari kandungan Al-Qur’an surat Al-Alaq ayat satu di atas adalah ....

A. Perintah untuk belajar

B. Perintah untuk taat pada Allah

C. Perintah untuk mengabdi hanya pada Allah

D. Perintah untuk bersiap-siap menghadap Allah

11. Ayat-ayat qauliyah adalah tanda-tanda kebesaran Allah berupa ....

A. Alam semesta

B. Lingkungan alam

C. Al-Qur’an

D. Hadits

12. Tanda-tanda kebesaran Allah yang berupa keadaan alam semesta disebut ....

A. Ayat-ayat Al-Quran

B. Al-Quran dan Hadits

C. Ayat-ayat Qauliyah

D. Ayat-ayat kauniyah

13. Memperhatikan serta mempelajari alam sekitar, sehingga meyakini bahwa semua ini adalah ciptaan Allah SWT. Hal ini termasuk salah satu penerapan dari ....

A. Surat Al-Alaq ayat Satu

B. Surat Al-Alaq ayat dua

C. Surat Al-Alaq ayat tiga

D. Surat Al-Alaq ayat empat

14. Selain belajar ilmu agama kita juga dianjurkan untuk belajar ilmu-ilmu umum, hal ini adalah salah satu penerapan dari Al-Qur’an surat ....

A. Surat Al- Fatehah

B. Surat Al-Alaq

C. Surat Al- Zalzalah

D. Surat Al- Qariah

15. Zahrah adalah peserta didik Madrasah Tsanawiyah yang tergolong disiplin dan berakhlaq mulia, setiap tugas yang diberikan diselesaikannya dengan tepat waktu karena menunda pekerjaan menurutnya adalah membuat dirinya susah, Perilaku zahrah tersebut adalah merupakan dari kandungan Al-Qur’an surat ....

A. Al-Qariah

B. Al-Zalzalah

C. Al-Alaq

D. Al-Ashr

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL atau tulisan lainnya dari Risa Fajar Kusuma

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Risa Fajar Kusuma
Penulis: Risa Fajar Kusuma
Editor: Yulaika Ramadhani