Sinopsis Olympus Has Fallen: Aksi Penyelamatan AS dari Bom Nuklir

Oleh: Yulaika Ramadhani - 12 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis Olympus Has Fallen yang tayang Trans TV Rabu (12/2/2020) pukul 21.00 WIB.
tirto.id - Olympus Has Fallen (2013), film pertama dari trilogi Fallen series dijadwalkan tayang di stasiun televisi Trans Tv pada Rabu (12/2/2020) pukul 21.00 WIB.

Olympus Has Fallen tayang perdana dalam layar bioskop pada 22 Maret 2013. Film ini diproduksi Film District dan berdurasi 119 menit ini. Selama penayangannya di bioskop seluruh dunia, Box Office Mojo mencatat pendapatan film ini lebih dari 170 juta dolar AS.

Rotten Tomatoes memberi skor 49 persen dan penonton memberi skor 66 persen untuk film ini, sedangkan IMDb memberi rating 6,5 dari 10.

Film besutan sutradara Antoine Fuqua serta penulis Creighton Rothenberger dan Katrin Benedikt ini akan akan berfokus pada kisah Mike Banning (Gerard Butler), seorang mantan anggota Secret Service yang merasa bersalah atas kematian Margaret Asher (Ashley Judd), istri Presiden Amerika Serikat Benjamin Asher (Aaron Eckhart) karena kecelakaan tunggal dalam cuaca badai salju.

Meski sang presiden sendiri tidak menyalahkannya, Banning keluar dari satuan pengawal presiden. Merasa gagal dalam peran pengawal presiden tersebut, Banning memilih pekerjaan yang tak perlu berkutat dengan masalah-masalah serius.

Selang 18 bulan kemudian setelah kepergian Banning dari satuan pengawal presiden, Olympus, atau kode untuk gedung kediaman presiden, Gedung Putih kedatangan Perdana Menteri dari Korea Selatan. Namun ternyata, kunjungan ini sudah diketahui sebelumnya oleh kelompok teroris Korea Utara.
White House diserang oleh berbagai artileri baik darat dan udara. Tak hanya itu, setelah menangkap kedua pemimpin negara, teroris pimpinan Kang Yeonsak (Rick Yune) mengeksekusi PM Korea Selatan, Lee Tae-Woo dalam sebuah tayangan langsung.

Dalam suasana genting tanpa kepemimpinan tersebut, juru bicara pemerintahan, yaitu Allan Trumbull (Morgan Freeman) terpaksa mengambil alih tonggak kepemimpinan. Dia bernegosiasi dengan berbagai pemerintahan dari berbagai negara, dan berunding dengan pemimpin kelompok teroris pimpinan Kang Yeonsak tersebut supaya Presiden Asher bisa keluar dari sergapan kelompok tersebut dalam keadaan hidup.

Melihat presiden yang dihormatinya dalam keadaan bahaya, membuat Banning tergerak untuk menyelematkannya. Dengan berbekal kemampuan dan pengetahuan mengenai denah Gedung Putih, Banning sendirian mencoba menyelamatkan Presiden Asher dari cengkeraman teroris, serta menyelamatkan Amerika dari kehancuran dahsyat akibat bom nuklir yang akan diledakkan kelompok teroris tersebut.


Baca juga artikel terkait FILM HOLLYWOOD atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Film)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Agung DH
DarkLight