Daftar Film Bong Joon Ho Selain Parasite: Okja, Snowpiercer, Mother

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 11 Februari 2020
Dibaca Normal 2 menit
Sutradara Parasite, Bong Joon Ho telah membuat sejumlah film seperti Okja, Snowpiercer, Mother, dan lain-lain.
tirto.id - Film buatan Bong Joon Ho, Parasite meraih penghargaan Film Terbaik Oscar 2020. Film komedi thriller ini juga menyabet 3 penghargaan bergengsi lain, yaitu Sutradara Terbaik, Skenario Asli Terbaik, dan Film Internasional Terbaik.

Malam itu, Bong Joon Ho dikenal jutaan orang, dan yang hampir pasti akan menghasilkan gelombang baru penonton teater menyaksikan film thriller-nya yang terkenal. Bagi penggemar Bong, penghargaan Oscar adalah pencapaian puncaknya.

Penghargaan untuk Parasite juga membawa perhatian ke dunia perfilman Korea Selatan. Sutradara Korea Selatan selain Bong, seperti Park Chan Wook (Oldboy, The Handmaiden), Kim Jee-woon (The Good, the Bad, and the Weird), Lee Chang-dong (Burning, Poetry), dan Hong Sang-soo (Right Now, Wrong Then), semuanya telah membuat beberapa film terbaik dalam beberapa dekade terakhir.

Sederet film buatan Bong yang harus ditonton selain Parasite dipaparkan dalam ulasan di bawah ini, seperti ditulis Jacob Shamsian di Insider.

1. Mother (2009)

Di sebuah kota kecil di Korea Selatan, seorang pemuda dengan disabilitas intelektual dituduh melakukan pembunuhan. Ibunya, seorang wanita tua yang menjalankan praktik akupunktur tanpa izin, mencoba untuk membersihkan nama anaknya.

Bong menampilkan karakter seorang anak dengan disabilitas intelektual, kemarahan pada masyarakat yang tidak menganggap serius kebutuhan anak itu, dan seorang ibu yang peduli yang cintanya menjadi jantung kisah dalam Mother.

2. Snowpiercer (2013)

Film ini dibintangi oleh Chris Evans, Song Kang-ho. Snowpiercer mengambil latar waktu di masa depan yang hancur oleh perubahan iklim. Semua kehidupan bertahan hidup dengan satu kereta yang mengelilingi dunia. Orang miskin ada di belakang, memakan sisa makanan dan berjuang untuk hidup. Di depan adalah orang kaya, yang berpesta di hari-hari terakhir kehancuran planet.

3. Parasite (2019)

Parasite memadukan semua ide Bong tentang ketidaksetaraan kelas, yang telah menggerakkan film-film lain sepanjang kariernya. Film ini mengisahkan tentang keluarga miskin yang menyusup ke kehidupan keluarga kaya dan memiliki ending tak terduga.

Kisah film ini melambungkan nama Bong ke dunia internasional. Film ini memenangkan Palme d'Or di Festival Film Cannes dan Film Terbaik Oscar 2020.

4. Memories of Murder (2003)

Film kedua Bong ini diangkat dari kisah nyata, tentang sepasang detektif yang tidak cocok yang mencoba memecahkan kasus pembunuhan berantai pertama Korea, pada 1980-an.

Film ini memiliki komedi aneh. Namun, lebih dari itu, kisah dalam film ini menggali jauh ke dalam kesedihan keluarga yang terbunuh dan keputusasaan para petugas yang tidak mampu menyelamatkan para korban.

Film ini juga pertama kalinya Bong bekerja sama dengan Song Kang-ho, yang kemudian membintangi The Host, Snowpiercer, dan Parasite.

Kasus itu masih belum terpecahkan ketika Bong membuat film itu, tetapi pihak berwenang Korea Selatan mengatakan mereka menemukan pembunuhnya saat ia berkampanye untuk Parasite pada bulan September.

5. The Host (2006)

The Host pada masa itu adalah film Korea Selatan dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa. Kisah film ini berpusat pada keluarga disfungsional yang mencoba menyelamatkan diri dari monster ganas yang tinggal di Sungai Han.

Film ini juga merupakan kritik politik terhadap orang Amerika yang menyerang negara lain tanpa memperhatikan penduduk setempat, dan birokrasi yang tidak kompeten yang membuat setiap masalah menjadi lebih buruk. Pada intinya, film ini adalah kisah yang mengharukan, lucu, dan menggetarkan tentang menemukan keluarga di tempat-tempat yang paling tak terduga.

6. Okja (2017)

Okja adalah satu-satunya film Bong yang cocok untuk anak-anak, dan salah satu dari dua film dengan banyak dialog bahasa Inggris. Mengisahkan tentang seorang gadis yang berteman dengan hewan yang dimodifikasi secara genetik bernama Okja, dan mencoba menyelamatkannya ketika perusahaan multinasional yang mengembangkannya menginginkannya kembali.

Film ini juga terkenal karena menjadi kolaborasi pertama Bong dengan Choi Woo-shik, yang membintangi film blockbuster Korea Selatan Train to Busan dan kemudian berperan dalam Parasite.

7. Barking Dogs Never Bite (2000)

Film debut Bong ini mengisahkan tentang seorang profesor yang sangat terganggu oleh suara anjing menggonggong di gedung apartemennya sehingga ia menculik mereka. Akan tetapi, itu menjadi keuntungan bagi pekerjaannya di masa depan.


Baca juga artikel terkait FILM PARASITE atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Film)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight