Sinopsis Novel Perahu Kertas yang Ditulis Dee atau Dewi Lestari

Kontributor: Olivia Rianjani - 19 Jan 2022 17:01 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut adalah sinopsis novel Perahu Kertas yang ditulis Dee atau Dewi Lestari.
tirto.id - Perahu Kertas merupakan novel keenam karya Dewi Lestari (Dee). Novel ini bergenre romansa remaja, sekaligus novel pertamanya dengan genre populer. Dee dikenal masyarakat luas sebagai novelis saat novel pertamanya Supernova terbit pada tahun 2001.

Perahu Kertas tidak hanya mengisahkan kisah cinta, namun juga semangat meraih mimpi. Artinya karya ini menyajikan dinamika kehidupan remaja perempuan dan laki-laki yang mengurungkan cita-citanya demi realita.

Novel ini pernah diangkat ke dalam layar lebar dengan judul sama. Film ini diperankan oleh Maudy Ayunda sebagai Kugy dan Adipati Dolken sebagai Keenan. Sedangkan sutradaranya adalah Hanung Bramantyo.


Sinopsis Novel Perahu Kertas

Kugy dan sahabatnya sejak kecil, Noni, bisa bersama lagi setelah sekian tahun terpisah. Mereka kuliah di Bandung. Pacar Noni, Eko, juga reuni lagi dengan sepupunya, Keenan. Keempatnya langsung menjadi akrab. Kugy meresmikan kelompok pertemanan dengan nama Pura-Pura Ninja.

Namun, mulai terjadi friksi di antara mereka. Semua berawal dari Noni yang berniat menjodohkan Keenan dengan sepupunya, Wanda. Menurutnya, Keenan yang hobi melukis dirasa cocok dengan Wanda, seorang kurator muda dan pemilik galeri terkenal, Warsita, di Jakarta.

Padahal, di tengah persahabatan yang mereka jalin, diam-diam Kugy dan Keenan saling jatuh cinta. Kugy yang senang menulis dongeng merasa menemukan partner yang pas dalam diri Keenan, meski sebenarnya Kugy punya kekasih, Joshua alias Ojos, yang dipacarinya sejak SMA.

Lengah dengan kedekatan Keenan dan Wanda, Kugy akan menjadi guru sukarelawan di sekolah darurat bernama Sakolah Alit.

Di Sekolah Alit, Kugy menemukan dunia baru. Murid-murid didikannya, yang dipimpin seorang anak bernama Pilik, memberinya inspirasi menulis dongeng petualangan berjudul Jenderal Pilik dan Pasukan Alit.

Sementara itu, Wanda berusaha memenangkan hati Keenan, dengan terpaksa melakukan tipu daya yang malah membuat Keenan terpuruk dan hilang kepercayaan diri untuk melukis. Belum lagi Keenan sudah berontak kepada ayahnya yang tidak pernah setuju hobi melukisnya.

Kugy ikut kecewa dengan sikap Keenan. Ketika keduanya bertengkar, tak sengaja dongeng tentang Pilik yang ditulis Kugy tertinggal dan Keenan menyimpannya.

Putus asa, Keenan memutuskan kabur ke Ubud, Bali. Ia menumpang di rumah Pak Wayan, sahabat lama ibunya. Berkat dorongan beliau, keponakan Pak Wayan bernama Luhde, dan terinspirasi dongeng yang ditulis Kugy, Keenan menemukan cintanya kembali kepada melukis. Kemudian, mulai terjalin hubungan cinta antara Keenan dan Luhde.

Lulus kuliah Kugy langsung bekerja di sebuah biro iklan di Jakarta sebagai copywriter. Di sana, ia bertemu dengan Remigius, atasannya sekaligus sahabat abangnya. Remi melihat sesuatu yang lain.

Ia menyukai Kugy bukan hanya karena ide-idenya, namun juga semangat dan kualitas unik yang senantiasa terpancar dari Kugy. Akhirnya Remi harus mengakui bahwa ia mulai jatuh hati. Ketulusan Remi meluluhkan hati Kugy.

Sedangkan Keenan, karena kondisi kesehatan ayahnya yang memburuk, terpaksa kembali ke Jakarta, menjalankan perusahaan keluarganya. Pertemuan antara Kugy dan Keenan tidak terelakkan. Bahkan empat sekawan ini bertemu lagi. Semuanya dengan kondisi yang berbeda. Dan kembali hati mereka diuji.


Identitas Novel Perahu Kertas

  • Judul Buku: Perahu Kertas
  • Pengarang: Dewi "Dee" Lestari
  • Penerbit: Bentang Pustaka
  • Tahun Terbit: Agustus 2009
  • Tebal Halaman: 444 hal; 20 cm
  • ISBN : 978-979-1227-78-0


Baca juga artikel terkait HIBURAN atau tulisan menarik lainnya Olivia Rianjani


Kontributor: Olivia Rianjani
Penulis: Olivia Rianjani
Editor: Alexander Haryanto

DarkLight