Sinopsis Perahu Kertas. Film Maudy Ayunda yang Tayang di TVRI

Oleh: Sirojul Khafid - 6 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis film Perahu Kertas yang tayang di TVRI 6 Mei 2020. Perahu Kertas diperankan Adipati Dolken dan Maudy Ayunda.
tirto.id - Perahu Kertas, film yang dibintangi Maudy Ayunda tentang kisah cinta pelukis dan pendongeng, akan tayang di stasiun televisi TVRI hari ini, Rabu (6/5/2020) pukul 21.30 WIB.

Jam tayang film ini bisa berubah sewaktu-waktu, sesuai kebijakan stasiun televisi. Perahu Kertas dibagi menjadi dua bagian. Film yang tayang malam ini di TVRI merupakan bagian pertama.

Perahu Kertas bercerita tentang karakter utama Keenan dan Kugy. Keenan menjalani pendidikan Sekolah Menengah Atas di Amsterdam. Dia memiliki bakat melukis.

Tidak ada hal lain yang Keenan inginkan selain menjadi pelukis. Sebuah perjanjian dengan ayahnya membuat Keenan kembali ke Indonesia dan kuliah di sebuah Fakultas Ekonomi, di salah satu kampus Bandung.

Di kampus, Keenan bertemu dengan Kugy, perempuan yang unik. Kugy sejak kecil suka dengan dunia dongeng. Dia juga punya taman bacaan dan senang menulis dongeng.

Layaknya Keenan, Kugy juga tidak punya cita-cita lain selain menjadi pendongeng ulung. Kugy meneruskan studinya di Fakultas Sastra.

Pertemuan antara Keenan dan Kugy melalui perantara pasanang Eko dan Noni. Eko merupakan sepupu Keenan, sementara Noni merupakan sahabat Kugy sejak kecil. Mereka berempat bersahabat karib.

Selama masa persahabatan itu, Kugy dan Keenan saling mengagumi bahkan menjurus pada perasaan cinta. Sayangnya tidak ada kesempatan untuk saling mengungkapkan perasaan tersebut.

Kala itu Kugy sudah punya kekasih bernama Joshua, sementara Keenan dijodohkan oleh Noni dan Eko dengan seorang kurator muda bernama Wanda.

Kesibukan masing-masing mulai membuat renggang hubungan empat sahabat ini. Kugy menjadi guru relawan di sekolah darurat bernama Sakola Alit. Di tempat tersebut, Kugy bertemu dengan Pilik, muridnya yang paling nakal.

Kugy bersahabat dengan murid nakalnya dengan membuat cerita. Mereka membuat cerita dengan menuliskan dongeng tentang kisah petualangan mereka sendiri. Kisah itu berjudul Jenderal Pilik dan Pasukan Alit. Selanjutnya, dongeng ini diberikan kepada Keenan.

Sementara itu, hubungan antara Keenan dengan Wanda pun kandas. Impian Keenan hancur. Dia menyepi ke Ubud dan tinggal di rumah pak Wayan, sahabat ibunya. Saat bersama pak Wayan dan Luhde Laksmi, keponakan Pak Wayan, Keenan mulai sembuh dari luka hati. Kini Keenan mulai bisa melukis lagi.

Berbekalkan kisah-kisah Jenderal Pilik dan Pasukan Alit yang diberikan Kugy padanya, Keenan menciptakan lukisan yang menjadi terkenal dan diburu para kolektor. Mungkin kini Keenan dan Kugy terhubung dengan lukisan dan cerita. Namun apakah hubungan cinta mereka juga akan terhubung?

Selaian Maudy, para pemain lain di antaranya Fauzan Smith, Sylvia Fully R, Adipati Dolken, Reza Rahadian, Dion Wiyoko, Elyzia Mulachela, dan Kimberly Ryder. Perahu Kertas berada dalam arahan sutradara Hanung Bramantyo dan penulis naskah Dewi Lestari. Film ini pertama kali rilis pada 16 August 2012.

Selain Perahu Kertas, beberapa film terakhir Hanung di antaranya Tersanjung the Movie (2020), Bumi Manusia (2019), Habibie & Ainun 3 (2019), Benyamin Biang Kerok (2018), Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta (2018), Surga Yang Tak Dirindukan 2 (2017), Kartini (2017), dan Seteru (2017).


Baca juga artikel terkait FILM INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yantina Debora
DarkLight