Sinopsis Film Guruku Sahabatku yang Tayang Malam Ini di TVRI

Oleh: Sirojul Khafid - 5 Mei 2020
TVRI akan menghadirkan film Guruku Sahabatku sebagai bagian dari Belajar dari Rumah.
tirto.id - Guruku Sahabatku, film tentang hubungan antara guru dan murid, akan tayang di stasiun televisi TVRI hari ini, Selasa (5/5/2020) pukul 21.30 WIB. Jam tayang film ini bisa berubah sewaktu-waktu, sesuai kebijakan stasiun televisi.

Film ini bercerita tentang interaksi antara guru dan murid-muridnya. Dillan, seorang guru Sekolah Menengah Atas (SMA). Dia pindah tugas dari SMA di Jakarta menuju SMA di daerah Purwakarta.

Sejak hari pertama mengajar, Dillan mendapat beberapa arahan dari kepala sekolah. Salah satu isinya terkait beberapa murid yang perlu diperlakukan istimewa. Alasannya, orang tua murid-murid tersebut sering menyumbang uang di sekolah tersebut.

Namun Dillan bukan orang yang suka menggadaikan prinsipnya. Bagi Dillan, semua murid perlu mendapat perlakuan yang adil dan sama, tidak melihat seberapa besar orang tuanya menyumbang.

Ternyata prinsip tersebut juga dimiliki oleh guru lain bernama Rara. Mereka kini bahu-membahu menjalankan pendidikan yang sesungguhnya, pendidikan yang mencerdaskan bangsa.

Masalah tidak hanya dari kepala sekolah. Saat mulai mengajar dan mulai mengenal anak didiknya, Dillan menemukan beberapa murid yang dianggap bermasalah. Mereka yaitu Aryo, Widya, dan Raymond.

Bukannya memerahi atau menghukum, Dillan dan Rara justru membuat kelas tambahan untuk mereka. Sistem pelajaran juga bukan dominasi guru, namun lebih seperti diskusi. Seakan posisi guru dan murid sama.

Semakin mereka sering berinteraksi, keakraban semakin tercipta. Namun apakah dengan sistem seperti itu nilai dan semangat para murid akan meningkat? Apakah mereka akan lulus ujian dengan memuasakan?

Guruku Sahabatku merupakan film garapan sutradara Bambang Sudjati. Film ini juga bisa ditonton melalui live streaming TV di http://tvri.go.id/live.





Baca juga artikel terkait FILM INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yantina Debora
DarkLight