Sinopsis Good Doctor Versi Hollywood & Korea yang Tayang di Netflix

Oleh: Marhamah Ika Putri - 31 Agustus 2021
Dibaca Normal 2 menit
Terdapat beberapa adegan serta karakter yang ada di The Good Doctor versi Korea Selatan diubah oleh The Good Doctor versi Hollywood.
tirto.id - The Good Doctor merupakan drama televisi tentang kesehatan yang dirilis pada tahun 2013 pertama kali di Korea Selatan. The Good Doctor disutradarai oleh Ki Min Soo dan Kim Jin Woo dengan penulisnya adalah Park Jae Bum.

Pada 2015, actor Daniel Dae Kim membeli hak produksi dari The Good Doctor versi Korea yang akan diadaptasi menjadi The Good Doctor versi Hollywood, yang dikembangkan oleh David Shore. The Good Doctor versi Hollywood resmi dirilis pada tahun 2017.

Sinopsis The Good Doctor versi Hollywood



Alur cerita The Good Doctor versi Hollywood memiliki alur cerita yang tidak berbeda jauh dari versi asli The Good Doctor produksi Korea Selatan. Meski begitu terdapat beberapa adegan serta karakter yang ada di The Good Doctor versi Korea Selatan diubah oleh The Good Doctor versi Hollywood.

Dari laman ABC Entertainment, The Good Doctor versi Hollywood diperankan oleh Freddie Highmore yang berperan sebagai Shaun Murphy, seorang dokter bedah pengidap autisme dan savant syndrom.

Mengambil latar belakang tempat di San Jose, California, Shaun Murphy menjadi dokter bedah anak di salah satu rumah sakit bergengsi. Kapasitas mental Shaun Murphy yang terhenti pada umur anak 10 tahun menyebabkan orang-orang skeptis akan kemampuannya.

Dengan kemampuan dan bakatnya, Shaun Murphy menyelamatkan banyak nyawa menggunakan kemampuan medisnya yang luar biasa sebagai pembuktian terhadap rekan-rekannya yang ragu akan dirinya.

Shaun Murphy pada tahun keempatnya sebagai residen juga akan mendapatkan tantangan saat ia ditugaskan untuk mengawasi sekelompok residen baru yang malah akan menguji kemampuannya.

Selain Freddie Highmore, serial drama ini juga dibintangi oleh Antonia Thomas sebagai Claire Browne, Hill Harper sebagai Marcus Andrews, Richard Schiff sebagai Aaron Glassman, Christina Chang sebagai Audrey Lim, Fiona Gubelmann sebagai Morgan Reznick , Will Yun Lee sebagai Alex Park dan Paige Spara sebagai Lea Dilallo.

Dilansir melalui laman IMDb, The Good Doctor versi Hollywood mendapatkan rating 8.1/10 angka, ada lebih dari 680 ulasan yang merekomendasikan The Good Doctor untuk segera ditonton.

The Good Doctor versi Hollywood memenangkan 4 nominasi dari Humanitas Prize (2018), Il Festival Nazionale del Doppiaggio Voci nell'Ombra (2018), Media Access Awards (2019), ReFrame (2021).

Sinopsis The Good Doctor Versi Korea



Dari laman Asian Wiki, The Good Doctor versi Korea mengisahkan tentang Shi On (Joo Won) seorang sarjana pengidap autisme dan kemampuan perkembangan disabilitas yang menyebabkan ia memiliki kapasitas mental seperti anak berusia 10 tahun. Shi On diangkat menjadi seorang ahli bedah anak yang brilian karena kemampuannya yang cerdas.

Ketika Shi On kecil, karena kekurangannya, banyak anak-anak seusianya menjauh dari dirinya yang menjadikan Shi On sebagai individu tanpa banyak suara. Kehidupan kanak-kanak Shi On yang selalu sendiri menjadi semakin kelam karena ayahnya merupakan seorang yang suka main tangan. Meskipun demikian, Shi On memiliki seorang kakak laki-laki yang selalu menjaga Shi On.

Suatu hari, kakak laki-laki Shi On membuat kesepakatan dengan anak-anak sebaya Shi On agar Shi On bisa bermain bersama mereka. Kakak laki-laki Shi On bersepakat untuk memasuki sebuah tambang, namun ketika ia di dalam tambang, tambang itu secara tidak sengaja runtuh. Shi On menjadi satu-satunya anak yang dapat keluar dari tambang hidup-hidup.

Dokter Choi Woo Seok diperankan oleh Cheon Ho Jin menyadari kemampuan khusus Shi On, hingga saat itu, Shi On sering berkunjung ke tempat Dokter Choi Woo Seok untuk membaca buku tentang kedokteran.

Serial drama The Good Doctor diperankan oleh Joo Won sebagai Park Shi On, Moon Chae Won sebagai Cha Yoon Seo, Joo Sang Wook sebagai Kim Do Han, Kim Min Seo sebagai Yoo Chae Kyung, Cheon Ho Jin sebagai Choi Woo Seok, Jo Hee Bong sebagai Ko Choong Man, dan Jeong Man Sik sebagai Kim Jae Joon.

Dari situs IMDb, serial drama The Good Doctor memenangkan lima penghargaan dari enam nominasi yang diberikan, yaitu dari APAN Star Awards (2013), Baek Sang Art Awards (2014), KBS Drama Awards (2013), Korean Drama Awards (2013), dan Seoul International Drama Awards (2013).

Cara Menonton The Good Doctor di Netflix



Netflix menyediakan The Good Doctor versi korea dan The Good Doctor versi Hollywood yang dapat ditonton melalui layanan streaming Netflix.

The Good Doctor versi Hollywood dapat ditonton dengan cara memasuki laman Netflix. Apabila Anda sudah berlangganan dengan akun Netflix, Anda dapat langsung melakukan proses Sign In.

Namun, apabila belum berlangganan, penonton dapat melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum dapat menyakisikan serial drama The Good Doctor versi Hollywood.

Tidak jauh berbeda dengan The Good Doctor versi Hollywood, The Good Doctor versi Korea Selatan dapat diakses melalui laman Netflix.


Baca juga artikel terkait HIBURAN atau tulisan menarik lainnya Marhamah Ika Putri
(tirto.id - )

Kontributor: Marhamah Ika Putri
Penulis: Marhamah Ika Putri
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight