Sinopsis Film 12 Strong Tayang di Bioskop Trans TV 25 Juli 2021

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 25 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Pasukan Amerika Serikat dikirim ke Afghanistan untuk mengalahkan Taliban dengan melibatkan pasukan aliansi setempat.
tirto.id - Film 12 Strong akan ditayangkan malam ini, Minggu, 25 Juli 2021, dalam program acara Bioskop Trans TV. Film yang menceritakan pertarungan pasukan Amerika Serikat melawan Taliban di Afghanistan ini, djadwalkan mengudara pada pukul 20.00 WIB.

Secara garis besar, 12 Strong berkisah tentang pengiriman 595 tentara AS menuju Afghanistan setelah serangan Gedung WTC pada 11 September 2001. Pasukan AS harus bekerja sama dengan aliansi pasukan lokal dalam melakukan penyerangan pada Taliban. Mereka berjuang meski mendapati banyak kendala dalam peperangan.

Film 12 Strong merupakan adaptasi dari buku karya Doug Stanton. Cerita kemudian disadur menjadi skenario oleh Ted Tally dan Peter Craig. Alur cerita lantas divisualisasi oleh sutradara Nicolai Fuglsig.

Adegan dalam film ini mendapat sentuhan dari aktor Chris Hemsworth, Michael Shannon, Michael Peña, Navid Negahban, Trevante Rhodes, Geoff Stults, Thad Luckinbill, William Fichtner, dan Rob Riggle. Penayangan perdananya dilakukan pada 19 Januari 2018 dengan durasi tayang 2 jam 10 menit.

Situs IMDb mencatatkan rating untuk film 12 Strong pada skor 6,6 dari 10 berdasarkan 71.670 penilaian. Sementara itu, film tersebut telah mengemas pendapatan lebih dari 67 juta dolar AS.


Sinopsis 12 Strong

Film 12 Strong berkisah tentang kapten Angkatan Darat AS bernama Mitch Nelson. Dia memiliki istri dan anak perempuannya yang kini menempati rumah baru mereka.

Mitch bukanlah tentara biasa. Dia sebelumnya menjadi bagian dari pasukan Detasemen Operasi Baret Hijau Alpha (ODA) 595. Dan Mitch memperoleh penugasan baru sebagai staf yang berada di bawah komando Kolonel Bowers.

Kala itu, Amerika Serikat sedang dilanda ketegangan akibat serangan 11 September 2001 usai runtuhnya Gedung Menara Kembar WTC. AS selanjutnya berencana melakukan invasi menyerang Afghanistan yang dituduh memiliki andil pada serangan itu. Mitch lalu dengan sukarela memimpin pasukan sejumlah 595 orang ke negara tersebut.

Hanya saja, atasannya Bowers menolak keinginan Mitch tersebut. Namun Bowers coba dibujuk oleh Hal Spencer agar memberikan izin bagi Mitch memimpin komando 595, dan akhirnya Bowers menyetujuinya. Spencer merupakan veteran dari tentara CW5.

Pasukan 595 lalu melakukan perjalanan ke Uzbeistan pada 7 Oktober 2001. Di sana, pasukan mendapat pengarahan dan evaluasi oleh Kolonel Mulholland yang menjadi komandan kelompok pasukan khusus ke 5. Dalam pengarahan itu ditetapkan bahwa Mitch dengan pasukan 595 berkolaborasi dengan pemimpin Aliansi Utara, Abdul Rashid Dostum, saat penyerangan.

Dostum sebelumnya pernah berperang untuk merebut kota Afghanistan Utara. Dia saat itu melawan pasukan Taliban yang dipimpin Mullah Razzan. Mullah Razan selama ini dikenal memerintah komunitas lokal dengan brutal dengan mengatasnamakan hukum syariat.

Keluarga Dostum pun menjadi salah satu korban pembunuhan pasukan Taliban. Selain itu, pasukan Taliban juga tidak segan membunuh warga sipil.

Kolaborasi antara Mitch dan Dostum berusaha untuk menghancurkan kekuatan pasukan Taliban. Meski demikian, ternyata Dostum dan Micth memiliki rasa skeptis dan muncul rasa tidak percaya. Seiring berjalannya waktu, Dostum mulai menunjukkan rasa hormatnya dan lebih cair saat melakukan aksi bersama. Akankah kolaborasi dua pasukan tersebut mampu menghancurkan musuh?


Baca juga artikel terkait 12 STRONG atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Film)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight