Sandiaga Uno:

Singapore Airlines Layani Penerbangan Reguler ke Bali Mulai 4 Mei

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 27 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Sandi sebut Singapore Airlines kembali buka layanan penerbangan reguler ke Bali per 4 Mei 2021. Namun Permenkumham soal WNA tetap tak berubah.
tirto.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan maskapai Singapore Airlines telah membuka penerbangan regulernya ke Bali. Sandiaga mengatakan pembukaan kembali layanan penerbangan itu akan dimulai per 4 Mei 2021.

“Singapore Airline sudah memberitahu akan mulai melayani penerbangan ke Bali mulai 4 Mei 2021,” ucap Sandiaga dalam "Weekly Press Briefing”, Selasa (27/4/2021).

Sandiaga mengatakan keputusan maskapai Singapore Airlines itu bisa dimengerti. Pasalnya perusahaan itu tengah bersiap untuk melayani wisatawan asing yang akan datang ke Indonesia. Di sisi lain, pemerintah RI dan Singapura tengah membahas rencana pembukaan kembali kunjungan antarnegara dalam skema travel corridor.

Meski demikian, Sandiaga mengingatkan kebijakan pemerintah belum berubah. Permenkumham 26/2020 yang membatasi kedatangan WNA ke Indonesia masih berlaku.

Mereka yang datang dan masuk ke wilayah internasional RI masih terbatas pada mereka yang memiliki visa khusus, Izin Tinggal Terbatas (KITAS)/Izin Tinggal Tetap (KITAP) yang KITAS/KITAP, dan tugas kenegaraan. Ia berharap Singapore Airlines dapat memahami ini kecuali per Mei 2021 nanti, pembahasan travel corridor memang sudah rampung dan dapat berjalan.

“Saya lihat Singapore Airlines antisipasi karena akan banyak kunjungan dan persiapan travel corridor, maka mereka ambil kebijakan memulai penerbangan reguler 4 Mei 2021,” ucap Sandiaga.

Sandiaga pun meminta agar masyarakat dan pemerintah Provinsi Bali bersiap-siap menyambut kedatangan wisatawan asing bila akhirnya pemerintah pusat mengizinkannya. Ia bilang perlu ada peningkatan kualitas wisata di Bali sehingga wisawatan asing yang datang dapat meningkatkan belanjanya juga saat kembali berkunjung.



Baca juga artikel terkait SINGAPORE AIRLINES atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Abdul Aziz
DarkLight