Setelah GoTo, Startup Digital Ruangguru PHK Ratusan Karyawan

Reporter: Dwi Aditya Putra, tirto.id - 19 Nov 2022 09:49 WIB
Ruangguru mengklaim semua pekerja yang terkena PHK mendapatkan pesangon, uang penghargaan masa kerja, dan penggantian hak cuti.
tirto.id - Startup digital di bidang pendidikan, Ruangguru melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) ratusan pegawai. Hal ini dikonfirmasi Eksternal Comunications Associate Manager Ruangguru, Gwendolyn Besty.

"Keputusan sulit ini diambil karena situasi pasar global yang memburuk secara drastis," ujar Besty saat dikonfirmasi pada Sabtu (19/11/2022).

Besty mengklaim semua pekerja yang terkena PHK mendapatkan pesangon, uang penghargaan masa kerja, dan penggantian hak (jika masih ada sisa cuti) sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hal itu dibayarkan penuh tanpa potongan dan gaji bulan terakhir bekerja dibayarkan penuh pula.


"Kami pun juga memperpanjang asuransi bagi yang terdampak," ujarnya.

Menurut Besty, Ruangguru berkomitmen untuk membantu yang terdampak untuk mendapatkan pekerjaan. Ruangguru mengalokasikan tim rekruter memberikan dukungan konsultasi karir, psikologis, dan akses kelas pengembangan karir jika dibutuhkan.

Besty mengatakan optimistis dengan prospek, kesempatan, dan posisi unik yang dimiliki oleh Ruangguru untuk terus memberikan akses terhadap layanan pendidikan berkualitas bagi semua.

"Kami juga ingin menyampaikan bahwa hal ini tidak berdampak pada layanan kami dan kepada seluruh pelanggan Ruangguru," kata dia.



Baca juga artikel terkait RUANGGURU atau tulisan menarik lainnya Dwi Aditya Putra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight