Semifinal & Final Critical Thinking Championship Digelar 20 Agustus

Penulis: Yandri Daniel Damaledo, tirto.id - 19 Agu 2022 12:39 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Babak semifinal dan final Critical Thinking Championship akan digelar pada 20 Agustus 2022, di Gramedia Central Park, Jakarta.
tirto.id - Workshop terakhir dalam rangkaian acara Road to Final Critical Thinking Championship 2022 telah sukses digelar pada Minggu, 14 Agustus 2022, oleh Indonesia Intellectual Academy (IIA) bersama Indonesia Memory Sports Council (IMSC).

Bertajuk “When Critical Thinking Meets Creative: Connected with Journalism”, workshop ini disampaikan oleh Direktur Media Online Tirto.id, Heru Kurnadi, dan diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Workshop tersebut dilaksanakan secara hybrid baik secara offline di IngatanGajah Training Center Kota Kasablanka, Jakarta Selatan maupun online melalui platform Zoom Meeting.

Adapun workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis para peserta serta meningkatkan kemampuan analisis mereka dengan berpikir lebih kreatif.

Berlangsung selama kurang lebih 2 jam, workshop terbagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi pertama yang dibawakan oleh Heru Kurnadi selaku Direktur media online Tirto.id dan dilanjutkan dengan sesi kedua yang dibawakan oleh Yudi Lesmana sebagai Direktur IIA dan International Grandmaster of Memory.

Sesi materi pertama oleh Heru dibuka dengan kalimat “Every Great Story Always Has a Strong Baseline”.

Kegiatan berpikir kritis dimulai dengan analisis ke segala aspek. Analisis ini digunakan agar kita dapat memiliki banyak informasi yang berbeda yang tidak hanya berfokus pada satu topik.

Setelah analisis, baru dilanjutkan dengan explain, yang berarti menjelaskan informasi yang sudah didapat dari kegiatan analysis.

Dilanjut oleh Heru, bahwa ada sebuah teori yang bernama Mosaic Theory yaitu sebuah teknik pengambilan dari beberapa cerita atau informasi yang kemudian dijadikan satu informasi yang berupa kesimpulan.

Ditambahkan kembali bahwa dalam kegiatan menulis sebuah tulisan dalam hal ini esai, yang harus diperhatikan adalah penentuan judul serta sumber untuk mendapatkan isi tulisan.

Sumber yang digunakan ialah sumber yang dapat dipercaya dan menggunakan lebih dari satu sumber.

Setelah kegiatan pematerian yang luar biasa oleh Heru, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari peserta workshop yang sangat antusias.

Semifinal dan Final Critical Thinking Championship Digelar 20 Agustus 2022


Rangkaian kegiatan Critical Thinking Championship 2022 yang telah sukses terlaksana dari mulai workshop pra-kompetisi 1 pada 24 Juli oleh Yudi Lesmana, kemudian workshop pra-kompetisi 2 pada 31 Juli oleh Wahyu Raharjo.

Selanjutnya, babak penyisihan peserta digelar pada 6 Agustus, workshop pra-kompetisi 3 pada 7 Agustus oleh Prof. Rhenald Kasali, dan workshop terakhir pada 14 Agustus oleh Heru Kurnadi.

Berikutnya, puncak kegiatan Critical Thinking Championship 2022 yaitu Babak Semifinal dan Babak Final akan diselenggarakan pada Sabtu, 20 Agustus 2022 bertempat di Gramedia Central Park mulai pukul 09.00-12.00 untuk sesi Babak Semifinal dan dilanjut 13.00-15.00 WIB untuk sesi Babak Final.

Babak Semifinal ini diikuti oleh sebanyak 50 peserta yang tersebar dari 11 kota di Indonesia, seperti Jabodetabek, Cikarang, Bandung, Purwokerto, Yogyakarta, Surabaya, dan Balikpapan.

Untuk teknis pelaksanaan babak semifinal akan terbagi menjadi dua sesi, sesi pertama yaitu penjurian yang dilakukan secara daring melalui platform Zoom Meeting dan sesi kedua akan dilaksanakan secara luring yang bertempat di Gramedia Central Park, Jakarta Barat.

Puncak acara Babak Final Critical Thinking Championship 2022 akan dihadiri oleh dewan juri sebagai berikut:

1. Dr. Soepriyatna, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Sampoerna University

2. Rizal Alfian, S.Kom., M.A, Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemdikbud RI

3. Bey Sapta Utama, S.E., M.Si, Dewan Pembina IMSC

4. Wahyu Raharjo, Penulis dan GM Publishing Gramedia, Moderator pada Babak Final kali ini ialah Yudi Lesmana, S.T., M.H, Direktur IIA

Bagi pembaca yang tertarik untuk hadir dalam kegiatan Critical Thinking Championship pada Sabtu, 20 Agustus 2022 dapat menghubungi 0812-9104-2658 (WA Only) atau mengunjungi web https://www.criticalthinkingchamp.com/


Baca juga artikel terkait SEMIFINAL CRITICAL THINKING CHAMPIONSHIP atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Bisnis)

Sumber: Siaran Pers
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight