Sejarah & Tema Hari Kanker Sedunia yang Diperingati 4 Februari 2021

Oleh: Dhita Koesno - 27 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Hari Kanker Sedunia 2021: tema tahun ini dan sejarah peringatannya setiap tanggal 4 Februari.
tirto.id - Hari Kanker Sedunia dirayakan setiap tanggal 4 Februari untuk meningkatkan kesadaran terhadap kanker dan mendorong pencegahan, deteksi, dan pengobatan kanker.

Tahun ini, Hari Kanker Sedunia 2021 bertepatan dengan hari Kamis (4/1/2021).

Sejarah Hari Kanker Dunia


Hari Kanker Dunia yang diperingati setiap 4 Februari merupakan inisiatif pemersatu global yang dipimpin oleh Union for International Cancer Control (UICC).


Dibuat pada tahun 2000, Hari Kanker Dunia telah tumbuh menjadi gerakan positif bagi semua orang di mana pun untuk bersatu dalam satu suara menghadapi salah satu tantangan terbesar masyarakat dalam sejarah.

Tujuan utama Hari Kanker Sedunia adalah untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker secara signifikan.

Berbagai inisiatif yang dijalankan pada Hari Kanker Sedunia untuk menunjukkan dukungan kepada orang-orang yang menderita kanker.

Salah satu gerakannya seperti #NoHairSelfie pada tahun 2016, sebuah gerakan di mana partisipan mencukur rambut di kepala untuk menunjukkan simbol keberanian bagi pasien kanker yang sedang dalam proses pengobatan.

Setiap tahun, ratusan kegiatan dan acara berlangsung di seluruh dunia dengan mengumpulkan komunitas, organisasi, dan individu yang ada di sekolah, bisnis, rumah sakit, pasar, taman, aula komunitas, tempat ibadah di jalan-jalan dan online yang bertindak sebagai pengingat bahwa semua orang memiliki peran dalam mengurangi dampak global dari kanker.

Tema Hari Kanker Sedunia 2021


Tahun ini, tema Hari Kanker Sedunia masih sama dengan 2 tahun sebelumnya, yakni I Am And I Will yang diartikan sebagai komitmen dalam diri untuk melakukan sebuah tindakan.

Dengan mengambil sub tema "Together, all our actions matter", tahun 2021 diharapkan semua masyarakat bisa Bersama-sama melakukan sesuatu, karena semua tindakan kita penting.

Jadi, pada 4 Februari ini siapa pun Anda, tindakan besar dan kecil, akan bisa membuat perubahan positif yang langgeng. Karena, tidak ada yang tidak mungkin.

2021 menandakan tahun terakhir kampanye 'I Am And I Will' di mana menunjukkan bahwa tindakan kita berdampak pada semua orang di sekitar, seperti di lingkungan, komunitas, dan kota tempat tinggal.

Tahun ini juga sebagai pengingat akan kekuatan kerja sama dan aksi kolektif yang abadi. Ketika memilih untuk bersatu, maka akan bisa tercapai apa yang kita semua inginkan, yakni dunia yang lebih sehat dan lebih cerah tanpa kanker.


Baca juga artikel terkait HARI KANKER SEDUNIA atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight