Timnas Senior

Sejarah & Profil Simon McMenemy Pelatih Timnas Indonesia

Oleh: Iswara N Raditya - 20 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Simon McMenemy dipercaya PSSI menjadi pelatih Timnas Indonesia untuk menggantikan Bima Sakti yang gagal total di Piala AFF 2018.
tirto.id - PSSI pimpinan Edy Rahmayadi telah resmi menunjuk Simon McMenemy sebagai pelatih Timnas Indonesia untuk menggantikan Bima Sakti Tukiman yang gagal total di Piala AFF 2018 lalu. Profil pria kelahiran Skotlandia ini dinilai tepat untuk membesut tim Merah-Putih berkat sejarah prestasinya di level klub bersama Bhayangkara FC.

Selain Simon McMenemy, sebenarnya sempat muncul nama Stefano Cugurra Teco, pelatih asal Brasil yang baru saja mengantarkan Persija Jakarta meraih gelar juara Liga 1 2018. Namun, PSSI akhirnya melabuhkan pilihan kepada Simon McMenemy untuk menangani Evan Dimas dan kawan-kawan di skuad Timnas Indonesia.

Simon McMenemy berhasil membawa Bhayangkara FC juara Liga 1 2017, dan untuk musim 2018, Paulo Sergio dan kawan-kawan dibawanya finish di posisi ke-3. Berikut ini jejak rekam Simon McMenemy selengkapnya:

1977
Orang Britania
Bernama lengkap Simon Alexander McMenemy, pria Britania ini lahir di Aberdeen, Skotlandia, tanggal 6 Desember 1977. Simon pernah berkarier sebagai pesepakbola, namun hanya beredar di klub-klub kecil, juga klub universitas, sebelum memutuskan beralih menjadi pelatih.
____________________________

2010
Timnas Filipina
Sempat menjadi asisten manajer Worthing FC, klub kecil di Inggris yang berbasis di West Sussex, Simon McMenemy, mencoba peruntungan dengan mengajukan diri sebagai pelatih tim nasional Filipina pada 2010. Lima bulan menunggu, akhirnya federasi sepakbola Filipina memberi kepercayaan kepadanya.



Simon McMenemy langsung didapuk untuk mengawal The Azkals di Piala AFF 2010. Di ajang sepakbola paling bergengsi se-ASEAN ini, Filipina tampil mengejutkan hingga melaju ke semifinal. Sayangnya, langkah skuad asuhan Simon McMenemy terhenti setelah kalah dari Indonesia dengan skor 0-2.
____________________________

2011-2013
Mitra Kukar & PBR
Pada 2011, Simon McMenemy sempat membesut klub papan atas Vietnam, Long An FC. Namun, di tahun yang sama, ia kemudian memutuskan hijrah ke Indonesia, menerima tawaran dari Mitra Kukar yang baru saja mendepak Benny Dollo. Tahun 2013, Simon melatih Pelita Bandung Raya (PBR) sebelum akhirnya dipecat.

____________________________

2014-2016
Tinggalkan Indonesia
Simon McMenemy sempat menukangi klub Maladewa, New Radiant, pada 2014 namun hanya beberapa bulan saja. Selanjutnya, ia kembali ke Filipina dan bertugas sebagai pelatih Loyola Meralco Sparks atau yang kini memakai nama FC Meralco Manila.
____________________________

2017
Bhayangkara FC Juara
Jelang kompetisi musim 2017, Simon McMenemy balik ke Indonesia untuk membesut Bhayangkara FC. Di klub milik Polri yang sempat bergonta-ganti nama ini, Simon membuat kejutan. Berkekuatan mayoritas pemain muda di klub yang relatif baru dan nyaris tidak punya basis suporter fanatik, Bhayangkara FC tampil sebagai juara Liga 1 2017.


____________________________

2018
Pengganti Bima Sakti
PSSI memutuskan memakai Bima Sakti sebagai juru taktik Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 setelah gagal memperpanjang kerjasama dengan Luis Milla. Hasilnya, skuad Garuda tampil berantakan dan langsung tersingkir di babak penyisihan.


Tanggal 20 Desember 2018, PSSI secara resmi mengumumkan bahwa Simon McMenemy telah ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia senior yang baru. Sementara Bima Sakti ditugaskan membesut Timnas Indonesia U16. Prestasi dan pengalaman Simon McMenemy diharapkan mampu meningkatkan kualitas tim Merah-Putih.

Baca juga artikel terkait TIMNAS INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight