Satgas Tinombala Segera Sebar Foto 14 Anggota Kelompok Ali Kalora

Oleh: Adi Briantika - 21 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Kepolisian akan segera menyebar 14 foto anggota MIT pimpinan Ali Kalora yang kini masih buron.
tirto.id - Satgas Tinombala Polri akan menyebar foto 14 anggota Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora agar diketahui oleh masyarakat. Belasan anggota MIT tersebut kini masih buron dan sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

“Tanggal 29 Januari (2019) satgas akan menyebarkan foto mereka agar masyarakat yang melihat atau mengetahui kelompok itu bisa segera melapor ke satgas," ujar Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Senin (21/1/2019).

Dedi menjelaskan penyebaran foto 14 anggota kelompok Ali Kalora tersebut diharapkan juga bisa mendorong mereka menyerahkan diri secara sukarela ke kepolisian.

”Kami imbau yang bersangkutan menyerahkan diri, kembali ke keluarga,” kata Dedi.

Dia mengklaim Satgas Tinombala telah menemukan jalur pengiriman logistik ke kelompok Ali Kalora dan terus mengawasinya untuk mengantisipasi jika mereka kembali melancarkan aksinya.

Semula, kepolisian menduga MIT pimpinan Ali Kalora memiliki tujuh anggota. Belakangan, kepolisian mendapati ada tujuh orang baru bergabung dengan kelompok tersebut. Tujuh orang itu diduga berasal dari Banten, Jawa Barat dan Poso.

Dedi menambahkan anggota MIT pimpinan Ali Kalora diduga kerap bergerak secara berkelompok yang terdiri atas 4-5 orang per grup.

Satgas Tinombala memburu anggota kelompok ini setelah mereka melakukan sejumlah aksi teror. Aksi mereka terakhir terjadi pada Desember 2018 lalu. Kelompok ini diketahui memenggal kepala salah satu penambang emas tradisional beranama Ronal Batau alias Anang. Jenazah korban ditemukan di Desa Salubanga, Sausu, Parigi Moutong pada Minggu (30/12/2018).

MIT juga sempat menembaki anggota Satgas Tinombala ketika mereka berusaha mengevakuasi jenazah tersebut. Anggota Resmob Satgas 3 Tinombala Bripka Andrew Maha Putra dan anggota Sat Intelkam Polres Parigi Moutong Bripda Baso menjadi korban tembak dalam insiden itu.

Berikut daftar nama 14 anggota MIT Pimpinan Ali Kalora yang masih buron:

1. Ali Ahmad alias Ali Kalora
2. Basir alias Romzi
3. Abu Alim alias Ambo
4. Mohammad Faizal alias Namnung
5. Askar alias Jaid alias Pak Guru
6. Qatar alias Farel alias Anas
7. Nae alias Galih alias Mukhlas
8. Alhaji Kaliki alias Ibrohim
9. Rajif Gandi Sabran alias Rajes
10. Adtya alias Idad alias Kuasa
11. Alvin alias Adam alias Mus'ab alias Alvin Anshori
12. Alqindi Mutaqien alias Muaz
13. Jaka Ramadan alias Ikrima alias Rama
14. Andi Muhammad alias Abdullah alias Abdurrahman Al Makasari


Baca juga artikel terkait MUJAHIDIN INDONESIA TIMUR atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Addi M Idhom