Rawan Pencurian, Polisi Perketat Keamanan Malam Tahun Baru di TMII

Oleh: Riyan Setiawan - 31 Desember 2018
"Yang sering kita terima laporan di sini kehilangan. Namanya pencurian, ini istilahnya sering dilakukan anak-anak jahil lah," ujar Hendrik
tirto.id - Kepala Unit Kecil Lengkap (KUKL) Pos Pengamanan (Pospam), Hendrik Deskam memperketat keamanan karena rawannya pencurian pada saat malam Tahun Baru di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Makanya nanti diperketat, yang sering kita terima laporan di sini kehilangan. Namanya pencurian, ini istilahnya sering dilakukan anak-anak jahil lah," ujar Hendrik kepada Tirto di TMII, Senin (31/12/2018).

Apalagi sebelumnya, terdapat seorang Ibu tertangkap kamera CCTV tengah memasukan barang curian ke dalam tas besarnya. Namun, sayangnya pemilik terlambat memberitahu, sehingga pihak kepolisian sulit melacaknya.

"Akhirnya kita enggak dapat pelakunya. Itu sebelum Tahun Baru, termasuk juga Natalan," ucap Hendrik.

Selain itu, Hendrik juga mengkhawatirkan adanya keributan pada malam Tahun Baru. Mengingat banyaknya pengunjung yang datang ke TMII untuk berwisata menyambut malam pergantian tahun.

"Kita khawatir ada keributan, tapi istilahnya kalau keributan enggak ada, Natalan dan Tahun Baru ini. Tahun-tahun belakang juga enggak ada yang namanya keributan," tuturnya.

Namun demikian, Hendrik mengaku tidak pernah terjadi keributan di TMII selama ia dan rekan lainnya melakukan pengamanan malam Tahun Baru di sana.

"Ya harapan kita melakukan pengamanan dalam menghadapi Tahun Baru ini secara garis besarnya supaya kondusif, aman, tidak terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan," pukasnya.

Hendrik juga menjelaskan, akan ada 700 personel gabungan yang dikerahkan untuk mengamankan malam Tahun Baru di Taman Mini Indonesia Indah (TMIII), seperti TNI, Polri, Satpol PP, Pokdar, dan pihak keamanan lainnya.


Baca juga artikel terkait PERAYAAN TAHUN BARU atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight